Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

UNIT KEGIATAN MAHASISWA RENANG UNIVERSITAS HASANUDDIN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "UNIT KEGIATAN MAHASISWA RENANG UNIVERSITAS HASANUDDIN."— Transcript presentasi:

1 UNIT KEGIATAN MAHASISWA RENANG UNIVERSITAS HASANUDDIN

2 Sejarah terbentuknya UKM RENANG UNHAS

3 (UKMR-UH) Unit Kegiatan Mahasiswa Renang Universitas Hasanddin resmi berdiri pada tanggal 5 Juni 2002 di buktikan denga hasil disposisi pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. H. Ambo Ala, MS tentang persetujuan pembentukan UKM Renang Unhas

4 Cikal Bakal Berdirinya UKM RENANG-UH Berawaldari keberadaan kolam Renang Unhas dan Program Pola ilmiah Pokok (PIP) Unhas yang mengarah kepada kebaharian. Sehingga lahir ide dari beberapa mahasiswa (i) Unhas seperti mahasiswa Fakultas Teknik, Sospol, Kelautan dan Perikanan, Mipa, Ekonomi, Peternakan, Sastra, Pertanian dan Kehutanan untuk membentuk UKM Renang di Unhas.

5 Dari beberapa mahasiswa (i) awalnya bergabung dalam sebuah kepanitiaan yang di namakan Badan Pekerja Pembentukan (BPP) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Renang Unhas. Orang–orang inilah yang akhirnya menjadi embiro pengurus UKM Renang Unhas.

6 Orang-orang yang di maksud adalah 1. Patarai,Yessi Yasmin,Desi Rusli (Sospol), 2. Ulfa S. Kuba, Amran, kurniati Nurulsiami, Zehan masita N,Herman, Jufri, A.musafir, Irwan, Datsir Kurniwan,Kasmawati, Imam sudrajat, Naharuddin, Al-ma’mun Maesar, Halifa tahir, Ramla ibsal, Rasdiana A, Jeane NT (Perikanan), 3. Alkausyaril zum (Kelautan), 4. Fauziah Ahmad, Lutfi (Mipa), 5. Maskur, Muhammad Aris (Ekonomi), 6. Nur Afni Aswyani (Sastra), Andi Erna M (Peternakan), Nurhayati, Maidawati (Kehutanan ), 7. Nasruddin (Pertanian), dan 8. Ony suhardiman (Tehnik).

7 Meskipun baru terbentuk, tapi jauh sebelumnya, sejak September 2001 lalu telah dirintis. Dalam perintisan tersebebut telah banyak aktifitas yang sudah di lakukan baik menyangkut mengenai administrasi pembentukan organisasi maupun mengenai teknis Visi dan Misi organisasi seperti bekerjasama dengan KONI / PRSI dan FIK. UNM untuk melaksanakan pelatihan Renang (24 – 27 April 2002) yang pada waktu itu diikuti oleh para perintis dan mengikuti kejuaraan Nasional Renang lintasan pendek 25 meter ( H. A. Mattalatta Cup, 16 – 18 Mei 2002) dengan mengutus dua orang atlit (Ony Suhardiman dan Nasruddin)

8 Dari kebijakan BPP (Badan Pengurus Perintis) UKM Renang Unhas langsung mengadakan Musyawarah Besar pertama pada tanggal Juni 2002 di ruang rapat PKM Kampus Unhas Tamalanrea, Sehingga pada saat itu yang terpilih sebagai ketua BPH (Badan Pengurus Harian) adalah Zehan Masita dan Fauziah Ahmad, Patarai dan Nasreuddin sebagai DPO (Dewan Pertimbangan organisasi) Unit Kegiatan Mahasiswa Renang Unhas.

9 Adapun Visi dan Misi UKM Renang Unhas Sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa ditingkat Universitas Hasanuddin yang bergerak dibidang olah raga dan pengembangan, UKM Renang Unhas mempunyai tugas pokok mewadai penyaluran minat dan bakat Mahasiswa Unhas dibidang olah Raga Renang dan pengembangan diri Mahasiswa dan atau profesional dalam prestasi dibidangnya akan dilakukan dengan jalan:

10 VISI 1. Menampung anggota dari berbagai mahasiswa Fakultas dan Jurusan yang siap untuk mengabdi dalam pengembangan organisasinya dan Almamater dengan dilandasi Try Darma Perguruan Tinggi. 2. Melaksanakan pelatihan dan aktifitas organisasi lainnya dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan atau pengembangan lain yang relefan dengan untuk kebutuhan organisasi.

