Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Free Powerpoint Templates Page 1 Free Powerpoint Templates BERPIKIR IDEALIS DAN BERTINDAK REALISTIS. Pdt. Alex Letlora GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Free Powerpoint Templates Page 1 Free Powerpoint Templates BERPIKIR IDEALIS DAN BERTINDAK REALISTIS. Pdt. Alex Letlora GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI."— Transcript presentasi:

1 Free Powerpoint Templates Page 1 Free Powerpoint Templates BERPIKIR IDEALIS DAN BERTINDAK REALISTIS. Pdt. Alex Letlora GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI

2 1 Petrus 2: :9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib: 2:10 kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan. 2:11 Saudara-saudaraku yang kekasih, aku menasihati kamu, supaya sebagai pendatang dan perantau, kamu menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa. 2:12 Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa- bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan- perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka.

3 Free Powerpoint Templates Page 2 Apakah arti idealis? Seseorang yang bercita-cita yang tinggi. (kbbi)

4 Kenapa harus idealis ? Ay 9: “Tetapi kamulah bangsa yang terpilih…. ‘bangsa yang terpilih’.Bahwa seseorang percaya kepada Kristus, membuktikan bahwa dia adalah orang pilihan. Kalau Israel terpilih menjadi berkat bagi bangsa-bangsa, demikianlah setiap orang percaya menjadi berkat di ruang publik.

5 Dipilih oleh Allah adalah karya yang idealis dari Allah. Tujuannya agar setiap orang percaya dapat menata dengan baik semua karya Allah dan berujung pada ibadah ( Titus 1 : 1 ) Apakah tanggapan kita ketika pergumulan mendera, persoalan menghadang ? Roma 8 : 33.

6 Kenapa idealis ? Karena keluarga dibentuk oleh Allah dalam rencana kekal yang ditetapkan-Nya. Karena suami atau istri adalah pasangan yang saling melengkapi dalam suka dan duka. Sebab kejahatan menjadi contoh dari kerendahan kualitas hidup ( 1 Pet. 2 : 1 )

7 ‘imamat yang rajani’. “this means that every Christian has the right of access to God” (= ini berarti bahwa setiap orang Kristen mempunyai hak masuk kepada Allah) Wah 3:21 - “Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama- sama dengan Aku di atas takhtaKu, sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan BapaKu di atas takhtaNya”. Wah 5:10 - “Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi.’

8 Jadi kenapa idealis ? Sebab setiap orang percaya mendapat tempat yang mulia dan terhormat bersama Yesus. Relasi yang kuat dalam kasih karunia Tuhan menjadi milik yang pasti. Karena bagi setiap kita yang percaya kita dipergunakan sebagai batu yang hidup ( 2: 5 ).

9 ‘bangsa yang kudus’. arti yang utama dari kata ‘kudus’ adalah ‘berbeda dengan / dari’. Hal ini memperlihatkan adanya kontras antara pengikut Yesus dan pengikut iblis. Calvin mengatakan bahwa Petrus seakan- akan mengatakan: semua gelar-gelar Israel sekarang menjadi milikmu, dan karena itu berhati-hatilah supaya jangan ketidak- percayaanmu merampok semua itu darimu.

10 Kenapa harus idealis ? menjadi pertanda bahwa pilihan Allah merupakan anugerah. Sebab berada dalam kegelapan merujuk kepada, sengsara, tertawan oleh dosa ( band. Mat 4:16 dan Luk. 1 : 79 ). Kalau tadi disebut ‘bangsa yang terpilih’ humeis de genos ekklekton, maka ekkleton menunjukkan adanya kasih karunia yang tinggi nilainya.

11 Free Powerpoint Templates Ayat 10. Menjadi umat-Nya dan dikasihi-Nya merupakan status baru. Pembaruan status dari yang kelam dan gelap ke terang. Ef. 2 : 19 – Dia yang memiliki, melengkapi, dan menetapkan langkah hidup setiap orang percaya.

12 Kenapa idealis ? Sebab tugas yang diberikan adalah tugas besar yakni : memberitakan kasih Allah supaya dunia tahu bahwa gereja diutus oleh-Nya berpartisipasi dalam karya pelayanan-Nya. Tugas besar ini hanya dapat dilakukan umat yang percaya dan mempercayakan diri pada Allah berdasarkan status baru yang disandangnya.

13 Idealis sebab : Tuhan sendiri yang memilih kita. Kita menjadi milik-Nya. Kita mengalami kasih-Nya. Ditengah pergumulan dan penderitaan hanya dengan cita-cita tinggi dalam Tuhan kita bisa menjadi pemenang. Pemenang adalah status baru yang dikenakan-Nya.

14 Sermon by BG

15 Realistis Bersifat nyata, bersifat wajar. – kbbi 2: 11 Saudara-saudaraku yang kekasih, aku menasihati kamu, supaya sebagai pendatang dan perantau, kamu menjauhkan diri dari keinginan- keinginan daging yang berjuang melawan jiwa. 2:12 Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka.

16 Kenapa realistis ? Umat Tuhan berada dalam dunia dan tidak menjadi sama dengan dunia. Dunia adalah tempat untuk mendemostrasikan keinginan- keinginan yang baik. Umat adalah umat yang hadir dikenyataan dan bukan imajinasi.

17 Ayat 11 : AS ALIENS: hos paroikous a person living in a foreign land, kita ada didunia tetapi ….bacalah Fil. 3 : 20. Karena itu kita tidak menjadi bagian dari perilaku dunia yang membinasakan ( 1 Yoh. 2 : 15,16,17 ). Karena itu kita berkarya didunia tetapi bukan warga dunia supaya nilai-nilai dunia tidak diberlakukan.

18 Sebab itu perhatikanlah :  Jangan bersahabat dengan dunia dan kejahatan didalamnya ( Yak. 4 : 4 ).  Mengenal Allah selalu berujung perbuatan yang suci ( Titus 1 : ).

19 Maka : Perilaku harus sesuai dengan panggilan sebagai WARGA KERAJAAN ALLAH yakni : menjaga kekudusan hidup, berupaya untuk setia kepada Allah. Dalam setiap pergumulan tidak kehilangan IDENTITAS SEBAGAI WARGA KERAJAAN ALLAH yang berpengharapan.

20 Ayat 12. Keep your behavior excellent among the Gentiles, kebiasaan yang baik, ini bukan perintah tetapi menjadi gaya hidup. Cara hidup harus excellent sebab dari perbuatan yang demikian maka hari kedatangan Yesus akan menjadi bukti dari kebaikan.

21 Hari Yesus melawat umat-Nya. Menjadi hari sukacita sebab kita tahu siapa yang melawat kita. Menjadi hari sukacita sebab kita tahu akibat dari penghakiman-Nya. Menjadi hari sukacita sebab kita tahu kemana arah masa depan kita.

22 Maka bertindak realistis adalah bertindak yang WAJAR : SEBAGAI UMAT YANG DIPILIH ALLAH. SEBAGAI UMAT YANG DIKASIHI ALLAH. SEBAGAI UMAT YANG DIARAHKAN KE MASA DEPAN.

23 MILIKILAH IDEALISME DIDALAM TUHAN YESUS DAN BERTINDAK REALISTIS SEBAGAI WARGA KERAJAAN ALLAH. AMIN.


Download ppt "Free Powerpoint Templates Page 1 Free Powerpoint Templates BERPIKIR IDEALIS DAN BERTINDAK REALISTIS. Pdt. Alex Letlora GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google