Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Modul 2: Persiapan pelanggan Keuangan Mikro dan Manajemen Bencana.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Modul 2: Persiapan pelanggan Keuangan Mikro dan Manajemen Bencana."— Transcript presentasi:

1 Modul 2: Persiapan pelanggan Keuangan Mikro dan Manajemen Bencana

2 SLIDE 2 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS Tujuan Untuk memahami: dampak bencana alam terhadap rumahtangga miskin strategi manajemen risiko yang digunakan rumahtangga miskin berbagai produk keuangan yang dapat membantu rumahtangga miskin guna mengurangi kerentanan terhadap bencana

3 SLIDE 3 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS Topik - topik 1.Goncangan dari luar yang dihadapi rumahtangga miskin 2.Dampak ekonomi goncangan dari luar terhadap rumahtangga miskin 3.Mekanisme penanganan ekonomi oleh rumahtangga miskin 4.Berbagai produk keuangan untuk mengurangi risiko pada tingkat pelanggan 5.Pengembangan Produk untuk Persiapan Menghadapi Bencana 6.Rangkuman

4 SLIDE 4 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS 1. Goncangan Dari Luar yang dihadapi Rumahtangga Miskin Perorangan Penyakit/luka yang diderita anggota keluarga, khususnya oleh si penghasil pendapatan utama Wafatnya anggota keluarga, khususnya si penghasil pendapatan utama Pencurian Kebakaran Lain-lain Masyarakat Bencana alam – kekeringan, kelaparan, gempa bumi, banjir, topan, letusan gunung api, tsunami, dll.

5 SLIDE 5 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS 2. Dampak Ekonomi Goncangan dari Luar terhadap Rumahtangga Miskin Latihan studi kasus: 1.Baca skenario di handout 2.Bagaimana dampak banjir besar terhadap keadaan ekonomi rumahtangga Singh?

6 SLIDE 6 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS Dampak Ekonomi (2) 1.Ketidaksanggupan sementara dalam menghasilkan pendapatan Dampak bencana terhadap pelanggan/majikan Hancurnya persediaan perdagangan 2.Kenaikan pengeluaran dasar Kenaikan harga makanan, bahan bakar dll., karena kurangnya pasokan Kenaikan risiko kesehatan (dan biaya-biaya setelahnya) 3.Kerusakan pada, atau kehancuran dari, berbagai aset penghasil pendapatan Kerusakan/kehancuran/kehilangan hasil panen, ternak, peralatan 4.Kerusakan pada, atau kehancuran dari, aset-aset rumahtangga

7 SLIDE 7 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS 3. Mekanisme Penanganan Ekonomi oleh Rumahtangga Miskin Latihan studi kasus: Bagaimana rumahtangga Singh dapat menanggulangi dampak ekonomi dari banjir dahsyat? Golongkan jawaban anda sebagai mekanisme ketegangan rendah, ketegangan sedang dan ketegangan tinggi.

8 SLIDE 8 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS LKM-LKM sebaiknya menawarkan produk-produk yang dapat membantu para pelanggan guna menghindari mekanisme penanggulangan ketegangan tinggi Mekanisme Penanganan Ketegangan Rendah, Sedang dan Tinggi (1) Penanggulangan ketegangan rendah  Mengubah pola konsumsi  Anggaran  Melunasi hutang kecil  Menagih klaim asuransi Penanggulangan ketegangan sedang Gunakan tabungan  Jual aset rumahtangga yang kurang penting  Pinjam dari teman/ keluarga  Pindah kerja kota lain  Mulai pekerjaan baru Penanggulangan ketegangan tinggi  Jual aset produktif  Gagal bayar pinjaman  Mengurangi konsumsi secara drastis

9 SLIDE 9 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS Berapa harga serta dampak dari berbagai strategi penanggulangan ini terhadap rumahtangga? Mengurangi konsumsi: Kesehatan fisik menurun Pindah kerja ke lokasi lain: Keutuhan keluarga kurang terjalin Meminjam: Beban hutang bertambah Menjual aset (produktif): Mengurangi potensi pendapatan Menarik dana tabungan dan memanfaatkan transfer dana adalah strategi penanggulangan yang lebih baik. Mekanisme Penanggulangan Ketegangan Rendah, Sedang dan Tinggi (2)

