Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BUSINESS PLAN. Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BUSINESS PLAN. Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba."— Transcript presentasi:

1 BUSINESS PLAN

2 Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.

3 RENCANA S M A R T istematic EASURABLE cceptable ealistic / Relevant imely 5 W + 1 H Why What Who When Where How

4 4 Fungsi Utama Bisnis MARKETING (Pemasaran) Operational (Operasi/Produksi) Human Resource (Sumber Daya Manusia) FINANCIAL (Keuangan)

5 Business Plan Pedoman bagi pihak manajemen dalam menjalankan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mempertimbangkan kondisi perubahan lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Pedoman bagi pihak manajemen dalam menjalankan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mempertimbangkan kondisi perubahan lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Sebagai alat untuk menunjukkan prospek dan performance perusahaan kepada stakeholders. Sebagai alat untuk menunjukkan prospek dan performance perusahaan kepada stakeholders.

6 Kegunaan Business Plan: Kegiatan bisnis yg akan dilaksanakan /sedang berjalan tetap pada jalur yg direncanakan Pedoman untuk mempertajam rencana- rencana yang diharapkan Alat untuk mencari sumber daya (dana, dewan komisaris, networking) dari pihak ketiga (investor, lembaga keuangan dll)

7 3 bagian utama Perencanaan Bisnis: 1.Yang pertama adalah Konsep Bisnis, yang menjelaskan secara rinci industri yang digeluti, struktur bisnis, produk dan jasa yang ditawarkan dan bagaimana rencana untuk mensukseskan bisnis. 2.Yang kedua adalah market/pasar, yang membahas dan menganalisa konsumen potensial: siapa dan dimana mereka berada, apa yang menyebabkan mereka mau membeli, dan lain-lain. Dalam bagian ini, juga perlu menjelaskan persaingan yang akan dihadapi dan bagaimana memposisikan diri untuk memenangkannya. 3.Yang ketiga adalah Finansial, mencakup estimasi pendapatan dan arus kas, neraca serta rasio keuangan lainnya, seperti analisis break even. Untuk ini mungkin akan memerlukan bantuan seorang akuntan dan program software spreadsheet yang bagus.

8 Isi Business Plan LAMPIRAN 1. RINGKASAN EKSEKUTIF 2. PROFIL PERUSAHAAN 3. ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN 4. ANALISIS PRODUKSI 5. ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA 6. PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI 7. ANALISIS KEUANGAN

9 1. RINGKASAN EKSEKUTIF Ringkasan eksekutif merupakan pintu masuk ke rencana bisnis kita. Ringkasan sebaiknya hanya outline dan lebih menekankan pada butir-butir utama saja.  ringkasan yang menjadi titik perhatian (highlight) perencanaan bisnis. ditulis setelah dokumen perencanaan bisnis selesai dibuat  tujuan : memberikan gambaran perencanaan bisnis pengusul kepada ‘pembaca’.  Harus jelas, tepat dan singkat (maks 2 hal)  Mengungkapkan :  mengapa direncanakan /bergelut di bidang ini  cara mengimplementasikan, keinginan-keinginan yang hendak kita capai

10 2. PROFIL PERUSAHAAN DATA PERUSAHAAN BIODATA PEMILIK / PENGURUS STRUKTUR ORGANISASI KONSULTAN PENDAMPING SUSUNAN PEMEGANG SAHAM

11 3. ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN GAMBARAN PASAR SEGMEN DAN TARGET PASAR YANG DITUJU TREND PERKEMBANGAN PASAR PROYEKSI PENJUALAN STRATEGI PEMASARAN

12 4. ANALISIS PRODUKSI PROSES PRODUKSI BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA KAPASITAS PRODUKSI SOP KEGIATAN OPERASIONAL (PEMESANAN BARANG, PENERIMAAN BARANG, PRODUKSI, PENGEPAKAN, PENGIRIMAN, AFTER SALES)

13 5. ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM) ANALISIS KOMPETENSI SDM

14 6. PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI RENCANA PEMANFAATAN TI PERALATAN DAN SISTEM YANG SUDAH DIMILIKI

15 7. ANALISIS KEUANGAN PROYEKSI ARUS KAS PROYEKSI ARUS KAS RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI

16 LAMPIRAN ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS ANALISIS INVESTASI KELENGKAPAN PERIJINAN PETA LOKASI FOTO PRODUK

17 Terima Kasih


Download ppt "BUSINESS PLAN. Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google