Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEORI PRODUKSI DAN KEGIATAN PERUSAHAAN BENTUK-BENTUK ORGANISASI PERUSAHAAN Perusahaan Perseorangan Perusahaan Perkongsian atau firma Perseroan terbatas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEORI PRODUKSI DAN KEGIATAN PERUSAHAAN BENTUK-BENTUK ORGANISASI PERUSAHAAN Perusahaan Perseorangan Perusahaan Perkongsian atau firma Perseroan terbatas."— Transcript presentasi:

1

2 TEORI PRODUKSI DAN KEGIATAN PERUSAHAAN

3 BENTUK-BENTUK ORGANISASI PERUSAHAAN Perusahaan Perseorangan Perusahaan Perkongsian atau firma Perseroan terbatas Bentuk lain organisasi perusahaan

4 Perusahaan Perseorangan Perusahaan perseorangan adalah organisasi perusahaan yang terbanyak jumlahnya dalam setiap perekonomian.

5 Perusahaan Perkongsian atau Firma Organisasi perusahaan yang dimiliki oleh beberapa orang. Mereka sepakat untuk secara bersama menjalankan suatu usaha dan membagi keuntungan yang diperoleh berdasarkan perjanjian yang disepakati bersama. Modal perusahaan dikumpulkan dari anggota-anggota perkongsian tersebut dan mereka juga meminjam modal dari lembaga- lembaga keuangan.

6 Perseroan Terbatas Organisasi perusahaan yang berbentuk perseroan terbatas adalah bentuk perusahaan yang paling penting

7 Bentuk Lain Organisasi Perusahaan Perusahaan milik negara Perusahaan ini lebih dikenal sebagai BUMN (badan usaha milik negara) pada umumnya perusahaan negara dikelola seperti perusahaan perseroan terbatas, perbedaanyan terletak pada pemilikan perusahaan tersebut, yaitu saham-saham dari perusahaan negara adalah dimiliki oleh pemerintahan. Perusahaan koperasi Perusahaan koperasi adalah perusahaan yang didirikan bukan unyuk mencari keuntungan tetapi untuk melindungi kepentingan anggotanya.

8 TUJUAN PERUSAHAAN Melakukan kegiatan memproduksi sampai pada tingkat dimana keuntungan mereka mencapai jumlah yang maksimum.pemaksimumam keuntungan bukanlah satu- satunya tujuan perusahaan.Ada perusahaan yang memekankan kepada volume penjualan dan ada pula yang memesukkan pertimbangan politik dalam menentukan tingat produksi yang akan dicapai.Ada pula perusahaan yang lebih menekankan kepada usaha untuk mengabdi kepentingan masyarakat dan kurang memperhatikan tujuan mencari keuntungan yang maksimum.

9 FUNGSI PRODUKSI Hubungan di antara faktor-faktor produksi dan tingkst produksi yang diciptakannya di namakan fungsi produksi. Faktor-faktor produksi, seperti telah dijelaskan, dapat dibedakan kepada empat golongan, yaitu tenaga kerja, tanah, modal dan keahlian keusahawan.

10 TEORI PRODUKSI DENGAN SATU FAKTOR BERUBAH Teori produksi yang sederhana menggambarkan tentang hubungan diantara tingkat produksi suatu barang dengan jumlah tenaga kerja yang digunakan untuk menghasilkan berbagai tingkat produksi barang tersebut. Dalam analisis tersebut dimisalkan bahwa faktor- faktor produksi lainnya adalh tetap jumlahnya, yaitu modal dan tanah jumlahnya dianggap tidak mengalami perubahan. satu-satunya faktor produksi yang dapat diubah jumlahnya adalah tenaga kerja.

11 PERUSAHAAN DITINJAU DARI SUDUT TEORI EKONOMI Dalam teori ekonomi, pemisalan terpenting dalam menganalisis kegiatan perusahaan adalah mereka akan melakukan kegiatan memproduksi sampai tingkat dimana keuntungan mereka mencapai jumlah yang maksimum. Dalam praktek, pemaksimuman keuntungan bukanlah satu-satunya tujuan perusahaan. Ada perusahaan yang menekankan kepada volume penjualan dan ada pula yang memasukkan pertimbangan politik dalam menentukan tingkat produksi yang akan dicapai.

