Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Nuri Purnama (109016100060) Nuri Purnama (109016100060)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Nuri Purnama (109016100060) Nuri Purnama (109016100060)"— Transcript presentasi:

1

2 Oleh: Nuri Purnama ( ) Nuri Purnama ( )

3 Puji syukur Alhamdulillah atas kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan banyak nikmatnya, sehingga penulis mampu menyelesaikan tugas pembuatan power point ini sesuai dengan waktu yang penulis rencanakan. Power point ini disusun dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata kuliah media pembelajaran Power point ini menggunakan acuan dari beberapa bahan materi. Tujuan penulis membuat power point agar memudahkan kita dalam belajar mengenai perkembangan gametofit bunga. Sehingga diharapkan bisa memberi tambahan wawasan kepada kita semua. Sebagai manusia, penulis pastinya tidak pernah lepas dari kesalahan. Begitu pula dalam penyusunan power point ini, yang mempunyai banyak kekurangan dan ketidak sempurnaan. Oleh karena itu, penulis mohon maaf atas segala kekurangannya, dan besar harapan penulis atas kritik dan sarannya. Jakarta,Januari 2011 Penulis

4 Bagian-bagian bunga Kelopak bunga (sepal) Kelopak bunga (sepal) Kelopak bunga (sepal) Kelopak bunga (sepal) Mahkota Bunga (petal) Mahkota Bunga (petal) Mahkota Bunga (petal) Mahkota Bunga (petal) Benang Sari (stamen) Benang Sari (stamen) Benang Sari (stamen) Benang Sari (stamen) Putik (karpel) Putik (karpel) Putik (karpel) Putik (karpel)

5 Perbedaan Antar Bunga Bunga Lengkap (Complete Flower ) Bunga Tak Lengkap (Incomplete Flower) Bunga Sempurna ( Perfect Flower) Bunga Tak Sempurna (Inperfect Flower) Bunga Berumah Satu (monoecious) Bunga Berumah Dua (Dioecious)

6 Istilah Bunga Bunga Jantan disebut staminat Bunga Jantan disebut staminat Bunga Betina disebut karpelat Bunga Betina disebut karpelat

7 Aneka Bentuk Dan Ragam Bunga Bunga memiliki bentuk dan warna yang berbeda.

8 Penyerbukan terjadi ketika serbuk sari lepas dari kepala sari dan dibawa oleh angin atau hewan yang mendarat di kepala putik.

9 Gametofit jantan Gametofit jantan Gametofit betina Gametofit betina

10 Penampakannya lebih mirip daun, biasanya berwarna hijau. Merupakan hiasan lingkar luar. Dapat berlekatan satu sama lain, dapat pula berpisah-pisah. Berfungsi membungkus dan memlindungi kuncup bunga sebelum bunga mekar.

11 Berwarna lebih cerah dibanding kelopak bunga. Daun-daun kelopak dapat berlekatan atau tidak. Bagian hiasan bunga pada lingkaran dalam

12 Bagian reproduktif bunga Merupakan alat kelamin jantan Terdiri atas suatu tangkai yang disebut filamen Struktur terminal yang disebut kepala sari.

13 Bagian reproduktif bunga Merupakan alat kelamin betina Pada putik terdapat kepala putik lengket yang berfungsi sebagai landasan pendaratan bagi serbuk sari.

14 Bunga Lengkap Bunga yang memiliki semua keempat organ bunga.

15 Bunga tak lengkap Bunga yang tidak memiliki satu atau lebih dari keempat organ bunga. Bunga yang tidak memiliki satu atau lebih dari keempat organ bunga.

16 Bunga Sempurna Bunga yang dilengkapi dengan benang sari dan putik

17 Bunga Tak Sempurna Bunga yang tak memiliki benang sari atau putik. Bunga yang tak memiliki benang sari atau putik.

18 Bunga Berumah Satu Apabila bunga staminat dan bunga karpelat terdapat pada individu tumbuhan yang sama. Apabila bunga staminat dan bunga karpelat terdapat pada individu tumbuhan yang sama.

19 Bunga Berumah Dua Apabila bunga staminat atau bunga karpelat pada tumbuhan yang berlainan. Apabila bunga staminat atau bunga karpelat pada tumbuhan yang berlainan.

20 Mikrosporosit mengalami meiosis. Lalu membentuk empat mikrospora haploid. Kemudian membelah sekali lagi melalui mitosis dan menghasilkan dua sel, yaitu sel generative dan sel tabung. Kedua sel itu dan dindingnya membentuk sebuah butiran serbuk sari, atau gametofit jantan yang belum dewasa.

21 Perkembangan Gametofit Betina Di dalam spongarium bakal biji megasporosit, tumbuh dan kemudian mengalami meiosis, menghasilkan empat megaspora haploid. Kemudian megaspore ini terus tumbuh, dan nukleusnya membelah melalui mitosis sebanyak tiga kali, setelah itu membrane membagi massa iniinmenjadi struktur multiseluler yang disebut kantung embrio (gametofit betina) dan integument.


Download ppt "Oleh: Nuri Purnama (109016100060) Nuri Purnama (109016100060)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google