Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN. Pengantar Algoritma Definisi Algoritma “Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN. Pengantar Algoritma Definisi Algoritma “Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN

2 Pengantar Algoritma Definisi Algoritma “Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.

3 Pengantar Algoritma Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika. Banyak cabang ilmu komputer yang diacu dalam terminologi algoritma. Dalam kehidupan sehari-haripun banyak terdapat proses yang dinyatakan dalam suatu algoritma. Cara-cara membuat kue atau masakan yang dinyatakan dalam suatu resep juga dapat disebut sebagai algoritma. Pada setiap resep selalu ada urutan langkah-lankah membuat masakan. Bila langkah-langkahnya tidak logis, tidak dapat dihasilkan masakan yang diinginkan. Ibu-ibu yang mencoba suatu resep masakan akan membaca satu per satu langkah-langkah pembuatannya lalu ia mengerjakan proses sesuai yang ia baca.

4 Pengantar Algoritma Jadi dalam menjalankan algoritma harus: Mengerti setiap langkah dalam Algoritma Mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut.

5 Pengantar Algoritma Agar dapat dilaksanakan oleh komputer, algoritma harus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman disebut dengan program. Jadi program adalah perwujudan atau implementasi teknis Algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrogaman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh komputer.

6 Langkah dalam Proses Pembuatan Program Mendefinisikan masalah dan menganalisanya Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasikan masalah antara lain tujuan dari pembuatan program, parameter-parameter yang digunakan, fasilitas apa saja yang akan disediakan oleh program. Kemudian menentukan metode atau algoritma apa yang akan diterapkan untuk menyelesaikan masalah tersebut dan terakhir menentukan bahasa program yang digunakan untuk pembuatan program.

7 Langkah dalam Proses Pembuatan Program Merealisasikan dengan langkah-langkah : Start Desain Algoritma & Flowchart Menulis program Test Kebenaran Program Dokumentasi Arsip

8 Pengantar Algoritma Buat algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap. Algoritmanya : –Masukkan sebuah bilangan sembarang –Bagi bilangan tersebut dengan bilangan 2 –Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2. –Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.

9 SIMBOLNAMAFUNGSI TERMINATORPermulaan/akhir program GARIS ALIR (FLOW LINE) Arah aliran program PREPARATION Proses inisialisasi/ pemberian harga awal PROSES Proses perhitungan/ proses pengolahan data INPUT/OUTPUT DATA Proses input/output data, parameter, informasi PREDEFINED PROCESS (SUB PROGRAM) Permulaan sub program/ proses menjalankan sub program DECISION Perbandingan pernyataan, penyeleksian data yang memberikan pilihan untuk langkah selanjutnya ON PAGE CONNECTOR Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada satu halaman OFF PAGE CONNECTOR Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada halaman berbeda

10 Flowchart Flowchart untuk menentukan bilangan genap/ganjil Y T Start Input Bilanga n Hitung sisa bagi antara bilangan dengan 2 A A Apaka h Sisa = 0 Cetak Genap Cetak Ganjil End

11 Tugas Buatlah algoritma dan flowchart Menghitung Luas Lingkaran dan menampilkan hasilnya Mengecek bilangan di antara 2 bilangan masukan, apakah sama ataukah lebih besar salah satunya, dan tampilkan hasilnya


Download ppt "PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN. Pengantar Algoritma Definisi Algoritma “Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google