Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

NEGARA, AGAMA DAN WARGA NEGARA Mata Kuliah Hukum Kewarganegaraan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "NEGARA, AGAMA DAN WARGA NEGARA Mata Kuliah Hukum Kewarganegaraan."— Transcript presentasi:

1 NEGARA, AGAMA DAN WARGA NEGARA Mata Kuliah Hukum Kewarganegaraan

2 Konsep Dasar tentang Negara

3 Pengertian Negara Terjemahan dari : state (Inggris), staat (Belanda dan Jerman), ‘etat (Perancis). Negara diartikan sebagai organisasi tertinggi diantara satu kelompok masyarakat yang memiliki cita-cita untuk bersatu, hidup di dalam suatu kawasan, dan mempunyai pemerintahan yang berdaulat. Unsur negara yg berdaulat : Masyarakat (rakyat), wilayah, dan pemerintahan yang berdaulat. Negara identik dengan hak dan wewenang.

4 Tujuan Negara a. bertujuan untuk memperluas kekuasaan. b. Bertujuan menyelenggarakan ketertiban hukum. c. Bertujuan untuk mencapai kesejahteraan umum.

5 Plato Tujuan adanya negara adalah untuk memajukan kesusilaan manusia, sebagai perseorangan (individu) dan sebagai mahluk sosial.

6 Thomas Aquinas dan Agustinus Tujuan negara adalah untuk mencapai penghidupan dan kehidupan aman dan tenteram dengan taat kepada dan di bawah pimpinan Tuhan. Pemimpin negara menjalankan kekuasaan berdasarkan kekuasaan Tuhan yang diberikan kepadanya.

7 Ibnu Arabi Tujuan negara adalah agar manusia bisa menjalankan kehidupannya dengan baik, jauh dari sengketa dan menjaga intervensi pihak-pihak asing. Paradigma didasarkan pada konsep sosiohistoris bahwa manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan watak dan kecenderungan berkumpul dan bermasyarakat, yang membawa konsekuensi antara individu-individu satu sama lain saling membutuhkan bantuan.

8 Ibnu Khaldun Tujuan negara adalah untuk mengusahakan kemaslahatan agama dan dunia yang bermuara pada kepentingan akhirat.

9 Indonesia (Pembukaan UUD 1945) Tujuan negara adalah untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Indonesia merupakan negara yang bertujuan untuk memajukan kesejahteraan umum, membentuk suatu masyarakat adil dan makmur.

10 Unsur-unsur Negara a. Rakyat. b. Wilayah. c. Pemerintah. d. Pengakuan negara lain.. a-c = unsur konstitutif. d = unsur deklaratif.

11 Teori terbentuknya negara Teori Kontrak Sosial (Social Contract). Teori Ketuhanan (Teokrasi). Teori Kekuatan.

12 Bentuk-bentuk Negara Negara Kesatuan Negara Serikat

13 Bentuk negara dari sisi pelaksanaan dan mekanisme pemilihannya digolongakn dalam 3 kelompok : Monarki, Oligarki, Demokrasi.

14 Warga Negara Indonesia (WNI) Pasal 4, 5 dan 6 UUKI 2006 : Siapa warga negara Indonesia. Status Anak WNI. Pilihan warga negara

15 Hubungan Negara dan Warga Negara Seperti ikan dan air, memiliki hubungan timbal balik yang sangat erat. Indonesia berdasarkan UUD 1945 berkewajiban menjamin dan melindungi seluruh WNI tanpa kecuali. Jelasnya negara berkewajiban menjamin dan melindungi hak-hak warga negara dalam beragama sesuai dengan keyakinannya, hak mendapatkan pendidikan, kebebasan berorganisasi dan berekspresi, dsb. Tidak bisa berjalan baik tanpa dukungan warga negara dalam bentuk pelaksanaan kewajiabannya sebagai warga negara.

16 Hubungan Agama dan Negara


Download ppt "NEGARA, AGAMA DAN WARGA NEGARA Mata Kuliah Hukum Kewarganegaraan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google