Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kepemimpinan Pendidikan Konsep Kepemimpinan  Kepemimpinan merupakan inti dari manajemen. Karena kepemimpinan merupakan motor penggerak dari semua sumber.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kepemimpinan Pendidikan Konsep Kepemimpinan  Kepemimpinan merupakan inti dari manajemen. Karena kepemimpinan merupakan motor penggerak dari semua sumber."— Transcript presentasi:

1

2 Kepemimpinan Pendidikan

3 Konsep Kepemimpinan  Kepemimpinan merupakan inti dari manajemen. Karena kepemimpinan merupakan motor penggerak dari semua sumber dan alat (resources) yang terdpat dalam org. itu.  Resources digolongkan menjadi dua yaitu human resources dan non human resources

4 Tugas utama pemimpin Membentuk dan memelihara lingkungan dimana para anggota bekerja sama dalam kelompok yang terorganisir untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kepemimpinan merupakan aktivitas manajerial yang penting dalam setiap organisasi khususnya dalam pengambilan kebijakan/keputusan sebegai inti dari kepemimpinan.

5 Lanjutan… Pemimpin yang efektif adalah pemimpin yang anggotanya dapat merasakan bahwa “kebutuhan” mereka terpenuhi, baik kebutuhan bekerja, motivasi, rekreasi, kesehatan, kesejahteraan, dll.

6 Pengertian Kepemimpinan (Gary Yukl) Proses mempengaruhi dan menterjemahkan keinginan para anggota yang menekankan pada tujuan dan sasaran organisasi melalui kegiatan memberi motivasi, memelihara hubungan kerjasama, yang baik dengan anggota, dan memberi dukungan pada kelompok tertentu di luar organisasi maupun dalam organisasi.

7 Pengertian Kepemimpinan (Boles)  Suatu proses atau sejumlah aksi dimana satu orang atau lebih menggunakan pengaruh, wewenang atau kekuasaan terhadap orang lain dalam menggerakan sistem sosial untuk mecapai tujuan.

8 Kepemimpinan Pendidikan Menurut Gordon Hubungan pimpinan dengan staf berpengaruh positif terhadap efekrtivitas kepemimpinan. Oleh karena itu hubungan dengan staf harus dijalin dengan harmonis.

9 Kepemimpinan Pendidikan Menurut Russel TTingkah laku pimpinan pendidikan dalam menggerakkan org. adalah melakukan peran aktif dalam kegiatan pengembangan staf, memperbaiki unjuk kerja pengajaran, melakukan kepemimpinan pengajaran langsung pada guru, meyakinkan bahwa unjuk kerja guru di kelas dievaluasi dan menjadi model yang efektif

10 Ciri Kepemimpinan Pendidikan Manusiawi Memandang jauh ke depan (visioner) Inspiratif (kaya akan gagasan) Percaya diri.

11 Gaya Kepemimpinan Pendidikan  Gaya kepemimpinan otokratis, yaitu pemimpin membuat keputusan sendiri, karena kekuasaan terpusatkan pada satu orang,ia memikul tanggung jawab dan wewenang penuh. Gaya otokrasi berdasarkan pada pendirian bahwa segala aktivitas dalam organisasi akan dapat berjalan lancar dan berhasil mencapai tujuan yang telah ditentukan apabila semuanya semata-mata diputuskan/ditentukan oleh pimpinan.

12 Gaya demokratis (partsipatif) yaitu pemimpin yang berkonsultasi dengan kelompok. Gaya domokrasi berlandaskan pada pemikiran bahwa aktivitas dalam org akan berjalan lancar mencapai tujuan apabila berbagai masalah yang timbul diputuskan bersama antara pimpinan dan anggota.

13 Lanjutan… Gaya kepemimpinan kendali bebas yaitu pemimpin memberi kekuasaan pada bawahan, kelompok dapat mengembangkan gagasannya sendiri dan memecahkan masalahnya sendiri, pengarahan dari pimpinan hampir tidak ada.

14 Lanjutan… Gaya kendali bebas bertitik tolak dari pemikiran bahwa segala aktivitas dalam organisasi akan berjalan lancar dan berhasil mencapai tujuan, apabila pada bawahan diberi keleluasaan memutuskan segala apa yang dikehendaki dan melaksnakannya sesuai dengan yang dikehendaki.

15 Orientasi Kepemimpinan Berdasarkan teori kepemimpinan kontingensi Fred Fiedler terdapat dua orientasi yaitu:  Pemimpin yang berorientasi pada tugas, dan  Pemimpin yang berorientasi pada hubungan manusia.

16 Teori Kepemimpinan Situasional dari Hersey dan Blanchard 1. Gaya memberitahukan (telling style) yaitu tugas tinggi hubungan rendah sifatnya one way traffic atau mendikte 2. Gaya menjual (selling style), yaitu tugas tinggi hubungan tinggi, walaupun sudah ada pengarahan tetapi sudah mulai ada komunikasi dua arah

17 Lanjutan… 3. Gaya partisipatif (participating style) yaitu tugas rendah hubungan tinggi. Pimpinan dan anggota memiliki kedudukan yang sama memberikan andil dua arah. 4. Gaya pendelegasian (delegating style) yaitu hubungan rendah tugas rendah. Artinya yang dipimpin dipercaya mengambil inisiatif sendiri untuk melakukan tugasnya, karena mereka dianggap telah matang.

18 Gambar Teori Kepemimpinan Situasional

19 Yowis…


Download ppt "Kepemimpinan Pendidikan Konsep Kepemimpinan  Kepemimpinan merupakan inti dari manajemen. Karena kepemimpinan merupakan motor penggerak dari semua sumber."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google