12 CARA MENCAPAI TUJUAN MEMAKSIMUMKAN KEUNTUNGAN Keuntungan atau kerugian adalah perbedaan antara hasil penjualan dan biaya produksi. Keuntungan diperoleh apabila hasil penjualan melebihi dari biaya produksi, dan kerugian akan dialami apabila hasil penjualan kurang dari biaya produksi. Keuntungan maksimum dicapai apabila perbedaan di antara hasil penjualan dan biaya produksi mencapai tingkat yang lebih besar

13 Dalam Memperoleh Keuntungan Maksimum Ada Aspek Yang Harus Dipikirkan Produsen 1.Fungsi Produksi Fungsi produksi dapat didefinisikan dalam dua pengertian yaitu : Hubungan diantara tingkat produksi yang dapat dicapai dengan faktor-faktor produksi yang digunakan untuk mewujudkan tingkat produksi tersebut. Suatu kurva yang menunjukkan tingkat produksi yang dicapai dengan berbagai jumlah tenaga kerja yang digunakan.

14 Lanjutan 2.Peminimuman Biaya Produksi Selain menentukan komposisi faktor produksi yang akan meminimumkan biaya produksi, produsen perlu memperhatikan : Besarnya pembayaran kepada faktor produksi tambahan yang akan digunakan. Besarnya pertambahan hasil penjualan yang diwujudkan oleh faktor produksi yang ditambah tersebut.

15 TEORI PRODUKSI DENGAN SATU FAKTOR BERUBAH Teori produksi yang sederhana menggambarkan tentang hubungan diantara tingkat produksi suatu barang dengan jumlah tenaga kerja yang digunakan untuk menghasilkan tingkat produksi barang tersebut. Dalam analisis tersebut dimisalkan bahwa faktor-faktor produksi lainnya adalah tetap jumlahnya yaitu modal, tanah, dan teknologi. Satu-satunya faktor produksi yang dapat diubah jumlahnya adalah tenaga kerja.

16 HUKUM HASIL LEBIH YANG SEMAKIN BERKURANG Hukum hasil lebih yang semakin berkurang menyatakan bahwa apabila faktor produksi yang dapat diubah jumlahnya (tenaga kerja) terus menerus ditambah sebanyak satu unit, pada mulanya produksi total akan semakin banyak pertambahannya, tetapi sesudah mencapai suatu tingkat tertentu produksi tambahan akan semakin berkurang dan akhirnya mencapai nilai negatif. Sifat pertambahan produksi seperti ini menyebabkan pertambahan produksi total semakin lambat dan akhirnya ia mencapai tingkat yang maksimum dan kemudian menurun.

17 Tiga Tahap Tingkat Produksi dan Jumlah Tenaga Kerja 1.Produksi total mengalami pertambahan yang semakin cepat. 2.Produksi total pertambahannya semakin lambat. 3.Produksi total semakin lama semakin berkurang.

18 PRODUKSI TOTAL, PRODUKSI RATA-RATA DAN PRODUKSI MARJINAL Produksi total adalah jumlah produksi yang dihasilkan oleh sejumlah tenaga kerja tertentu. Produksi marjinal adalah tambahan produksi yang akan berlaku apabila seunit (seorang) tenaga kerja ditambah

19 TEORI PRODUKSI DENGAN DUA FAKTOR BERUBAH 1. KURVA PRODUKSI SAMA (ISOQUANT) Kurva isoquant adalah suatu kurva yang menggambarkan gabungan dua factor produksi yang berbeda yang akan menghasilkan satu tingkat produksi tertentu. 2. GARIS BIAYA SAMA (ISOCOST) Kurva isocost adalah suatu kurva yang menggamrkan gabungan dua faktor produksi yang digunakan untuk menghasilkan sesuatu barang yang memerlukan biaya yang sama.


Download ppt "TEORI PRODUKSI DAN KEGIATAN PERUSAHAAN BENTUK-BENTUK ORGANISASI PERUSAHAAN Perusahaan Perseorangan Perusahaan Perkongsian atau firma Perseroan terbatas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google