Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMUNIKASI PENDIDIKAN. Pembahasan Pengertian Komunikasi Ruang Lingkup Komunikasi Peran Komunikasi dalam Pendidikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMUNIKASI PENDIDIKAN. Pembahasan Pengertian Komunikasi Ruang Lingkup Komunikasi Peran Komunikasi dalam Pendidikan."— Transcript presentasi:

1 KOMUNIKASI PENDIDIKAN

2 Pembahasan Pengertian Komunikasi Ruang Lingkup Komunikasi Peran Komunikasi dalam Pendidikan

3 Pengertian Komunikasi  Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”),secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis. Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.

4  Komunikasi secara terminologis merujuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi dalam pengertian ini yang terlibat dalam komunikasi adalah manusia.

5 Pengertian komunikasi dari beberapa tokoh : Komunikasi adalah suatu proses interaksi yang mempunyai arti antara sesama manusia. (Delton E. Farland) Komunikasi adalah proses social, dalam arti pelemparan pesan/lambang yang mana mau tidak mau menimbulkan pengaruh pada semua proses dan berakibat pada bentuk perilaku manusia dan adat kebiasaan. (William Albig)

6 Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau informasi tentang pikiran atau perasaan. (Roben.J.G) Komunikasi adalah sebagai pemindahan informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain. (Davis) Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku. (Everet M. Rogers)

7 RUANG LINGKUP KOMUNIKASI  Bentuk komunikasi (komunikasi personal, komunikasi kelompok, dan komunikasi massa)  Jenis komunikasi (komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal)  Metode komunikasi (jurnalistik, hub.masyarakat, periklanan, propaganda)

8  Teknik komunikasi (memberitahu, membujuk, memaksa, memerintah)  Fungsi komunikasi (menginformasikan, mendidik, menghibur, mempengaruhi)  Tujuan komunikasi (mengubah sikap, opini, perilaku, masyarakat)

9  Model komunikasi (komunikasi satu arah, dua arah, dan banyak arah)  Bidang komunikasi (komunikasi sosial, bisnis, politik, budaya, dll)

10  Sistem komunikasi (sistem tanggung jawab sosial, dan sistem otoriter)  Saluran komunikasi (saluran impersonal, dan saluran interpersonal)

11 Peran Komunikasi dalam Pendidikan Pada pelaksanaan pendidikan formal atau pendidikan melalui lembaga-lembaga pendidikan sekolah, tampak jelas bahwa proses komunikasi sangat dominan kedudukannya. Pendidikan bukan sekadar mengajari anak- anak supaya menjadi lebih baik, menjadi pintar, atau sekadar berkomunikasi dengan mereka yang isinya memberi nasehat supaya mereka berperilaku baik.

12 Pendidik menyampaikan pesan, mengajar, memberikan data dan fakta untuk kepentingan pendidikan, merumuskan kalimat yang baik dan benar, semuanya hanya bisa dilakukan dengan penggunaan informasi komunikatif. Berbeda dengan komunikasi untuk hal-hal yang lainnya, komunikasi pendidikan mempunyai tujuan yang jelas, yakni untuk merubah perilaku peserta didik ke arah yang lebih berkualitas

13 Tujuan Pendidikan akan tercapai jika prosesnya komunikatif. Dalam menyajikan materi pelajarannya pendidik sebaiknya bukan hanya dengan metode ceramah saja sebaiknya juga dengan metode diskusi Selanjutnya tujuan akhir dari komunikasi tersebut (metode diskusi)adalah untuk mencapai keberhasilan pendidikan itu sendiri.

14 MATUR NUWUN


Download ppt "KOMUNIKASI PENDIDIKAN. Pembahasan Pengertian Komunikasi Ruang Lingkup Komunikasi Peran Komunikasi dalam Pendidikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google