Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rekayasa Perangkat Lunak 1 Pengantar. Software (1) Perintah (program komputer) yang bila dieksekusi memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diinginkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rekayasa Perangkat Lunak 1 Pengantar. Software (1) Perintah (program komputer) yang bila dieksekusi memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diinginkan."— Transcript presentasi:

1 Rekayasa Perangkat Lunak 1 Pengantar

2 Software (1) Perintah (program komputer) yang bila dieksekusi memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diinginkan Struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi secara proporsional Dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program

3 Sifat software : Software dibangun atau direkayasa, tidak diproduksi seperti barang Software tidak usang, tapi menjadi tidak sesuai dengan semestinya karena perubahan di lingkungannya Software dibangun sesuai dengan kebutuhan, dimodifikasi sesuai dengan situasi Software (2)

4 Software (3) TUJUH Kategori Software : software sistem : compiler, editor, file manager utility software aplikasi: aplikasi untuk kebutuhan bisnis software ilmiah: simulasi, CAD software tertanam : program untuk microwave, mesin cuci software produk:spreadsheet, word processing, multimedia (produk untuk umum) aplikasi web : aplikasi web untuk e-commerce, aplikasi untuk e-govt software kecerdasan buatan: aplikasi pengenalan pola retina mata, sidik jari, robotika

5 Rekayasa Perangkat Lunak: adalah suatu disiplin rekayasa yang berkonsentrasi terhadap seluruh aspek produksi perangkat lunak. mengadopsi pendekatan yang sistematis dan terorganisir terhadap pekerjaannya dan menggunakan tool yang sesuai serta teknik yang ditentukan berdasarkan masalah yang akan dipecahkan, kendala pengembangan dan sumber daya yang tersedia

6 Produk Perangkat Lunak Generik – dibuat untuk dijual ke suatu kumpulan pengguna yang berbeda Bespoke (custom) – dibuat untuk suatu pengguna tunggal sesuai dengan spesifikasinya.

7 Proses Perangkat Lunak Sekumpulan aktifitas yang memiliki tujuan untuk pengembangan ataupun evolusi perangkat lunak. Spesifikasi – apa yang harus dilakukan oleh perangkat lunak dan batasan/kendala pengembangannya Pengembangan – proses memproduksi sistem perangkat lunak Validasi – pengujian perangkat lunak terhadap keinginan penggunak Evolusi – perubahan perangkat lunak berdasarkan perubahan keinginan.

8 Jangkauan Rekayasa Perangkat Lunak Software dikatakan sukses pada saat perangkat lunak kalau :  memenuhi keperluan/kebutuhan penggunanya  melakukan proses tanpa kerusakan atau kekurangan dalam jangka waktu yang panjang  mudah untuk dimodifikasi  mudah untuk digunakan

9 Rekayasa Perangkat Lunak rekayasa perangkat lunak memberi bimbingan / petunjuk dalam membangun perangkat lunak seperti :  model proses apa yang digunakan  mengumpulkan kebutuhan dari pengguna  perancangan dan analisis  manajemen proyek pembangunan  penjaminan mutu produk  pengujian  rekayasa kembali (reengineering)

10 Model Proses Perangkat Lunak Representasi abstrak suatu model. Proses model menampilkan suatu deskripsi suatu proses dari beberapa perspektif tertentu. Aktifitas yang saling terkait (koheren) untuk menspesifikasikan, merancang, implementasi dan pengujian sistem perangkat lunak.

11 Model Process: Waterfall Model

12 Waterfall Model Aktifitas-aktifitas pada waterfall model adalah :  requirements definition  system and software design  Implementation and unit testing  Integration and system testing.  operation and maintenance

13 Pe-eR minggu depan!!! Model proses: Waterfall model V-model Evolutionary Prototyping Component-Based Development Extreme Programming

14 Tugas ANDA Buat kelompok maksimal 4 orang untuk tugas ini Cari bahan tentang salah satu model proses kemudian presentasikan karakteristiknya Format : Max 3 hal A4, diketik rapi, isi : nama model proses, Deskripsi + bagan (poin1), karakteristik + fase (point2) dan keuntungan + kerugian + penerapan (point3)


Download ppt "Rekayasa Perangkat Lunak 1 Pengantar. Software (1) Perintah (program komputer) yang bila dieksekusi memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diinginkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google