Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STRUKTUR SEL. Tujuan pembelajaran : Mendefinisikan pengertian sel secara umumMendefinisikan pengertian sel secara umum Menguraikan deskripsi tentang selMenguraikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STRUKTUR SEL. Tujuan pembelajaran : Mendefinisikan pengertian sel secara umumMendefinisikan pengertian sel secara umum Menguraikan deskripsi tentang selMenguraikan."— Transcript presentasi:

1 STRUKTUR SEL

2 Tujuan pembelajaran : Mendefinisikan pengertian sel secara umumMendefinisikan pengertian sel secara umum Menguraikan deskripsi tentang selMenguraikan deskripsi tentang sel Menyebutkan molekul-molekul organik yang menyusun membrane sel dan menjelaskan fungsinya.Menyebutkan molekul-molekul organik yang menyusun membrane sel dan menjelaskan fungsinya. Menyebutkan struktur nucleus dan fungsinyaMenyebutkan struktur nucleus dan fungsinya Menyebutkan bagian-bagian organela sel dan fungsinyaMenyebutkan bagian-bagian organela sel dan fungsinya

3 Pengertian sel :Pengertian sel : Sel adalah unit kehidupan struktural dan fungsional terkecil dari tubuh. Jumlah selJumlah sel Ada triliunan sel dalam tubuh manusia Bentuk selBentuk sel Bulat, gepeng, sferikal Ukuran selUkuran sel Sel tubuh manusia adalah sel mikroskopik yang berdiameter sekitar µm.

4 Fungsi sel Fungsi sel dalam semua sel adalah sama, yaitu ; Sel mempertahankan suatu barier yang selektif (membrane plasma) diantara sitoplasma dan lingkungan ekstraseluler.Sel mempertahankan suatu barier yang selektif (membrane plasma) diantara sitoplasma dan lingkungan ekstraseluler. Sel berisi materi hereditas yang membawa instruksi dalam bentuk kode untuk proses sintesis sebagian komponen selular.Sel berisi materi hereditas yang membawa instruksi dalam bentuk kode untuk proses sintesis sebagian komponen selular. Sel melakukan aktivitas metabolik, yang dikatalis reaksi kimia sehingga terjadi proses sintesis dan penguraian molekul organik.Sel melakukan aktivitas metabolik, yang dikatalis reaksi kimia sehingga terjadi proses sintesis dan penguraian molekul organik.

5 Komponen sel Badan sel memiliki 4 bagian dasar : Membran plasma (plasmalemma, membrane sel)Membran plasma (plasmalemma, membrane sel) Sitoplasma →protoplasma selSitoplasma →protoplasma sel Organel sitoplasma → struktur tetap yang melakukan fungsi metabolik spesifikOrganel sitoplasma → struktur tetap yang melakukan fungsi metabolik spesifik Nukleus → tempat materi genetic berada.Nukleus → tempat materi genetic berada.

6 Membran plasma (sel) → memisahkan bagian interior sel dari lingkungan ekstraseluler. Struktur : tersusun dari lapisan ganda molekul lipid dengan beberapa protein globular.Struktur : tersusun dari lapisan ganda molekul lipid dengan beberapa protein globular. Fungsi : reseptor dan komunikasi sel, sebagai suatu barier permeable yang selektif untuk mengatur aliran zat ke dalam dan ke luar sel.Fungsi : reseptor dan komunikasi sel, sebagai suatu barier permeable yang selektif untuk mengatur aliran zat ke dalam dan ke luar sel.

7 Komponen sitoplasma dan organela sel Sitoplasma Larutan air yang mengandung mineral, gas dan molekul organik, yang terdapat diantara membrane sel dan nucleus.Larutan air yang mengandung mineral, gas dan molekul organik, yang terdapat diantara membrane sel dan nucleus. Reaksi kimia berlangsung dalam sitoplasmaReaksi kimia berlangsung dalam sitoplasma Banyak organela sel ditemukan disini.Banyak organela sel ditemukan disini. Organela sel Struktur intraseluler, seringkali dibatasi oleh membrannya sendiriStruktur intraseluler, seringkali dibatasi oleh membrannya sendiri Memiliki peranan spesifik dalam fungsi seluler.Memiliki peranan spesifik dalam fungsi seluler.

8 Retikulum Endoplasma (RE) Struktur : terdiri dari jaringan luas berbentuk tabung (tubular) membranosa yang menghubungkan membrane inti ke membrane sel. Terdiri dari RE kasar dan RE halus. RE kasar memiliki banyak ribosom pada permukaannya sedangkan RE halus tidak.Struktur : terdiri dari jaringan luas berbentuk tabung (tubular) membranosa yang menghubungkan membrane inti ke membrane sel. Terdiri dari RE kasar dan RE halus. RE kasar memiliki banyak ribosom pada permukaannya sedangkan RE halus tidak. Fungsi : Sebagai rangkaian saluran yang saling berhubungan dan sebagai lintas transport materi yang dibutuhkan untuk fungsi sel didalam sel.Fungsi : Sebagai rangkaian saluran yang saling berhubungan dan sebagai lintas transport materi yang dibutuhkan untuk fungsi sel didalam sel.

