Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS GURU (Manajemen Pendidikan). Pengambilan Keputusan Motivasi Komunikasi Kepemimpinan Layanan Khusus Supervisi dan Pengawasan Manajemen Waktu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS GURU (Manajemen Pendidikan). Pengambilan Keputusan Motivasi Komunikasi Kepemimpinan Layanan Khusus Supervisi dan Pengawasan Manajemen Waktu."— Transcript presentasi:

1 TUGAS GURU (Manajemen Pendidikan)

2 Pengambilan Keputusan Motivasi Komunikasi Kepemimpinan Layanan Khusus Supervisi dan Pengawasan Manajemen Waktu

3 A. Pengambilan Keputusan Pengambilan keputusan dilakukan setiap orang dalam kehidupan, karena setiap individu dalam hidupnya selalu dihadapkan pada pilihan, tantangan dan masalah. Begitupun seorang guru sebagai manajer terdepan yang senantiasa dituntut untuk menyusun perencanaan pembelajaran dan melaksanakan penilaian-evaluasi.

4 Tipe-tipe Keputusan Keputusan yang terpogram Keputusan yang tidak terpogram Keputusan dengan kepastian, resiko dan ketidakpastian

5 Proses Pengambilan Keputusan Pemahaman dan perumusan masalah Pengumpulan data dan analisa data Pengembangan alternatif-alternatif Evaluasi alternatif-alternatif Pemilihan alternatif terbaik Implementasi dan keputusan Evaluasi hasil keputusan

6 B. Motivasi Adalah suatu dorongan dari dalam diri yang merupakan pradisposisi terwujudnya tingkah laku Begitupun seorang guru sebagai manajer terdepan yang senantiasa dituntut untuk menyusun perencanaan pembelajaran dan melaksanakan penilaian-evaluasi.

7 Model-model Motivasi Model Tradisional, model ini berpendapat bahwa memotivasi dapat dibandingkan dengan upah Model Hubungan Manusiawi, model ini menunjukkan kepuasan sebagai dampak perlakuan guru kepada siswa secara manusiawi, yaitu : bersikap demokratis, adil, siswa dapat membuat keputusan sendiri Model SDM, model ini menunjukkan bahwa siswa dan kepuasannya diperoleh dari kualitas SDM guru tersebut

8 Teori-teori Motivasi Teori Kebutuhan, teori ini menekankan pentingnya pengertian akan faktor internal individu yang disebut kebutuhan atau motif yang menyebabkan mereka memilih kegiatan, cara atau perilaku tertentu untuk memuaskan kebutuhan yang dirasakan. Jadi teori ini dapat menuntun guru dalam memotivasi siswa baik secara individu maupun kelompok. Teori Proses, menekankan pada penguatan positif dan penguatan negatif, dimana perilaku yang diikuti dengan konsekuensi-konsekuensi hukuman cenderung tidak diulang, sebaiknya perilaku positif akan cenderung diulang oleh obyek bila dipuji, dihargai dan diakui.

9 Penguat positif diberikan melalui : - memberi perhatian ekstra - memberi pujian - memberi hadiah Penguat negatif diberikan melalui : - teguran atau sindiran - ajakan atau anjuran - ancaman dan saksi - hukuman bentuk fisik dan psikis (time out, token, pukulan, bentakan)

10 C. Konsep Komunikasi Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi atau pesan Komunikasi adalah suatu proses penyampaian gagasan-gagasan dari individu kepada pihak lain Komunikasi adalah proses menciptakan arti atau ide gagasan atau konsep Komunikasi bisa berlangsung secara verbal dan non verbal

11 Unsur-unsur penting dalam komunikasi : Komunikator Pesan Media Komunikasi Komunikan

12 Hambatan-hambatan dalam komunikasi : Menganggap diri berbeda dengan lawan bicara, menempatkan diri lebih tinggi atau lebih rendah Sikap menilai, meliputi : mengkritik, memberikan panggilan yang tidak menyenangkan, mendiagnosis dan melakukan evaluasi Mengganggu perhatian atau pembicaraan Kondisi emosional yang tidak stabil

13 Kiki, Amin, Hadi, Yadi dan Yusuf berencana besok lusa sekitar ba’da Ashar akan belajar kelompok dirumah Robert untuk membahas soal-soal latihan Matematika, Biologi dan Fisika, setelah itu mereka berencana bertemu dengan Anjar, Hery, Aditya, Arif & Dony untuk bermain futsal di Cilandak Town Square setelah itu mereka semua akan menjenguk Devi Nura’aeni yang sedang di rawat di RS. Setia Mitra, karena itu semua kumpul di kantin jam 1 siang untuk membahas rencana tersebut.


Download ppt "TUGAS GURU (Manajemen Pendidikan). Pengambilan Keputusan Motivasi Komunikasi Kepemimpinan Layanan Khusus Supervisi dan Pengawasan Manajemen Waktu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google