Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS IX SEMESTER I.  Kompetensi Dasar:  Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS IX SEMESTER I.  Kompetensi Dasar:  Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap."— Transcript presentasi:

1 PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS IX SEMESTER I

2

3  Kompetensi Dasar:  Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia.

4  Melacak sebab-sebab terjadinya Perang Dunia II. Melacak sebab-sebab Jepang melancarkan Perang Asia-Pasifik.  Mendeskripsikan peristiwa Perang Dunia II di Eropa.  Menjelaskan latar belakang keterlibatan Amerika Serikat dalam Perang Dunia II.  Menjelaskan jalannya Perang Asia-Pasifik (Perang Asia Timur Raya).  Menjelaskan strategi Jepang dalam memikat bangsa Indonesia agar bersedia membantu Jepang dalam Perang Asia-Pasifik.

5  Menjelaskan sikap bangsa Indonesia terhadap usaha-usaha Jepang untuk membentuk kekuasaan di Asia Timur.  Menjelaskan pengaruh Perang Dunia II terhadap proses kemerdekaan Indonesia.  Menjelaskan peranan Jepang dalam mempercepat proses kemerdekaan Indonesia.

6

7 1. Guru menyampaikan kepada siswa bahwa kegiatan pembelajaran hari ini berkirim salam dan soal 2. Guru membagi siswa dalam kelompok berempat atau siswa sendiri yang menentukan kelompoknya. 3. Guru memberi tugas kepada setiap kelompok untuk membaca bab Perang Dunia II kemudian menyusun beberapa soal 4. Masing masing kelompok mengirimkan 1 orang utusan kelompoknya untuk menyampaikan soal telah disusun dan salam kepada kelompok lain (kelp. 1 menyampaikan soal dan salam kepada kelp. 2 dan kelp. 2 menyampaikan soal dan salam kepada kelp. 3 dan seterusnya) 5. Setiap kelompok menyelesaikan/menjawab soal kiriman dari kelompok lain. 6. Masing masing kelompok mengirimkan 1 orang utusan kelompoknya untuk mencocokan jawaban ke kelompok yang membuat soal. 7. Utusan kembali ke kelompoknya untuk maju menjelaskan jawaban yang benar.

8 A.Pertentangan paham demokrasi dan fasisme  Paham demokrasi = Inggris, Perancis, Amerika Serikat ( sangat menjujung tinggi hak-hak asasi manusia  Paham fasisme = Jerman, Italia, jepang ( tidak mengakui hak-hak asasi manusia MENIBULKAN PERTENTANGAN MENIBULKAN PERTENTANGAN

9  Untuk memperkuat kedudukannya, Jerman sangat aktif mencari kawan atau sekutu. Sedangkan Perancis sangat khawatir terhadap kekuatan Jerman terus meningkat setelah Perang Dunia I. Perancis menganggap Jerman sebagai ancaman karena letak Perancis dan Jerman yang saling berhadapan. Bahkan, jika terjadi perang di daratan Eropa, Perancis adalah negara pertama dan utama yang harus berhadapan dengan Jerman. Untuk itu, Perancis menjalin hubungan kerjasama dengan Inggris. Perancis dan Inggris memiliki kesamaan, yaitu sebagai negara yang menjunjung

10  pada PD I Perancis dikalahkan Jerman sehingga Perancis banyak kehilangan wilayah sehingga Perancis berusaha membalas dendan( Revance )dengan Jerman, akhirnya dapat terlaksana jerman kalah pada PD I  Karena Jerman mengalami kelalahan pada PD I maka menjelang PD II Jerman merencanakan untuk membalas dendam kepada Perancis dengan politiknya yang diberi nama revance Ide

11  Usaha-usaha yang dilakukan beberapa negara besar untuk membatasi persenjataan (dalam Konperensi Washington) tidak berhasil. Bahkan, masing-masing negara berusaha memproduksi senjata secara besar-besaran. Masing-masing negara berusaha memproduksi persenjataan melebihi produksi negara lain. Pada umumnya, mereka memiliki alasan yanga sama, yaitu untuk mempertahankan diri dari serangan bangsa atau negara lain. Perlombaan persenjataan itu mendorong meletusnya perang karena masing-masing negara beranggapan bahwa dirinya lebih siap dari pada lawannya.

