Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang BK Disusun oleh : Elisabeth Venti Ria.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang BK Disusun oleh : Elisabeth Venti Ria."— Transcript presentasi:

1 Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang BK Disusun oleh : Elisabeth Venti Ria

2 Agenda Manfaat Teknologi Manfaat Fasilitas TIK Positif Manfaat Fasilitas TIK Negatif Manfaat Penggunaan media dalam konseling Manfaat TIK dalam Pendampingan Siswa Pengunaan Powerpoint Penggunaan Moviemaker Manfaat e-learning Kesimpulan

3 Manfaat Teknologi Informasi Komunikasi Bagi Mahasiswa / Siswa mendukung proses belajar, meneliti, pengabdian masyaratkat dan pengembangan kepribadian mahasiswa/siswa fasilitas TIK untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat positif dan menjauhi penyalah-gunaan pemanfaatan fasilitas TIK.

4 Pemanfaatan Fasilitas TIK yang Positif Pemanfaatan internet untuk survei, studi eksplorasi, mencari data, informasi atau dokumen elektronik yang berharga, dll. Pemakaian dan messaging dengan memperhatikan etika. Publikasi pengumuman, makalah, materi ajar, program aplikasi gratis, data, dll. yang dinilai bermanfaat bagi masyarakat luas pada situs web (website). Penyelenggaraan kompetisi ilmiah, seni, ketangkasan secara on line yang bernilai positif bagi masyarakat luas.

5 Pemanfaatan Fasilitas TIK yang Negatif Memberikan account pribadi kepada orang lain dengan tujuan agar orang tersebut dapat membantu mengerjakan tugas-tugas kuliah yang seharusnya dikerjakan sendiri. Men- download data berukuran sangat besar (misalnya video) yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan materi pembelajaran, sehingga “memadati” lalu-lintas jaringan dan mengganggu pengguna jaringan yang lain. Bermain online game (via internet) yang tidak ada kaintannya dengan materi atau kegiatan pembelajaran. Mengakses (men- download) maupun mempublikasikan tulisan, gambar, suara, video, dll. yang asusila (porno) atau tidak etis. Mempublikasikan hasil karya orang lain dengan melanggar hak cipta.

6 MANFAAT PENGGUNAAN MEDIA DALAM KONSELING Akan meningkatkan kreativitas, meningkatkan keingintahuan dan memberikan variasi pengajaran, sehingga kelas akan menjadi lebih menarik; Akan meningkatkan kunjungan ke web site, terutama yang berhubungan dengan kebutuhan siswa; Konselor akan memiliki pandangan yang baik dan bijaksana terhadap materi yang diberikan; Akan memunculkan respon yang positif terhadap penggunaan ; Tidak akan memunculkan kebosanan; Dapat ditemukan silabus, kurikulum dan lain sebagainya melalui website; dan Terdapat pengaturan yang baik

7 Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Pendampingan Siswa

8 Program software power point Konselor dapat memasukkan gambar-gambar yang bergerak, bahkan konselor bisa melakukan insert gambar-gambar yang ada di sebuah film. Sasaran dari sebuah tujuan bimbingan dapat tercapai dengan optimal. Lebih menarik dan tidak membosankan.

9 Penggunaan Movie Maker Bimbingan lebih menarik Siswa lebih tertarik untuk memperhatikan layanan bimbingan Konselor menjadi kreatif untuk menampilkan hal-hal yang menarik lagi Siswa lebih dapat mencapai tujuan yang ingin diocapai oleh konselor.

10 Manfaat E-learning Pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility). Bertambahnya Interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur (interactivity enhancement). Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (global audience). Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities).

11 Kesimpulan Media bimbingan dan konseling saat ini telah berkembang dengan pesat sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan manusia yang semakin meningkat; Media bimbingan dan konseling seperti internet akan menyediakan data atau informasi yang akurat bagi siswa; Hubungan konseling memerlukan empati, sehingga penggunaan media sebaiknya terbatas pada usaha perolehan data dan informasi saja; Untuk mempergunakan media bimbingan dan konseling perlu diperhatikan budaya yang dimiliki oleh siswa, sehingga pemilihan media bimbingan dan konseling akan efektif; Perlu pelatihan atau peningkatan kompetensi konselor dalam menguasai teknologi informasi


Download ppt "Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang BK Disusun oleh : Elisabeth Venti Ria."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google