Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEPERAWATAN DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL POLITIK Oleh : Ns. Lili Fajria.S.Kep.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEPERAWATAN DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL POLITIK Oleh : Ns. Lili Fajria.S.Kep."— Transcript presentasi:

1 KEPERAWATAN DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL POLITIK Oleh : Ns. Lili Fajria.S.Kep

2 PENDAHULUAN : Masalah penyakit dan kesehatan secara bertahap mengalami pergeseran dari penyakit infeksi ke penyakit kardiovaskuler dan degeneratif. Tuntutan masyarakat terhadap mutu semakin meningkat. Hal tersebut mempengaruhi perkembangan pendidikan keperawatan dan kedudukannya dlm kancah politik dan sosial.

3 Pendidikan Keperawatan : Selaras dengan peningkatan ilmu dan teknologi pendidikan keperawatan tahap demi tahap mengalami peningkatan baik mutu maupun jenjang. Dulu perawat hanya berpendidikan dasar dan menengah sekarang sudah jenjang pendidikan tinggi. Jenjang utama : SPK, D.III, S.1 dan S.2

4 Lanjutan….. Perkembangan pendidikan keperawatan saat ini dipengaruhi oleh faktor-faktor : 1. Situasi politik dan kesadaran masyarakat ttg haknya perlu reformasi bidang pendidikan. 2. Desentralisasi/otonomi daerah mempengaruhi dalam pengelolaan pendidikan dan penempatan tenaga kerja lulusan. 3. Arus globalisasi mempengaruhi dalam menyiapkan tenaga yang siap berkompetisi global.

5 Permasalahan Bidang Pendidikan Saat Ini : Upaya dalam mempertahankan mutu pendidikan 15 tahun terakhir jumlah institusi keperawatan meningkat dengan tajam sehingga mengendalikan dan mempertahankan mutu pendidikan. Arah dan kurikulum pendidikan keperawatan Seringkali menjadi kabur dan muatan kurikulum menjadi tidak jelas. Kesempatan untuk mengikuti pelatihan/pendidikan semakin meningkat tapi tidak semua perawat dapat mengakses kesempatan karena berbagai kendala.

6 Lanjutan…… Keterbatasan tenaga pengajar dan fasilitas klinik. selain itu sumber fasilitas pendidikan juga belum memadai, spt ; lahan praktek, labor, buku dan akses terhadap jurnal keperawatan. Siswa/mahasiswa semakin dilibatkan dalam pengembangan kurikulum sehingga ikut aktif dalam pengendalian pengajaran maupun administratif.

7 Organisasi Profesi : PPNI didirikan tanggal 17 Maret 1974, merupakan gabungan : - Ikatan Perawat Indonesia ( IPI ) - Persatuan Perawat Indonesia ( PPI ) - Ikatan Guru Perawat Indonesia ( IGPI ) - Ikatan Perawat Wanita Indonesia (IPWI). Fungsi PPNI : – Sebagai wadah tenaga keperawatan – Mengemban, mengamankan dan membela Pancasila – Menampung, memadukan, menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi serta mengembangkan keprofesian dan kesejahteraan tenaga perawatan.

8 Reformasi pembangunan di bidang keperawatan perlu kemampuan kepemimpinan dan manajerial yang tinggi baik ditingkat pusat maupun daerah. ICN ( International Council of Nurses ) menyadari dan menyatakan proyeknya saat ini : Leadership for change. maka perlu : 1. Mengembangkan pemahaman ttg reformasi kesehatan internasional dan implikasinya bagi perawat. 2. Mengembangkan ketrampilan dan strategi manajerial yang mempunyai pengaruh pada negara dan organisasi profesi. Kunci dasarnya : para perawat harus siap dengan posisi mereka dalam manajemen dan kepemimpinan

9 Fokus LFC (leadership for change) : Peningkatan keefektifan dalam perencanaan kesehatan dan menyusun kebijakan. Pengembangan yan keperawatan yang berkualitas dan efesien. Menyiapkan manajer perawat di masa depan Mempertahankan pembangunan dan memberi sumbangsih dlm skala kesehatan. Perubahan kurikulum pendidikan Penngkatan jaringan nasional, regional dan internasional Di Indonesia : SK Menkes No 836 tahun 2005 tentang “Pedoman pengembangan manajemen kinerja perawat dan bidan “

10 Terima kasih………..


Download ppt "KEPERAWATAN DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL POLITIK Oleh : Ns. Lili Fajria.S.Kep."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google