12  Negara-negara imperialis baru berusaha untuk memperluas wilayah kekuasaannya. Jerman ingin memperluas wilayahnya di Eropa Tengah, Italia ingin menguasai Laut Tengah, dan Jepang ingin membentuk Persemakmuran Asia Timur Raya. Langkah-langkah mereka menimbulkan persaingan dan permusuhan dengan negara-negara lain, seperti Inggris, Perancis, Spanyol, Portugal, Belanda, dan sebagainya

13  Liga Bangsa-Bangsa mengalami kegagalan dalam mewujudkan perda-maian dunia. Lembaga itu tidak memiliki kekuatan untuk memaksa negara-negara besar agar tunduk kepadanya. Di samping itu, tidak ada aturan yang mengikat sehingga negara-negara besar cenderung untuk menjalan- kan politik sesuai dengan keinginannya. Coba kalian bandingkan posisi antara LBB menjelang Perang Dunia II dan PBB pada saat ini. Bukankah PBB tidak dapat berbuat apa-apa karena dikendalikan oleh Amerika Serikat? Mengapa PBB seolah-olah membiarkan serangan-serangan yang dilakukan Israel terhadap penduduk sipil di Libanon?

14  serangan kilat (blitzkrieg) yang dilancarkan oleh Hitler atas Polandia pada 1 September Dalam waktu singkat sebagian besar Polandia dikuasai Jerman. Hitler membuat Sandiwara ini dinamakan dengan “Operasi Barang Kalengan”, di mana 13 tentara Jerman yang ditawan seolah-olah akan dibunuh. Operasi ini terdiri dari dua tahap. Pada tanggal 31 Agustus 1939, Jerman berusaha mem- bebaskan tentara Jerman yang ditawan di Polandia.

15  Semua narapidana diperintahkan mengenakan pakaian seragam tentara Polandia. Di antara para tawanan itu ada yang mengenakan seragam tentara Jerman. Orang tersebut disuntik dengan obat yang mematikan dan dibawa ke daerah perbatasan Jerman-Polandia. Di sana mereka ditembak mati dan mayatnya diletakkan sedemikian rupa sehingga seolah-olah mereka tewas sewaktu akan melarikan diri ke Jerman. Para wartawan asing dan para saksi didatangkan untuk melihat mayat-mayat itu sebagai buktinya.

16  drama terjadi di stasiun radio, di mana salah seorang tawanan diperintahkan seolah-olah sebagai orang Polandia yang berusaha membakar semangat orang Polandia; dan ia akhirnya dibunuh oleh tentara Jerman. Uni Soviet yang merasa keamanannya terancam, ikut menyerbu Polandia dari arah Timur. Seolah-olah, Uni Sovyet hendak membangun benteng untuk menghadapi Jerman. Pada tanggal 3 September 1939, Inggris dan Perancis menyatakan perang kepada Jerman. Sejak saat itu, peperangan semakin meluas dan melibatkan negara-negara Eropa lainnya. Meskipun demikian, peperangan hanya berlangsung di daratan Eropa. Oleh karena itu, peperangan tersebut lebih tepat disebut Perang Eropa dari pada Perang Dunia II

17  Perang Dunia II yang sesungguhnya, baru meletus setelah Jepang membombardir pangkalan Angkatan Laut Amerika di Pearl Harbour (Hawaii) pada tanggal 7 Desember Ketika itu, Jepang sedang berusaha menguasai daerah jajahan Inggris, Perancis, dan Belanda di Asia Tenggara. Jepang ingin membangun suatu imperium yang meliputi Asia Timur dan Asia Tenggara. Jepang ingin membangun Persekemakmuran Asia Timur Raya.

18  Sebutkan sebab-sebab perang dunia II  - ……………………………….

19  Pihak yang terlibat adalah negara poros dan sekutu  Negara poros Jerman, Italia,Jepang  Negara sekutu Inggris,Perancis AS  Belanda Denmark Noewegia

20  Eropa   di Kawasan Afrika   AsiaPasifik  di Eropa: Jerman menyerbu wilayah Eropa barat tetapi Jerman harus menghadapi Inggris,Peranci, Norwegia,  dimenangkan Jerman setelah semua diakalahkan  Th Jerman serbu Dermak Belgia, Belanda meskipun dibantu Inggris tetap Jerman menang bahkan Perancis Juga diporak porandakan Jerman Perancis pecah jadi 3 perancis Utara kelompok konservatif, Prancis Merdeka, daerah pendudukan Jerman tawarkan perjanjian dengan Inggris meletus lagi perang PD II Th. 1939


Download ppt "PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS IX SEMESTER I.  Kompetensi Dasar:  Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google