Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CARA MEMULAI USAHA :  Mendirikan usaha baru : ini harus mempersiapkan pendanaan, lokasi usaha, peralatan- peralaatan yang diperlukan dan perijinan. 

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CARA MEMULAI USAHA :  Mendirikan usaha baru : ini harus mempersiapkan pendanaan, lokasi usaha, peralatan- peralaatan yang diperlukan dan perijinan. "— Transcript presentasi:

1

2 CARA MEMULAI USAHA :  Mendirikan usaha baru : ini harus mempersiapkan pendanaan, lokasi usaha, peralatan- peralaatan yang diperlukan dan perijinan.  Membeli perusahaan : Disini melanjutkan perusahaan yang sudah ada atau perusahaan sudah ada sebelumnya.Ini dapt dilakukan perusahaan yang sudah bejalan atau tidak aktif (diperpanjang). Pembelian berupa asset perusahaan atau saham perusahaan.  Kerjasama manajemen dengan system waralaba (franchising) : model ini dikembangkan dengan memakai nama dan manajement perusahaan lain. Perusahaan induk (franchisor) akan melakukan kesepakatan dengan Perusahaan yang menggunakan (franchise), dukungan manajement yang diberikan franchisor, meliputi : 1. Pemilihan lokasi 2. Bentuk bangunan 3. Lay out gedung dan ruangan 4. Peralatan yang diperlukan 5. Pemilihan karyawan 6. Penentuan/penyediaan barang (produk) dan bahan baku 7. Iklan bersama

3  Pemilihan Lokasi : diusahakan memperhatikan letak strategis, keramaian, kepadatan penduduk  Bentuk Bangunan dan lay out Gedung dan ruang : disesuaikan dengan franchisor, seperti tata ruang, warna cat, ukuran ruang, penataan ruang  Peralatan : disesuakan dengan kebutuhan, jaringan/on line, komputerisasi, data base, dll  Pemillihan Karyawan : standart kemampuan dan siap bekerja dengan baik  Penentuan/penyediaan barang : disesuakan kebutuhan konsumen, pilih barang yang mudah dijual dan bertahan lama  Iklan Bersama : Biasanya franchisor akan melakukan promosi untuk kepentingan usahanya.

4 Lanjutan…  Mengembangkan usaha yang sudah ada : Bisanya dilakukan perusahaan keluarga. Disini dapat mengembangkan usaha berupa penambahan peralatan, penambahan kapasitas barang/bahan, penambahan tenaaga kerja, dll. Faktor-faktor Bidang Usaha :  Minat atau bakat : “… sesorang yang sudah mempunyai minat dan bakat dari keturunan akan lebih mudah dan lebih cepat beradaptasi dalam mengembangkan usahanya….”  Modal : “…. Modal bukan berarti uang, melainkan keahlian atau ketrampilan yang dipunyai seseorang…. “  Waktu : setiap usaha mempunyai masa/waktu. Maksudnya, dalam waktu tersebut dapat menghasilkan. Jangka pendek : usaha jasa, dagang, peternakan, dll. Untuk jangka menengah : usaha perkebunan, peternakan kambing/sapi, dll. Sedangkan jangka panjang : misalkan pertanian karet, kelapa sawit, dll.  Laba : yang perlu dipertimbangkan adalah jangka waktu memperoleh laba (marging laba).  Pengalaman : pedoman agar tidak melakukan kesalahan lagi dalam kegitan usahanya.

5

6 Lanjutan …

7  Tanda Daftar Perusahaan (TDP)  Nomer Pokok Wajib Pajak (NPWP)  Buku diri. Proses Pendirian Badan Usaha :  Rapat umum pemegang saham  Dibuatkan akte notaris  Didaftarkan ke Pengadilan Negeri ---- terus ke Disperindag, dll  Lembaran Negara (diberitakan).

8 Kantor Lurah/Desa Kantor Pengadilan Negeri Kantor Disperindag kabupaten Membawa KTP, KK, Surat tanah/lokasi, data penghasilan, dll. Kantor Akte Notaris

9 Buat makalah/proposal tentang “Potensi daerah alamat asal mahasiswa”, usaha : Pertanian/perkebunan, perdagangan, home industri, dll. Cop Depan warna merah : Nama Usaha, cop FT, Nama Mahasiswa, NIM, Jurusan, Fakultas, Universitas, tahun pembuatan. Tulisan “Arial ukuran 11, spasi doubel, kertas A4” Kata Pengantar Daftar Isi BAB. I Pendahuluan :  Latar Belakang  Maksud dan Tujuan  Alamat Usaha dan Pemilik Usaha

10 BAB. II Pelaksanaan Kegiatan  Perijinan (jika ada), pendirian dimulai?  Pendanaan  Jumlah Tenaga Kerja dan Struktur Perusahaan (jika ada)  Metode/cara produksi dan peralatan yang digunakan  Pemasaran  Perhitungan Hasil (Exxell program) : Proses dan keuntungan.

11 BAB. III Kesimpulan dan Saran 3.1 Kesimpulan 3.2 Saran Tugas dikumpulkan : tiga Minggu, sebelum UAS.

12 SEKIAN, And thanks


Download ppt "CARA MEMULAI USAHA :  Mendirikan usaha baru : ini harus mempersiapkan pendanaan, lokasi usaha, peralatan- peralaatan yang diperlukan dan perijinan. "

Presentasi serupa


Iklan oleh Google