Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SKPL Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak STMIK AMIKOM PURWOKERTO.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SKPL Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak STMIK AMIKOM PURWOKERTO."— Transcript presentasi:

1 SKPL Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak STMIK AMIKOM PURWOKERTO

2  Definisi SKPL  Tujuan SKPL  Manfaat SKPL  Aspek SKPL  Karakteristik SKPL  Format SKPL

3  Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak atau Software Requirement Specification (SRS) adalah sebuah dokumen yang berisi pernyataan lengkap dari apa yang dapat dilakukan oleh perangkat lunak, tanpa menjelaskan bagaimana hal tersebut dikerjakan oleh perangkat lunak.  Suatu SRS harus mencantumkan tentang deskripsi dengan lingkungannya. Mencakup antarmuka untuk perangkat keras, perangkat lunak, komunikasi dan pemakai.

4  Mendokumentasikan rancangan perangkat lunak yang diinginkan dan disepakati pengguna/client.  Mendokumentasikan kebutuhan sistem sebelum diimplementasikan oleh pengembang.  Memberikan informasi berupa batasan-batasan sistem.

5  Sebagai bentuk perjanjian antara customer dan supplier tentang software apa yang akan dibuat  Mengurangi beban dalam proses pengembangan software  Sebagai bahan perkiraan biaya dan rencana penjadwalan  Sebagai dasar validasi dan verifikasi software di ujung penyelesaian proyek nantinya

6  Memfasilitasi transfer, semisal software tersebut ingin ditransfer ke pengguna atau mesin-mesin yang lain. Customer pun merasa mudah jika ingin mentransfer software ke bagian-bagian lain dalam organisasinya. Bahkan, jika terjadi pergantian personil developer, proyek dapat mudah ditransfer ke personil baru dengan memahami SRS ini.  Mendasari perbaikan produk software di kemudian hari. Jadi, kadang SRS boleh diperbaiki dengan alasan dan mekanisme tertentu serta atas kesepakatan antara customer dan developer.

7  Sesuai dengan kebutuhan PL.  Tidak ambigu.  Mencakup seluruh kebutuhan PL.  Sistematis.  Dapat diverifikasi.  Dapat dimodifikasi.  Dapat ditelusuri kembali (tracebility)  Dapat dipahami dengan baik oleh pengembang.

8  Hal-hal yang perlu dihindari saat pembentukan SKPL adalah: Over specification (penjelasan berlebih dan berulang-ulang sehingga menjadi tidak jelas) Tindakan unconcistency Ambiguity dalam kata atau kalimat Menuliskan “mimpi-mimpi”, yaitu hal-hal yang tidak bisa dilakukan

9  Dalam Suatu SRS ada 2 aspek yang harus bisa dilihat : 1.Fungsi Menjelaskan fungsi dari perangkat lunak (digunakan untuk apa keperluan apa), sifat lunak dan datanya.

10 2.Non-Fungsi a.Dependability reliability maintainbility security integrity b.Ergonomic c.Performance d.Contraint

11 Pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan SKPL antara lain: 1.Pemakai (user) Yang mengoperasikan / menggunakan produk final dari perangkat lunak yang dibuat. 2.Client Orang atau perusahaan yang mau membuat sistem (yang menentukan). 3.Sistem analyst (system engineer) Yang biasa melakukan kontak teknik pertama dengan client. Bertugas menganalisis persoalan, menerima requirement dan menulis requirement.

12 4.Software engineer Yang bekerja setelah kebutuhan perangkat lunak dibuat (bekerja sama dengan system engineer berdasarkan SRS) 5.Programmer Menerima spesifikasi perancangan perangkat lunak, membuat kode dalam bentuk modul, menguji dan memeriksa (tes) modul. 6.Test integration group Kumpulan orang yang melakukan tes dan mengintegrasi modul.

13 7.Maintenance group Memantau dan merawat performansi sistem perangkat lunak yang dibuat selama pelaksanaan dan pada saat modifikasi muncul (80% dari pekerjaan). 8.Technical Support Orang-orang yang mengelola (manage) pengembang perangkat lunak, termasuk konsultan atau orang yang mempunyai kepandaian lebih tinggi. 9.Staff dan Clerical Work Bertugas mengetik, memasukkan data dan membuat dokumen.

14 Keberhasilan pengembangan perangkat lunak bisa dilihat dari 10 aspek atau titik pandang, yaitu : 1.Ketelitian dari pembuatnya 2.Kualitas dari spesifikasi perangkat lunaik yang dihasilkan (Baik, jika ada sedikit kesalahan). 3.Integritas 4.Ketelitian 5.Proses Pembuatan yang mantap 6.Mudah dikembangkan 7.Jumlah versi yang tidak banyak 8.Ketelitian dari model pengembangan yang digunakan untuk meramal atribut perangkat lunak 9.Efektivitas rencana tes dan integrasi 10.Tingkat persiapan untuk sistem perawatan (mempersiapkan pencarian bugs)

15 1.Pendahuluan 2.Deskripsi Umum Perangkat Lunak 3.Deskripsi Rinci Kebutuhan

16 1.1 Tujuan 1.2 Lingkup Masalah 1.3 Definisi, Akronim dan Singkatan 1.4 Referensi 1.5 Deskripsi Umum Dokumen

17 2.1 Deskripsi Umum Sistem 2.2 Fungsi Produk 2.3 Karakteristik Pengguna 2.4 Batasan-Batasan 2.5 Asumsi dan Kebergantungan

18 3.1 Kebutuhan Antarmuka Eksternal 3.2 Kebutuhan Fungsional 3.3 Deskripsi Data 3.4 Kebutuhan Nonfungsional 3.5 Atribut Kualitas Perangkat Lunak 3.6 Kebutuhan Lain

19  Tiap kelompok : Nama kelompok Nama-nama anggota (+posisi) Deskripsi, tujuan, dan fungsi sistem Karakteristik pengguna, batasan-batasan, dan lingkungan operasi sistem.

20 If You Can’t Fly, Then Run If You Can’t Run, Then Walk If You Can’t Walk, Then Crawl But Whatever You Do You Have To Keep Moving Forward ~ Martin Luther King Jr. ~


Download ppt "SKPL Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak STMIK AMIKOM PURWOKERTO."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google