11 Misi 1. Menyiapkan luaran yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, sehat, berbudi pekerti luhur, memiliki sifat sportif yang tinggi, berkemampuan kompotensi profesional, berwawasan dan beriorentasi dimasa depan serta sangup memberikan sumbangan kepada kinerja dilingkungan sekitarnya. 2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu dan pengalaman yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh penekanan dan penanganan khusus ilmu olah Raga (Renang) sebagai penunjang Program Pola Ilmiah Pokok (PIP Unhas).

12 3. Secara berkesinambungan menjaga dan meningkatkan peran olah raga Renang di Unhas sebagai wadah untuk meningkatkan hubungan silahturahmi, membina potensi mahasiswa Unhas sehingga mereka dapat memanfaatkan petensi-potensi yang ada secara berhasil guna dan berdaya guna. 4.Secara aktif membendung dan mengurangi kesenjangan antar mahasiswa dengan jalan mewadahi aspirasi mahasiswa dibidang olah raga Renang untuk mencapai tujuan.

13 PROGRAM KERJA Program kerja UKM Renang Unhas dilaksanakan dengan berpedoman pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta Garis-Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) UKM Renang Unhas. Program kerja UKM Renang Unhas berdasasrkan GBHO secara umum dibagi atas dua bagian atau yaitu program jangka pendek dan program jangka panjang.

14 Dimana program kerja jangka pendek terfokus pada pengadaan Fasilitas organisasi sebagai pendukung aktifitas / Kegiatan organisasi. Sedangkan program kerja jangka panjang terfokus pada peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya anggota yang handal dan siap pakai.

15 KEANGGOTAAN Anggota UKM renang Unhas tahun 2002 adalah perintis pembentukan UKM renang berjumlah 31 orang. Keanggotaan UKM renang Unhas adalah seumur hidup. Status keanggotaan terbagi atas dua tingkatan yaitu anggota biasa dan anggota luar biasa. Untuk menjadi anggota UKM Renang Unhas harus mengikuti mekanisme penerimaan anggota UKM Renang Unhas, Dan pendidikan dan latihan (Diklat) Renang UKM Renang Unhas

16 Baru beberapa tahun terbentuknya UKM Renang Unhas alhamdulillah sudah mengikuti kejuaraan renang antara lain : Kejuaraan Renang Nasional Lintas Pendek 25 meter (H.A.Mattalatta Cup) 2003 SulSel. Invitasi Renang Antar Perguruang Tinggi se-Indonesia 2004 Bandung. Kejuaraan Renang Antar Perguruan Tinggi se-Indonesia 2005 UNJ Jakarta. Renang Bahari Antar Pulau 2006 Lae-lae Makassar. Kejuaraan Renang Antar Perguruan Tinggi se-Indonesia 2006 UNJ Jakarta. (dengan perolehan 3 medali emas dan 2 medali perak) Kejuaraan Renang Antar Perguaruan Tinggi se-Indonesia 2007 UNJ Jakarta. Kejuaraan Renang Antar Pelajar,Mahasiswa,TNI & POLRI di Kostrad Kariango. Renang Bahari Antar Pulau 2008 Barombong Lae-lae Losari. Kejuaraan Renang Antar Perguruan Tinggi se-Indonesia 2008 UNJ Jakarta.

17 Abdullah pada lintasan no. 4 Ridwan Faisal pada lintasan no. 1 ABD. LATIF pada lintasan no. 3 Pradana pada lintasan no. 7

18 Kejuaraan renang antar pulau yang diadakan di Makassar Pantai losari. Antara lain dari kiri ke kanan Muh. Huzaifah Busri, Ilyas, Ikbal, Muh. Saleh Qadri, Ridwan Tahar, Ridwan Faisal, Bakri, Abdullah, Abd. Latif.

19 Mantan Ketua Umum UKM Renang Unhas Pataray, (teknik) periode Pataray, (teknik) periode Zehan Masitha,periode Zehan Masitha,periode Munasri,/Irwan Ade,periode Munasri,/Irwan Ade,periode Munasri di turunkan pada MUIS & di gantikan oleh Irwan Ade. Abdullah, (teknik) periode Abdullah, (teknik) periode Iqbal, (teknik) periode Iqbal, (teknik) periode Muh. Huzaifah Busri, (perikanan) periode Muh. Huzaifah Busri, (perikanan) periode Rahmat Hidayat, (pertanian) Rahmat Hidayat, (pertanian)

20 Badan Pengurus UKM Renang Unhas Periode Ketua : Ketua : Jumriani (sastra inggris) Sekretaris : Sekretaris : Dewi Wahyuni (sastra inggris) Bendahara : Bendahara : Nogard S Mahendra (teknik sipil)

21 SeKian………… Junjung terus nilai sportifitas………!!!


Download ppt "UNIT KEGIATAN MAHASISWA RENANG UNIVERSITAS HASANUDDIN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google