10 SLIDE 10 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS Berikut adalah berbagai produk keuangan umum untuk persiapan penanggulangan bencana oleh para pelanggan keuangan mikro: Tabungan Transfer Kredit Asuransi 4. Berbagai produk Keuangan untuk Pengurangan Risiko di Tingkat pelanggan

11 SLIDE 11 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS Tabungan Brainstorm: Bagaimana LKM dapat mendorong para pelanggannya untuk memiliki tabungan? Rumahtangga yang telah memiliki tabungan akan lebih siap dalam menanggulangi masalah keuangannya setelah bencana alam. Apakah mereka sendiri yang menggalang simpanannya atau bukan, LKM dapat mendorong para pelanggan mereka untuk memiliki tabungan sebagai penopang terhadap kejadian bencana. LKM dapat mencapai ini dengan mendidik para pelanggan mengenai keuntungan dari memiliki tabungan, merancang dan menerapkan pemberian insentif, dan menyediakan layanan menabung yang efektif. Tabungan harus bisa ditarik pada waktu bencana.

12 SLIDE 12 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS Transfer Di dalam kelompok masyarakat dimana LKM-LKM berada, sebagian anggota keluarga bekerja di tempat lain (misalnya luar negeri), dan mentransfer dana untuk menyokong keluarga mereka. Transfer adalah satu peluang bagi LKM untuk menggalang tabungan pelanggan. Di banyak negara, hanya lembaga keuangan resmi atau perusahaan yang memiliki izin pentransferan dana secara elektronis yang diperkenankan untuk melakukan transfer dana. LKM-LKM harus mencari tahu cara-cara bagaimana dapat berhubungan dengan mereka. Brainstorm: Jelaskan sifat dasar buruh migran ditengah masyarakat anda. Dimana saja mereka pergi bekerja? Bagaimana mereka mentransfer dana?

13 SLIDE 13 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS Kredit Pinjaman untuk Persiapan menghadapi Bencana Untuk membantu pelanggan mempersiapkan diri menghadapi bencana, di wilayah dimana sering terjadi bencana secara teratur dan yang bisa diramalkan, seperti banjir. Tawarkan suku bunga yang rendah untuk menarik pelanggan. Tingkatkan kesadaran diantara para pelanggan untuk merencanakan persiapan dalam menghadapi bencana. Pinjaman yang dirancang untuk menghadapi Bencana Kalau peristiwa alam yang dahsyat bisa diantisipasi, jadwal pembayaran kembali dikurangi selama musim banjir. Bukan reaksi paska bencana, tetapi sudah dimasukkan dalam akad pinjaman asli. LKM merencanakan dampak bencana, berpikir kedepan tentang arus kas dan likuiditas.

14 SLIDE 14 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS Pinjaman untuk Kesiapan menghadapi Bencana Brainstorm: Untuk maksud apa saja para pelanggan LKM di daerah anda memanfaatkan pinjaman ‘pencegahan’?

15 SLIDE 15 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS Asuransi Mikro Asuransi Mikro adalah perlindungan bagi masyarakat berpenghasilan rendah terhadap berbagai bahaya khusus dengan imbalan pembayaran premi secara teratur yang sebanding dengan mata pencaharian dan biaya dari risiko bersangkutan.

16 SLIDE 16 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS Fitur Asuransi Mikro Relevan dengan risiko rumahtangga berpenghasilan rendah Seinklusif mungkin Premi sesuai kemampuan dalam jumlah kecil Manfaat dalam jumlah kecil Uraian yang jelas serta aturan dan pembatasan yang sederhana Akses yang mudah atas persyaratan dokumentasi klaim Pembayaran manfaat dengan cepat Pendidikan pelanggan Sikap asuransi mikro: menolong orang mengelola risiko

17 SLIDE 17 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS Produk-produk Asuransi Mikro (1) Brainstorm: Produk asuransi apa saja yang anda dapat pikirkan?

