Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1/13/2015Statistika by Zasmeli.S1 Teori Pengambilan Sampel Mempelajari hubungan antara suatu populasi dengan sampel-sampel yang diambil dari populasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1/13/2015Statistika by Zasmeli.S1 Teori Pengambilan Sampel Mempelajari hubungan antara suatu populasi dengan sampel-sampel yang diambil dari populasi."— Transcript presentasi:

1

2 1/13/2015Statistika by Zasmeli.S1

3 Teori Pengambilan Sampel Mempelajari hubungan antara suatu populasi dengan sampel-sampel yang diambil dari populasi tersebut. Mempelajari hubungan antara suatu populasi dengan sampel-sampel yang diambil dari populasi tersebut. Untuk mnentukan apakah perbedaan yang teramati di antara dua sampel disebabkan oleh variasi yang terjadi secara kebetulan atau apakah perbedaan tersebut bersifat nyata. Untuk mnentukan apakah perbedaan yang teramati di antara dua sampel disebabkan oleh variasi yang terjadi secara kebetulan atau apakah perbedaan tersebut bersifat nyata.

4 Teori Pengambilan Sampel Agar kesimpulan dari sampel yang diambil dan kesimpulan statistiknya valid, maka sampel- sampel yang diambil harus representatif atau perwujudan dari populasinya. Agar kesimpulan dari sampel yang diambil dan kesimpulan statistiknya valid, maka sampel- sampel yang diambil harus representatif atau perwujudan dari populasinya. Salah satu caranya adalah dengan random sampling untuk percobaan yang memang sengaja diancang. Salah satu caranya adalah dengan random sampling untuk percobaan yang memang sengaja diancang.

5 Teori Pengambilan Sampel Jika data yang diambil merupakan data populasi, maka penyebaran atau dsitribusi sampel akan bersifat mengikuti kurva normal dan dsitribusinya mengikuti distribusi Z Jika data yang diambil merupakan data populasi, maka penyebaran atau dsitribusi sampel akan bersifat mengikuti kurva normal dan dsitribusinya mengikuti distribusi Z Jika data yang diambil merupakan data sampel N < 30, maka dsitribusi sampel akan bersifat mengikuti distribusi t Jika data yang diambil merupakan data sampel N < 30, maka dsitribusi sampel akan bersifat mengikuti distribusi t

6 Penggunaan Sampel Kecil Jika data yang diambil merupakan data sampel N < 30, maka dsitribusi sampel akan bersifat mengikuti distribusi t Ragam yang digunakan jika N < 30 bukan σ 2 Tetapi s 2.

7 Penggunaan Sampel Kecil Didstibusi t dapat digunakan untuk menduga nilai tengah populasi dengan menggunakan nilai tabel t pada selang kepercayaan tertentu ( ⍺) dan db (derajat bebas) n - 1. Luas 95% Luas selang kepercayaan

8 Penggunaan Sampel Kecil Dengan distribusi t, kita dapat menduga nilai tengah (Rata-rata) populasi Ragam yang digunakan s 2.

9 Penggunaan Sampel Kecil Contoh : Diketahui 20 orang mahasiswa Unitas memiliki rata- rata tinggi 165 cm, dengan s 2 = 6,25. Dugalah selang rata-rata populasi pada ⍺ = 0,05 (5%)

10 Penggunaan Sampel Kecil Jawab :

11 Penggunaan Sampel Kecil Latihan : Jika diketahui suatu produksi padi rata-ratanya 10,36 ton dari jumlah lahan 30 buah. S 2 = 1,10. Dugalah selang nilai tengah populasinya pada ⍺ = 0,05

12


Download ppt "1/13/2015Statistika by Zasmeli.S1 Teori Pengambilan Sampel Mempelajari hubungan antara suatu populasi dengan sampel-sampel yang diambil dari populasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google