Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 7 Hendi Pramana Putra Ulfa Sarita R Lia Pandini Fatatun Nafisah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 7 Hendi Pramana Putra Ulfa Sarita R Lia Pandini Fatatun Nafisah."— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK 7 Hendi Pramana Putra Ulfa Sarita R Lia Pandini Fatatun Nafisah

2 Sistem Informasi, Organisasi, Strategi BISNIS INDOMARET VS ALFAMART

3 SEJARAH INDOMARET Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 M2. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tahun Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan “Perusahaan Waralaba 2003″ dari Presiden Megawati Soekarnoputri. Hingga Mei 2010 Indomaret mencapai 4261 gerai. Dari total itu gerai adalah milik sendiri dan sisanya gerai waralaba milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogjakarta, Bali, Lampung dan Medan. Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488 gerai. Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”. Lebih dari jenis produk makanan dan non-makanan tersedia untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari. Pada awal tahun 2011, Indomaret mengubah logo baru, yaitu logo Indomaret di dalam kotak berwarna merah, biru dan kuning dari atasnya.

4 SEJARAH ALFAMART Alfamart pertamakali didirikan oleh Djoko Sutanto pada tanggal 22 Februari 1989, yang pada mulanya beroperasi di Jln. Beringin jaya, Karawaci, Tanggerang – Banten. Pada bulan Desember 1989, PT. Sampoerna, Tbk memiliki hak aset perusahaan sebesar 70% dan PT. Sigmantara Alfindo sebesar 30%. Dengan visi dan misi nya “Belanja puas, harga pas”, PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (nama perusahan yang sekarang) telah berjalan selama 20 tahun. Pada saat ini Alfamart telah memiliki 21 kantor cabang yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatera & Sulawesi dengan lebih dari 6000 toko. Alfamart merupakan salah satu perusahaan bisnis retail minimarket yang terkemuka di Indonesia. Dengan menyediakan berbagai kebutuhan rumahtangga sehari-hari dari mulai produk makanan, minuman, produk kecantikan, alat tulis, pulsa elektronik sampai ke alat sederhana rumah tangga (gayung, ember, keset kaki, sapu, dll). Harga yang dipatok pun sangat mudah dijangkau, sebagai target market utamanya adalah untuk konsumen kelas ekonomi rendah sampai ke kelas ekonomi menengah. Pelayanan yang ramah, produk yang berkualitas, harga yang murah, serta toko yang mudah dikunjungi karena memiliki cabang dibanyak tempat menjadi keunggulan Alfamart.

5 Pendekatan Porter’s Five Forces Sebenarmya Indomaret dan Alfamart sama-sama menggunakan Five Forces atau pendekatan Porter’s Five Forces Seperti : a. Indomaret : Rivalry among existing competitors (Persaingan antara competitor yang sudah ada) Threat of New Entrant (Ancaman pendatang baru ) Threat Subtitute Product and Service (Ancaman dari produk atau jasa pengganti) Bargaining Power of Supplier (Daya tawar menawar pemasok) Bargaining Power of Buyers (Daya tawar menawar pembeli) b. Alfamart : Rivalry (Persaingan) Barriers To Entry (Hambatan masuk) Buyer Power (Kekuatan Pembeli) Supplier Power (Kekuatan Pemasok) Threat of Subtitutes Product (Ancaman Dari Produk/Jasa Pengganti)

6 STRATEGI INDOMARET 1. Overal Cost Leadership (Kepemimpinan Biaya overal) 2. Diferensiasi (differentiation)

7 STRATEGI ALFAMART Alfamart berusaha menggunakan strategi competitive advantage dan differentiation advantage. Perusahaan Alfamart menggunakan Strategi Fokus (Focus Strategy)

8 BUDAYA ORGANISASI INDOMARET Dalam bekerja menjungjung tinggi nilai-nilai kejujuran, kebenaran, keadilan Kerja sama tim Kemajuan melalui inovasi yang ekonomis Kepuasan pelanggan

9 BUDAYA ORGANISASI ALFAMART Integritas yang tinggi Inovasi untuk kemajuan yang lebih baik. Kualitas & Produktivitas yang tertinggi. Kerjasama Team. Kepuasan pelanggan melalui standar pelayanan yang terbaik

10 STRUKTUR ORGANISASI INDOMARET DAN ALFAMART

11 1.Kepala toko Bertanggung jawab dalam mengorganisir dan pengelolaan toko 2.Wakil kepala toko Bertanggung jawab dalam membantu kepala toko 3.Merchandiser Bertanggung jawab dalam mengatur dan menempatkan item-item produk 4.Kasir Bertanggung jawab di lini depan dalam melayani transaksi pembelian 5.Pramuniaga Bertanggung jawab dalam menyambut dan menuntun konsumen toko dalam mendapatkan produk yang diinginkan

12 SISTEM INFORMASI INDOMARET * Sistem informasi terintegrasi pada setiap point of sales (POS) di semua garai yang mencangkup sistem penjualan,persediaan,dan penerimaan barang.Tegnologi di POS kasir tersebut sudah dirancang untuk memenuhi kebutuhan perkembangan jumlah gerai dan transaksi di masa mendatang. Untuk mempercepat pelayanan dan kenyamanan berbelanja di kasir,indomaret menggunakan pemindai (scanner barcode),pembayaran dengan indomaret card,jak card,pembayaran debit dan penarikan tunai bank. Dalam bidang distribusi barang indomaret menerapkan digital picking system dan tail gate system pada setiap pusat distribusinya.Kedua sistem ini mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses pengambilan barang dari rak penyimpanan dan pemuatan barang ke armada pengiriman maupun penurunan barang di gerai indomaret.

13 SISTEM INFORMASI ALFAMART Sistem informasi pembelian dan penjualan Adalah suatu system software yang akan membantu proses penjualan dan pembelian barang dengan menerapkan system administrasi yang kuat untuk pencatatan dari barang masuk,penyimpanan barang di gudang sampai dengan barang keluar atau dijual.Dilengkai dengan system pelaporan yang sistematis dan akurat,adapun modul-modul yang terintegrasi dalam sistem informasi alfamart ini adalah : -data dan kelompok barang -data suplier -data customer -order pembelian dan penjualan

14 SISTEM INFORMASI INDOMARET DAN ALFAMART System informasi dari kedua minimarket di atas menggunakan microsoft acces 2007 karena software ini mudah dibuat dan mudah digunakan.Untuk kedepannya sistem ini akan banyak digunakan oleh berbagai produsen yang menjual barang dagangannya.

15 DAMPAK EKONOMI KEBERADAAN INDOMARET DAN ALFAMART Adanya kelesuan kegiatan ekonomi di perdagangan kecil /grosir Mematikan usaha para pedagang kecil (eceran) dan kios tradisonal

16 TEKNOLOGI Indomart dan alfamart memanfaatkan teknologi yang kini sedang berkembang, diantaranya: 1.T Cash 2.Pesan Antar Ambil Indomaret (PAAI)

17 INTERNET Alfamart dan indomart menggunakan layanan internet tepatnya menggunakan website sebagai sumber informasi atas layanan- layanan yang ditawarkan, misalnya pembelian tiket kereta api, Game, promosi, dll.

18 Terima Kasih


Download ppt "KELOMPOK 7 Hendi Pramana Putra Ulfa Sarita R Lia Pandini Fatatun Nafisah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google