9 Ribosom Struktur : sangat kecil yang dibentuk oleh protein dan RNA ribosom. Sejumlah ribosom terdapat dipermukaan RE kasar, sedangkan lainnya mengapung bebasdalam sitoplasma.Struktur : sangat kecil yang dibentuk oleh protein dan RNA ribosom. Sejumlah ribosom terdapat dipermukaan RE kasar, sedangkan lainnya mengapung bebasdalam sitoplasma. Fungsi : Sebagai tempat untuk sintesis protein.Fungsi : Sebagai tempat untuk sintesis protein. Aparatus golgi Struktur : merupakan serangkaian kantong membranosa dasar yang mirip tumpukan piring.Struktur : merupakan serangkaian kantong membranosa dasar yang mirip tumpukan piring. Fungsi : untuk sintesis karbohidrat dan membungkusFungsi : untuk sintesis karbohidrat dan membungkus

10 Mitokondria Struktur : organela berbentuk oval atau bulat di dalam sitoplasma, yang dibatasi oleh membrane ganda. Lapisan dalam membrane memiliki lipatan yang disebut Krista dan didalamnya berlangsung reaksi aerob respirasi sel yang memerlukan oksigen.Struktur : organela berbentuk oval atau bulat di dalam sitoplasma, yang dibatasi oleh membrane ganda. Lapisan dalam membrane memiliki lipatan yang disebut Krista dan didalamnya berlangsung reaksi aerob respirasi sel yang memerlukan oksigen. Fungsi : tempat respirasi sel sehingga merupakan tempat produksi ATP.Fungsi : tempat respirasi sel sehingga merupakan tempat produksi ATP.

11 Lisosom Struktur : Berupa membrane tunggal dalam sitoplasma yang mengandung enzim pencernaan.Struktur : Berupa membrane tunggal dalam sitoplasma yang mengandung enzim pencernaan. Fungsi : Berisi enzim untuk mencerna materi yang diingesti atau jaringan yang rusak.Fungsi : Berisi enzim untuk mencerna materi yang diingesti atau jaringan yang rusak.Sentriol Struktur : Berbentuk batang yang saling tegak lurus, terletak sedikit diluar nucleus.Struktur : Berbentuk batang yang saling tegak lurus, terletak sedikit diluar nucleus. Fungsi : Mengatur benang spindel selama pembelahan sel.Fungsi : Mengatur benang spindel selama pembelahan sel.

12 Silia dan flagella Struktur : Berbentuk tonjolan yang mirip benang bergerak yang menembus membrane sel, namun silia lebih pendek dari flagella.Struktur : Berbentuk tonjolan yang mirip benang bergerak yang menembus membrane sel, namun silia lebih pendek dari flagella. Fungsi : Silia ( menyapu materi yang melintasi permukaan sel), flagella ( Memungkinkan sel bergerak).Fungsi : Silia ( menyapu materi yang melintasi permukaan sel), flagella ( Memungkinkan sel bergerak).

13 Nukleus organel terbesar.organel terbesar. Ada di dalam seluruh sel tubuh kecuali pada sel darah merah yang matur/matang, yang kehilangan intinya saat berkembang.Ada di dalam seluruh sel tubuh kecuali pada sel darah merah yang matur/matang, yang kehilangan intinya saat berkembang. Umumnya setip sel memiliki satu nucleusUmumnya setip sel memiliki satu nucleus Kecuali beberapa sel raksasa, seperti sel megakariosit sumsum tulang, sel osteoklas tulang dan sel otot rangka, memiliki beberapa nucleus.Kecuali beberapa sel raksasa, seperti sel megakariosit sumsum tulang, sel osteoklas tulang dan sel otot rangka, memiliki beberapa nucleus.

14 Struktur : membrane nuclear disusun dari membrane ganda yang dipisahkan oleh ruang perinuklear.membrane nuclear disusun dari membrane ganda yang dipisahkan oleh ruang perinuklear. kromatin terlihat seperti gumpalan tidak beraturan atau granula basofilik kuatkromatin terlihat seperti gumpalan tidak beraturan atau granula basofilik kuat nukleoplasma adalah matriks yang menyelubungi kromatin.nukleoplasma adalah matriks yang menyelubungi kromatin. nukleolus adalah struktur sferikal yang tersusun dari RNA dan protein.nukleolus adalah struktur sferikal yang tersusun dari RNA dan protein.

15 Fungsi : Nukleus sangat penting untuk keseluruhan aktivitas selular.Nukleus sangat penting untuk keseluruhan aktivitas selular. Nukleus mengandung materi genetic sel (DNA) yang mengkode informasi untuk mengontrol sintesis protein dan reproduksi sel.Nukleus mengandung materi genetic sel (DNA) yang mengkode informasi untuk mengontrol sintesis protein dan reproduksi sel.

16

17 TUGAS : Carilah arti dari istilah klinis berikut ini. Benigna :_______________________Benigna :_______________________ Maligna :_______________________Maligna :_______________________ Karsinogen :_____________________Karsinogen :_____________________ Kemoterapi :_____________________Kemoterapi :_____________________ Metastasis :______________________Metastasis :______________________ Mutasi :_________________________Mutasi :_________________________ Penyakit genetik :_________________Penyakit genetik :_________________


Download ppt "STRUKTUR SEL. Tujuan pembelajaran : Mendefinisikan pengertian sel secara umumMendefinisikan pengertian sel secara umum Menguraikan deskripsi tentang selMenguraikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google