Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

NEGARA DAN KEWARGANEGARAAN Negara merupakan agency (alat) dari masyarakat yang mempunyai kekuasaan untuk menga-tur hubungan-hubungan manusia dalam masyarakat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "NEGARA DAN KEWARGANEGARAAN Negara merupakan agency (alat) dari masyarakat yang mempunyai kekuasaan untuk menga-tur hubungan-hubungan manusia dalam masyarakat."— Transcript presentasi:

1

2 NEGARA DAN KEWARGANEGARAAN Negara merupakan agency (alat) dari masyarakat yang mempunyai kekuasaan untuk menga-tur hubungan-hubungan manusia dalam masyarakat dan menertibkan gejala-gejala kekuasaan dalam masyarakat. “ Negara adalah organisasi yang dalam sesuatu wilayah dapat memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua golongan kekuasaan lainnya dan yang dapat menetapkan tujuan-tujuan dari kehidupan bersama”.

3 Definisi Negara Neghara “adalah alat (agency) atau wewe-nang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan-persoalan bersa-ma, atas nama masyarakat”. Roger H. Soltau. Negara adalah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena mempunyai wewenang yang bersifat memaksa dan yang secara sah lebih agung daripada individu atau kelompok yang merupakan bagian dari masyarakat itu. Masyarakat adalah seatu kelompok manusia yang hidup dan bekerjasama untuk mencapai terkabulnya keinginan-keinginan mereka bersama.

4 Masrakat merupakan negara kalau cara hidup yang harus ditaati baik oleh individu maupun oleh asosiasi- asosiasi ditentukan oleh suatu wewenang yang bersifat memak-sa dan mengikat. (Harold. J. Laski). “Negara adalah suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam penggunaan kekuasaan fisik secara sah dalam suatu wilayah” (Max Weber). “Negara adalah asosiasi yang menyelenggarakan penertiban di dalam suatu masyarakat dalam suatu wilayah dengan berdasarkan sistem sistim hukum yang diselenggarakan oleh suatu pemerintah yang untuk maksud tersebut diberikan kekuasaan memaksa”. ( Robert M. MacIver).

5 Negara adalah suatu daerah teritorial yang rakyatnya diperintah (governed) oleh se- jumlah pejabat dan yang berhasil menuntut dari warganegaranya ketaatan pada peratu- ran perundang-uandangannya melalui pe- nguasaan (kontrol) monopolistis dari kekua saan yang sah (Budiardjo).

6 SIFAT-SIFAT NEGARA Memaksa Monopoli Mencakup semua UNSUR- UNSUR NEGARA Penduduk Wilayah Pemerintah

7 Fungsi Negara Melaksanakan Ketertiban ( law and order) Mengusahakan kesejahteraan dan kemak- muran rakyatnya Pertahanan Menegakkan keadilan Menurut Carles E. Merriam : 1). Keamanan ekstern, 2). Ketertiban intern, 3). Keadilan, 4). Kesejahteraan umum, 5). Kebebasan.

8 BENTUK NEGARA : Kesatuan dengan sistem Sentralisasi Kesatuan dengan sistem desentralisasi BENTUK PEMERINTAHAN Kerajaan : Monarki mutlak Monarki konstitusional Monarki Parlementer Republik : Republik mutlak (absolut) Konstitusional Republik Parlementer

9 Aristoteles membagi negara me nurut bentuk Pemerintahannya Monarki Oligarki Demokrasi

10 KEWARGANEGARAAN Azas Sanguinis (keturunan) Azas ius solis (kelahiran) Azas pewarganegaran (naturalisasi)


Download ppt "NEGARA DAN KEWARGANEGARAAN Negara merupakan agency (alat) dari masyarakat yang mempunyai kekuasaan untuk menga-tur hubungan-hubungan manusia dalam masyarakat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google