Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INTERPERSONAL SKILLS Komunikasi Non-Verbal: Body Language (Bagian 5)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INTERPERSONAL SKILLS Komunikasi Non-Verbal: Body Language (Bagian 5)"— Transcript presentasi:

1 INTERPERSONAL SKILLS Komunikasi Non-Verbal: Body Language (Bagian 5)
Oleh :Achmad Choiron. S.Kom.,MT.

2 Efektifitas Komunikasi
38% What we say How we say it Body language 55% 7% FACTORS FOR SUCCESSFUL COMMUNICATION (Albert Meharabien)

3 BODY LANGUAGE

4 SETIAP GERAKAN ANDA MENCERITAKAN RAHASIA ANDA
Non Verbal Intonasi Body Language Kinesics Gesture Face Expression SETIAP GERAKAN ANDA MENCERITAKAN RAHASIA ANDA

5

6

7 Definisi Komunikasi Non-Verbal
Gerak (gestures), postur, dan ekspresi wajah dengan mana seseorang memanifestasikan keadaan fisik, mental, atau berbagai emosi dan berkomunikasi nonverbal dengan orang lain. Sederhananya, komunikasi tanpa menggunakan kata-kata (Informatif, Berbeda, Umum)

8 Bentuk Komunikasi Non Verbal?
Gerakan Tubuh (gestures) Ekspresi Wajah (Facial Expressions) Karakteristik Fisik (Physical Characteristics) Artifacts Sentuhan (Touch haptic communication) Ruang dan Jarak (Space and Distance Proxemics) Waktu (Time) Cara bicara (paralanguage)

9 1. Body Motions and Facial Expressions
Setiap gerakan wajah, tangan, kaki, batang tubuh, atau bagian tubuh lain yang berkomunikasi; Hal tersebut mengekspresikan ide-ide, perasaan, dan sikap seseorang

10 Implikasi Komunikasi tanpa kata : Pesan yang disampaikan justru lebih banyak secara non-verbal Komunikasi tanpa melihat dan mendengar isyarat-isyarat non-verbal, akan lebih mudah untuk salah paham. Ketika kita ragu dengan pesan yang disampaikan, kita akan lebih memperhatikan apa yang kita dengar dan kita lihat

11 “All body movements have meanings- none are accidental”
Dr. Birdwhistell Dr. Birdwhistell , Senior Research Scientist at the eastern Pennsylvania Psychiatric Institute (1952) cited by McGough, 1974) “Unconscious body language akurat dan lebih bisa dipercaya daripada kata-kata”

12 Apa Untungnya Belajar Body Language
Komunikasi yang Lebih Baik. Lebih mudah memahami orang lain pada apa yang mereka katakan dan mereka sembunyikan dari kita.

13 Komunikasi yang lebih baik dengan teknik melengkapi, mengulang, dan mengatur apa yang kita akan sampaikan. Menghindari dari jebakan penipuan (atau kita sendiri yang menipu?  )

14 Kesimpulannya Kita dapat mengetahui sikap orang lain dan bagaimana mereka berdasarkan ekspresi wajah, gerakan tubuh, penampilan, pakaian dan aksesorisnya, sikap tubuh, dan kemauan untuk kontak mata.

15 Karakteristik Komunikasi Non Verbal
Gunakan – kapanpun dan dimanapun Kita selalu berkomunikasi (suka atau tidak suka) Makna komunikasi tergantung juga dari konteksnya Komunikasi Non Verbal lebih bisa dipercaya Komunikasi Non verbal adalah cara utama dalam mengekspresikan perasaan dan sikap

16 Fungsi Komunikasi Non Verbal
Pelengkap Komunikasi Coba katakan ke teman di depan anda. “Hallo” “Aduh aku lapar nih” “Yes! Nanti malam kita ada pesta” “Kasihan banget ya kamu” “Yang ini keren Bro, bodynya wuih kayak gitar spanyol”

17 2. Pengulangan Perilaku Coba katakan: “Wah, saya sangat setuju sekali” “Terimakasih teman, sekali lagi terimakasih” Coba praktekan, Bagaimana cara anda meminta Calon Penumpang yang ribut karena penundaan jadwal penerbangan?

18 3. Mengatur Pembicaraan Ada teman anda yang curhat dan bercerita panjang lebar, apa yang akan anda katakan untuk menanggapi bahwa anda sedang mendengarkannya? Dalam pembicaraan, ada kalimat yang tidak jelas anda dengar, apa yang akan anda ucpkan? Teman anda bercerita hal yang tidak masuk akal, Kalimat apa yang anda utarakan?

19 4. Penekanan Biasanya diikuti dengan intonasi yang tinggi Katakan: “Siapa pak, saya bersedia!” “Mulai sekarang, Kita harus berubah! Tidak besok, tidak lusa, tapi SEKARANG!” Apa yang akan anda ucapkan ketika Ada berita teman kos kecelakaan Anda mengetahui seorang teman dipecat

20 5. Pertukaran Berkomunikasi karena hambatan terjadinya hambatan komunikasi verbal Peragakan: Anda mengutarakan tidak tahu Menyuruh teman anda diam tanpa kata Gunakan mata untuk mengotrol perilaku orang lain.

21 6. Menipu atau Mengelabui
Komunikasi Non verbal digunakan untuk mengelabui dan mengirimkan pesan yang salah. “Poker Face” Menangis ketika berbohong Curang ketika ujian

22 2. Ekspresi Wajah

23

24 Pergerakan Mata “The eyes of men converse as much as their tongues”
- Ralph Waldo Emerson

25 Kontak Mata Berapa lama normalnya kontak mata?
Gunakana aturan 3 detik Ekspresikan perasaan (bahagia, marah, sedih) dengan Tatapan Mata

26

27

28

29

30

31

32

33 Apa yang “mata” katakan?
shifty eyes Introverts vs extroverts “non person treatment” vs “civil inattention” Blinking

34 Senyum senyum biasa  bibir ringan bersama
Atas senyum  hanya atas menunjukkan gigi (digunakan dalam salam, dengan beberapa kontak mata) tersenyum lebar  berdua tersenyum tertawa atas dan bawah menunjukkan gigi tersenyum maaf tersenyum lemah tersenyum buatan  tersenyum diberikan kepada seseorang yang tidak begitu penting bagi anda Sopan tersenyum atas dan bawah menunjukkan gigi tetapi tidak memiliki kedalaman untuk itu (tidak benar-benar positif)

35

36

37 Jarak Aman INTIMATE ZONE 15-46 cm PERSONAL ZONE 46 cm – 1.2 m
SOCIAL ZONE 1.2 m – 3.6 m PUBLIC ZONE More than 3.6 m

38

39

40

41

42

43 Latihan

44

45

46

47

48

49

50

51

52

53

54

55

56

57 TUGAS Buat "Makalah" yang membahas tentang makna "Body Language".
Minimal 30 halaman, diketik 1.5 spasi Kertas A4 Tambahan : Makna sikap tubuh di daerah anda Bahan Internet (http://www.learnbodylanguage.org/ ) Buku "Body Language" di Toko Buku Dikumpul

58


Download ppt "INTERPERSONAL SKILLS Komunikasi Non-Verbal: Body Language (Bagian 5)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google