18 SLIDE 18 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS ProdukDefinisi Jiwa Menyediakan jasa perlindungan terhadap kerugian ekonomi yang disebabkan oleh meninggalnya orang yang diasuransikan. Sisa Pinjaman Membayar kembali sisa pinjaman sehubungan dengan meninggalnya si peminjam. Terkadang, cakupan cacat jasmaniah sebagian atau menyeluruh juga termasuk didalamnya. Pemakaman Membayar seluruh pengeluaran yang terkait dengan pemakaman orang yang diasuransikan. Kadang kala asuransi tersebut telah diatur melalui penyelenggara pemakaman. Pinjaman Membayar kembali sisa pinjaman yang sudah macet (gagal bayar)lewat suatu jangka waktu tertentu, tanpa menghiraukan sebab kemacetan. Jangan keliru dengan sisa pinjaman pada asuransi jiwa. Aset Mengganti barang-barang spesifik– misalnya peralatan dan gedung – jika mereka hilang atau rusak. Barang-barang yang diasuransikan, dan setiap pengecualian, diuraikan dalam kontrak. Produk-produk Asuransi Mikro (2)

19 SLIDE 19 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS Semua asuransi, kecuali yang paling sederhana, berada diluar kemampuan mayoritas LKM. Sulit mencapai skala secukupnya (perlu kemungkinan nihil semua pelanggan serempak terkena dampak bencana). Menetapkan prosedur untuk menentukan kapan suatu pembayaran harus dilakukan, untuk kerugian apa dan untuk berapa besar, adalah sulit. Biasanya biaya menjadi penghalang karena premi sebanding dengan risiko, dan rumahtangga miskin menghadapi risiko tinggi. Tidak mudah dipasarkan. Acapkali yang paling baik adalah jika LKM bertindak sebagai mata rantai antara para pelanggan/kelompok dan perusahaan-perusahaan asuransi yang bereputasi yang sanggup menyediakan asuransi umum. Tantangan Keuangan Mikro

20 SLIDE 20 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS 5. Pengembangan Produk untuk Persiapan Menghadapi Bencana Barbagai langkah utama harus meliputi: 1.Menyelenggarakan penilaian risiko bencana dan kerentanan pelanggan LKM 2.Melatih pelanggan dalam persiapan menghadapi bencana, misalnya menggunakan modul ini sebagai landasan. Jika mungkin, bermitra dengan berbagai lembaga pelatihan yang khusus sehingga penawaran layanan ini tidak berdampak kepada kelangsungan LKM. 3.Gunakan langkah pendekatan secara sistematis terhadap pengembangan produk dalam persiapan menghadapi bencana. Direkomendasikan untuk memanfaatkan metodologi MicroSave untuk menyelenggarakan riset pasar dan pengembangan produk (lihat slide berikut).

21 SLIDE 21 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS Pengenalan Masalah Pengembangan Konsep Riset Kualititatif: FGD/PRA Rencana Riset Kualitatif Produk Siap untuk Uji Coba Penghalusan Konsep kedalam Prototip Riset Kuantitatif: Pengujian Prototip Memahami kebutuhan pelanggan Uji Coba/Memperbaiki prototip produk prototip Riset Pasar dan Pengembangan Produk Pandangan Umum Proses Sumber: Microsave

22 SLIDE 22 OF 22 – MODULE 2: CLIENT PREPAREDNESS 6. Rangkuman Mendengarkan dan belajar dari pengurangan risiko pelanggan dan mekanisme penanggulangan dalam menghadapi bencana. Mengenali berbagai produk dan jasa yang dapat ditawarkan LKM untuk meringankan dampak bencana. Mengembangkan berbagai produk yang cocok, menyelenggarakan penilaian kerentanan dan pemetaan krisis. Meningkatkan kesadaran pelanggan tentang strategi pengurangan risiko bencana.


Download ppt "Modul 2: Persiapan pelanggan Keuangan Mikro dan Manajemen Bencana."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google