Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Am/page-1 of 20 PERTEMUAN 4. am/page-2 of 20 Elisitasi Elisitasi yaitu berisikan usulan rancangan sistem baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Am/page-1 of 20 PERTEMUAN 4. am/page-2 of 20 Elisitasi Elisitasi yaitu berisikan usulan rancangan sistem baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait."— Transcript presentasi:

1 am/page-1 of 20 PERTEMUAN 4

2 am/page-2 of 20 Elisitasi Elisitasi yaitu berisikan usulan rancangan sistem baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi.

3 am/page-3 of 20 Tahapan-tahapan Elisitasi 1. Elisitasi Tahap I Berisi seluruh rancangan sistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen terkait melalui proses wawancara.

4 am/page-4 of 20 Contoh Elisitasi Tahap I

5 am/page-5 of 20 Tahapan-tahapan Elisitasi 2. Elisitasi Tahap II Merupakan hasil pengklasifikasian dari elisitasi tahap I berdasarkan metode MDI. Metode MDI ini bertujuan untuk memisahkan antara rancangan sistem yang penting dan harus ada pada sistem baru dengan rancangan yang disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi.

6 am/page-6 of 20 Tahapan-tahapan Elisitasi M pada MDI berarti Mandatory (penting). Maksudnya requirement tersebut harus ada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat sistem baru. D pada MDI berarti Desireable. Maksudnya requirement tersebut tidak terlalu penting dan boleh dihilangkan. Tetapi jika requirement tersebut digunakan dalam pembentukan sistem, akan membuat sistem tersebut lebih sempurna. I pada MDI berarti Inessential. Maksudnya bahwa requirement tersebut bukanlah bagian dari sistem yang dibahas dan merupakan bagian dari luar sistem.

7 am/page-7 of 20 Contoh Elisitasi II

8 am/page-8 of 20 Tahapan-tahapan Elisitasi 3. Elisitasi Tahap III Merupakan hasil penyusutan dari elisitasi tahap II dengan cara mengeliminasi semua requirement yang opsinya I pada metode MDI. Selanjutnya semua requirement yang tersisa diklasifiaksikan kembali melalui metode TOE, yaitu: T artinya Technical, yaitu bagaimana tata cara/ teknik pembuatan requirement tersebut dalam sistem yang diusulkan. O artinya Operational, yaitu bagaimana tata cara penggunaan requirement tersebut dalam sistem yang akan dikembangkan. E artinya Economy, yaitu berapa biaya yang diperlukan guna membangun requirement tersebut dalam sistem.

9 am/page-9 of 20 Contoh Elisitasi III

10 am/page-10 of 20 Tahapan-tahapan Elisitasi Final Draft Elisitasi Merupakan hasil akhir yang dicapai dari suatu proses elisitasi yang digunakan sebagai dasar pembuatan suatu sistem yang akan dikembangkan.

11 am/page-11 of 20 Contoh elisitasi final

12 am/page-12 of 20 INVESTASI PROYEK : DIKELUARKANNYA SUMBERDAYA—KEUANGAN DAN SARANA LAIN—UNTUK MENDAPATKAN MANFAAT DI MASA DATANG; TEKNIK ANALISA BIAYA/MANFAAT INVESTASI PROYEK SISTEM: DIHASILKAN SISTEM INFORMASI YANG AKAN MEMBERIKAN MANFAAT SEPERTI PENGHEMATAN- PENGHEMATAN / MANFAAT BARU. JIKA MANFAATNYA LEBIH KECIL DARI SUMBERDAYA YANG DIKELUARKAN  SISTEM INI TIDAK LAYAK/BERNILAI.

13 am/page-13 of 20 ADA 2 JENIS KEUNTUNGAN : 1. TANGIBLE (DIUKUR)  ANALISA BIAYA(PV, ROI, PAYBACK PERIOD, BEP, DSB) 2. INTANGIBLE(TAK DAPAT DIUKUR)  TAKSIRAN WHITTEN. TEKNIK ANALISA BIAYA/MANFAAT SEBELUM SISTEM INFORMASI DIKEMBANGKAN HARUS DIEVALUASI KELAYAKAN EKONOMINYA  TEKNIK ANALISA BIAYA/MANFAAT— KEUNTUNGAN.

14 am/page-14 of 20 KLASIFIKASI MANFAAT : MENGURANGI BIAYA MENGURANGI ERROR MENINGKATKAN KECEPATAN AKTIVITAS MENINGKATKAN PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN MANAJEMEN. TEKNIK ANALISA BIAYA/MANFAAT

15 am/page-15 of 20 KEUNTUNGAN BERWUJUD : PENGURANGAN BIAYA OPERASI PENGURANGAN KREDIT TAK TERTAGIH PENGURANGAN ERROR PROSES PENGURANGAN BIAYA TELEKOMUNIKASI PENINGKATAN PENJUALAN PENINGKATAN BIAYA PERSEDIAAN TEKNIK ANALISA BIAYA/MANFAAT

16 am/page-16 of 20 KEUNTUNGAN TAK BERWUJUD : 1. PENINGKATAN PELAYANAN LEBIH BAIK  PELANGGAN 2. PENINGKATAN KERJA PERSONIL 3. PENINGKATAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN YANG LEBIH BAIK TEKNIK ANALISA BIAYA/MANFAAT

17 am/page-17 of 20 PENGUKURAN KEUNTUNGAN TAK BERWUJUD : BAGAIMANA MENGUKUR PELAYANAN PELANGGAN YANG LEBIH BAIK? TENTU TAK DAPAT DIUKUR DNG SATUAN UANG. TEKNIK ANALISA BIAYA/MANFAAT MAKA DILAKUKAN ANALISA : 1. JIKA PELAYANAN KEPADA PELANGGAN KURANG BAIK  PELANGGAN BERKURANG / TIDAK MEMESAN SAMA SEKALI 2. SEBERAPA BESAR PELANGGAN BERKURANG DAPAT DIUKUR DNG TAKSIRAN WHITTEN.

18 am/page-18 of 20 ANALISA TAKSIRAN WHITTEN : 1.KEMUNGKINAN 50% LANGGANAN MENGURANGI 10% PESANAN 2.KEMUNGKINAN 20% LANGGANAN MENGURANGI 50% PESANAN 3.KEMUNGKINAN 10% LANGGANAN MENGURANGI 90% PESANAN 4.KEMUNGKINAN 5% LANGGANAN MENGURANGI 100% PESANAN TEKNIK ANALISA BIAYA/MANFAAT

19 am/page-19 of 20 HITUNG PERKIRAAN KEHILANGAN PESANAN : KEHILANANGAN PESANAN = 50% x 10% PESANAN 20% x 50% PESANAN 10% x 90% PESANAN 5% x 100% PESANAN =================== + ( 5% + 10% + 9% + 5%) = 29% TEKNIK ANALISA BIAYA/MANFAAT

20 am/page-20 of 20 JIKA RATA-RATA PESANAN TIAP TAHUN : Rp ,- MAKA AKAN KEHILANGAN PESANAN SENILAI Rp ,- TEKNIK ANALISA BIAYA/MANFAAT


Download ppt "Am/page-1 of 20 PERTEMUAN 4. am/page-2 of 20 Elisitasi Elisitasi yaitu berisikan usulan rancangan sistem baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google