Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sulis setyawan (20110410065) Akhmad rasyid gandi(20110410141) Neo asasina(20110410112) Rizki alvian(20110410021)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sulis setyawan (20110410065) Akhmad rasyid gandi(20110410141) Neo asasina(20110410112) Rizki alvian(20110410021)"— Transcript presentasi:

1 Sulis setyawan ( ) Akhmad rasyid gandi( ) Neo asasina( ) Rizki alvian( )

2 1.LATAR BELAKANG  Indonesia, khususnya kota besar, minimarket tumbuh dengan pesat. Jaringan minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, menurut data Nielsen, terus bertumbuh dan makin hari semakin meningkat jumlah pelanggannya. Di sisi lain, convenience store selain Circle K seperti ampm dan 7-Eleven bertumbangan. 7- Eleven menjadi satu-satunya jaringan convenience store yang bertahan hingga saat ini, dan terus tumbuh. Convenience store sendiri diposisikan berbeda dengan Mini Market. Produk yang disediakan oleh convenience store lebih sedikit dibandingkan dengan minimarket,walaupun luas toko pada umumnya hampir sama dengan minimarket. Pelanggan biasanya mendatangi convenience store untuk membeli barang-barang yang segera digunakan.Convenience store juga buka 24 jam 365 hari dalam setahun. Minimarket biasanya tidak buka 24 jam sehari 365 hari setahun, dan barang-barang yang disediakan biasanya untuk dibawa pulang. Banyak perbedaan lain yang terdapat antara convenience store dan minimarket. Jika kebanyakan minimarket memiliki value harga murah dan menyediakan beragam produk, maka convenience store memaksimalkan kepuasan pelanggan dengan mengutamakan kecepatan layanan, kebersihan dan kerapihan store, keramahan pelayan serta suasana store yang menyenangkan.

3 2.RUMUSAN MASALAH /PERTANYAN  1.Mengapa memahami pelanggan sangat penting bagi perusahaan seperti 7-eleven?  2.Apa manfaat sistem informasi eceran 7-eleven?  3.Merujuk pada model Porter,dorongan strategi apa yang berusaha ditangani sistem informasi eceran?

4 Pembahasan/Jawaban atas pertanyaan  1. Memahami konsumen bagi perusahaan sangatlah penting, dikarenakan konsumen yang memiliki berbagai karakter dan berbagai keinginan sangatlah harus dimengerti bagi perusahaan seperti 7-eleven yang yang mengutamakan keinginan konsumen. Dikarenakan keinginan pelanggan itu adalah suatu timbal balik bagi produsen, dengan kata lain apabila konsumen merasa puas membeli dan terus berlanjut tetap berbelanja di tempat tersebut maka itu merupakan keuntungan bagi 7-eleven. Terlebih memahami konsumen tidak hanya pada karakter pembeli, memahami pelanggan juga harus pada barang yang biasa mereka butuhkan. Walaupun untuk memahami barang kebutuhan yang biasa mereka butuhkan perusahaan juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar, akan tetapi hal ini juga tidak kalah penting dikarenakan jika perusahaan seperti 7-eleven tidak mengetahui kebiasaan barang yang mereka beli pada suatu daerah maka akan terjadi kemubaziran.

5  2. manfaat sistem informasi eceran bagi toko 7- eleven,sistem ini memberikan informasi kepada manajer toko, data penjualan harian, mingguan, bulanan untuk tiap barang yang membantu manajer dalam menentukan barang mana yang harus di pesan dalam jumlah yang tepat yang di butuhkan oleh tokonya. Berkat Teknologi Informasi 7-eleven telah sepenuhnya mampu merespon kebutuhan pelanggan.dengan melacak dan menganalisis data yang dimiliki perusahaan mengetahui pelanggan seperti saat pemilik toko berbicara kepada pelanggan melalui tatap muka.

6  3. 7-eleven adalah pengecer konvience terbesar di dunia dan jaringan toko barang kebutuhan sehari-hari nomor satu di Amerika Serikat,dengan toko. Pada tahun 2004,7-eleven memasang server Hewlett-Packart dan pemindahan jaringan di seluruh tokonya di Amerika Serikat, untuk menerapkan Sistem Informasi Riter (Retail informasi System). Sistem ini mengumpulkan data penjualan tiap hari. Disini model porter adalah mengantarkan barang pesanan sampai pada pembelinya sehingga bagi pelanggan yang sibuk dapat terbantu. Dan dorongan yang sedang dilakukan oleh usaha dengan sistem informasi eceran yaitu ketepatan waktu dan ketersediaan barang yang dibutuhan oleh konsumen.

7 Sekian dan terima kasih..


Download ppt "Sulis setyawan (20110410065) Akhmad rasyid gandi(20110410141) Neo asasina(20110410112) Rizki alvian(20110410021)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google