Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Anatomi Struktur Tulang pada Vertebrata  Asim Setiadi: 07008060  M.Ibnu Abaniyudin: 07008067  Nur Azizah: 08008021  Admaja Adi.D: 08008103  Ryan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Anatomi Struktur Tulang pada Vertebrata  Asim Setiadi: 07008060  M.Ibnu Abaniyudin: 07008067  Nur Azizah: 08008021  Admaja Adi.D: 08008103  Ryan."— Transcript presentasi:

1

2 Anatomi Struktur Tulang pada Vertebrata  Asim Setiadi:  M.Ibnu Abaniyudin:  Nur Azizah:  Admaja Adi.D:  Ryan Pratiwi:  Toyibah:  Nuryani Elisoni:  Evaliana Septiantari:

3 Kerangka pada vertebrata berupa endoskeleton (penutup internal). Kerangka berfungsi untuk menyangga tubuh, menyediakan tempat bagi otak serta sumsum tulang belakang. Pada semua vertebrata, kecuali cyclostomata, kerangka terdiri atas rangka untuk rahang dan sirip atau tungkai yang berpasangan. Rangkaian perkembangan kerangka pada vertebrata dapat dilacak walaupun terdapat banyak sekali perbedaannya seperti dalam hal ukuran, bentuk dan ada tidaknya unsur-unsur tertentu dalam kerangka.

4 Struktur Tulang Pada Pisces  Pada beberapa ikan modifikasi tulang penyokong sirip menjadi penyalur sperma ke dalam saluran reproduksi ikan betina. Secara tidak langsung rangka menentukan bentuk tubuh ikan yang beraneka ragam.Rangka yang menjadi penegak tubuh ikan terdiri dari tulang rawan dan tulang sejati. Pada pisces memiliki dua tipe rangka yaitu rangka axsial dan rangka visceral.

5 1. Rangka Axial Rangka axial terdiri dari tulang tengkorak, tulang belakang dan tulang rusuk. Secara umum perkembangan embrionik tengkorak ikan berasal dari tiga sumber, yaitu chondrocranium (neurocranium), dermocranium dan 38 splanchoranium. 2. Rangka visceral Rangka visceral terdiri dari struktur tulang yang menyokong insang dan mengelilingi pharynx. Struktur ini terdiri dari tujuh tulang lengkung insang. Dua lengkung insang yang pertama menjadi bagian dari tulang-tulang tengkorak. Sedangkan lima lainnya berfungsi sebagai penyokong insang

6 Struktur Tubuh Ikan Bertulang Keras

7 Struktur Tulang pada Amphibi  Rangka dari anggota kelas Amfibi/Amphibia dalam hal ini diwakili oleh katak, rangka katak tersusun atas endoskeleton yang disokong oleh bagian-bagian yang lunak Kelas Amphibi Salamander Katak Kintal Ichtyiosis

8 Pada fase kecebong masih bertulang lunak, selanjutnya fase dewasa bertulang keras. Tempurung kelapa, vertebrae dan sternum merupakan skeleton axialis, sedangkan kaki merupakan skeleton appendiculare. Tempururng kepala terdiri dari Carnium yang sempit Pasangan capsula sensoris dari Hidung camsula pendengaran Tulang rahang, os hyoid dan tulang Rawan dari larynx (skeleton viceral)

9 Tulang iga hanya pendek dan kurang berkembang sehingga tidak berhubungan dengan sternum seperti yang terjadi pada reptil, burung atau mamal. Sebagian besar amfibi mempunyai dua pasang tungkai dengan empat jari kaki pada kaki depan dan lima jari kaki belakang. Tulang punggung yang bersambung dengan kepala dan extrimitas berfungsi menyokong tubuh dan melindungi sumsum terdiri atas 9 columna vertebralis dan urostyl yang merupakan silindris, masing-masing vertebrae merupakan satu segmen pendek yang fleksibel seperti vertebrae lainnya. Tempat tumpuan extremitas anterior berupa cingulum cranialis (pectoral gridle) yang berbentuk sebagai rangka yang melingkari alat-alat dalam thorax. Tumpuan extremitas posterior berupa cingulum posterior (pelvic gridle) merupakan persatuan tulang yang mempunyai bentuk yanng terdiri atas os illium sebelah anterior, os oschium sebelah posterior dan os pubis sebelah ventral

10 SISTEM RANGKA

11

12

13 Struktur tulang Tipe tengkorak  Anapsid  memiliki lubang spesifik di daerah temporal  Euryapsid  memiliki sebuah penyambung supratemporal di ke dua sisi tengkorak  Sinapsid  memilki sepasang lubang infratemporal (spt mamal)  Diapsid  memilki libang supra dan infratemporal

14  Semua reptil memilki tulang septum orbitalis  Palatum sekunder  dr neres internal bagian belakang rongga mulut sepanjang nasal (b’kembang baik pd buaya)  Sebagian besar reptil memilki centrum tulang yang biasa disebut dengan procoelous  pada ular dan kadal tulang engsel di lengkapi dengan ligamen(kuadratik)

15 NURYANI ELISONI ANATOMI TULANG PADA AVES

16 SISTEM TULANG Sistem rangka aves memiliki bentuk unik. Tulangnya ringan terutama pada yang dapat terbang. Tulang aves yang besar mengandung lubang berisi udara pernapasan.

17 TULANG TENGKORAK saling menyatu. bagian tulang tengkorak bersendi dengan tulang leher pertama disebut kondilus oksipitalis. Rahang atas dan bawah memanjang sebagaian penopang paruh. Gigi pada modern seluruhnya lenyap Rahang bawah terdiri atas 5 tulang dan bersambung dengan tulang tengkorak yang dapat bergerak.

18 TULANG-TULANG AVES YANG LAIN Tulang iga burung berbentuk rata dan semuanya membentuk processus uncinatus. Sternum atau tulang dada sangat rata dan lebar. Sebagian besar tulang belakang menyatu dengan tulang dada oleh perantara tulang iga. Tulang skapula panjang dan ramping. Karakoid pendek dan kuat. Klavikula menyatu dan membentuk furkula.

19 Modifikasi rangka yang paling menyolok pada bagian anggota badan depan. Tulang betis kecil dan bersatu dengan tulang kering. Beberapa tulang pergelangan kaki seperti bersatu dengan ujung distal tibia disebut tibiotarsus. Sisa pergelangan kaki bersatu dengan metatarsal kedua membentuk tulang disebut tarsometatarsus. Jari kaki burung ada 4 dan kadang ada 3. Pada burung unta hanya 2 jari kaki.

20 Gambar-gambar kerangka aves

21 Struktur Tulang pada Mamalia Sistem rangka pada mamalia banyak mengalami proses penulangan tetapi juga terjadi pengurangan jumlah elemen rangka tubuh, contohnya tengkorak. Tulang prefrontal, postorbital, quadratojugal sangat mereduksi dan pada beberapa mammal 4 tulang oksipital bergabung. Tulang- tulang presfenoid, orbitosfenoid, basisfenoid, dan alisfenoid mungkin terpisah atau tergabung dengan tulang squamosal (squamosum) membentuk tulang temporal. Tulang rusuk mamal memiliki 2 kondilus (kepala) yaitu capitulum costa adalah kondilus bagian ventral yang bersendi pada bagian sentrum vertebra yang disebut parapofisis. Kondilus yang satunya lagi adalah tuberculum costa yaitu kondilus bagian dorsal yang bersendi pada bagian sentrum vertebra yang disebut dapofisis, sedangkan tulang iga atau sering dusebut true ribs bersambungan langsung dengan sternum (tulang dada).

22  Tulang selangka berkembang baik pada beberapa mamal tetapi mereduksi atau sama sekali pada mamal lainnya. Pengecualian pada kelompok paus dan sirenia, gelang pinggul terdiri atas 3 elemen tulang pada masing-masing sisi yang pada umumnya digabungkan membentuk tulang innomenate.

23 Rangka Manusia

24 Kesimpulan  Sistem rangka pada vertebrata terdapat perbedaan ukuran, bentuk dan fungsi dari masing-masing kerangka seperti menyangga tubuh, menyediakan tempat bagi otak serta sumsum tulang belakang.  Pisces dan mamalia dewasa sebagian besar terdiri atas tulang kartilago diatas permukaan sendi dan dibeberapa tempat lainnya. Pada aves memiliki 8 buah costae, pada amphibi rangka tersusun atas endoskleleton yang disokong oleh bagian-bagian lunak sedangkan pada reptil skeletonnya mengalami penulangan secara sempurna


Download ppt "Anatomi Struktur Tulang pada Vertebrata  Asim Setiadi: 07008060  M.Ibnu Abaniyudin: 07008067  Nur Azizah: 08008021  Admaja Adi.D: 08008103  Ryan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google