Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RAMBU LALU LINTAS Adhi Muhtadi. Setelah mempelajari bab ini, Mahasiswa diharapkan mampu: Mengetahui dan menjelaskan tentang perambuan di Indonesia Mengetahui.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RAMBU LALU LINTAS Adhi Muhtadi. Setelah mempelajari bab ini, Mahasiswa diharapkan mampu: Mengetahui dan menjelaskan tentang perambuan di Indonesia Mengetahui."— Transcript presentasi:

1 RAMBU LALU LINTAS Adhi Muhtadi

2 Setelah mempelajari bab ini, Mahasiswa diharapkan mampu: Mengetahui dan menjelaskan tentang perambuan di Indonesia Mengetahui dan menjelaskan jenis informasi rambu dan berikut contoh-contohnya Mengetahui dan menjelaskan persayaratan bentuk dan warna untuk pembuatan rambu Mengetahui dan menjelaskan manfaat perambuan sementara Mengetahui dan mencoba merencanakan perambuan sementara Mendiskusikan cara pengaturan lalulintas di sekitar suatu proyek yang membutuhkan perambuan sementara

3 Rambu berfungsi sebagai alat pengendali lalu lintas melalui informasi yang disampaikan dengan tujuan bisa, meningkatkan keselamatan dan kelancaran lalulintas. Untuk menjamin keefektifannya, maka ada 4 pertimbangan yang harus dilakukan; 1) Desain, termasuk ukuran dan bentuk, 2) Warna, untuk kemudahan membaca dan penerangan/pemantulan, 3) Keseragaman, dalam memahami keadaan (persepsi) yang sama pada situasi-situasi yang sama dan apa yang harus dilakukan, 4) Perawatan, dimana rambu rambu harus bersih dan terpasang dengan baik, serta kebebasan pandang harus dijaga,

4 Jenis Informasi Peringatan;

5 Larangan ;

6 Perintah

7 Petunjuk

8 Persyaratan Bentuk dan Warna Bentuk dan warna digunakan untuk membedakan antara katagori rambu seperti untuk; Meningkatkan kemudahan pengenalan bagi pengemudi Membuat pengemudi dapat lebih cepat untuk bereaksi Menciptakan reaksi-reaksi standar (dan naluri) terhadap situasi situasi yang standar. Secara khusus bentuk dan warna yang digunakan pada rambu;

9 (a) Secara bentuk; Bulat menunjukan larangan. Segiempat pada rambu diagonal menunjukan peringatan bahaya dan petunjuk. (b) Warna rambu; Merah menunjukan bahaya. Kuning menunjukan peringatan. Tiang penyangga biasanya berwara abu-abu. (c) Ukuran Huruf Kemudahan membaca ditentukan oleh ukuran huruf, dan lebar dari ketebalan huruf. Rasio/perbandingan tinggi : lebar biasanya antara 1 : 1 dan 2 : 1 Rasio tinggi : lebar ketebalan huruf biasanya antara 9 : 1 dan 5 : 1.

10 Penempatan Posisi Penempatan Rambu Pada Jalan Perkotaan

11 Posisi Penempatan Rambu Pada Jalan Antar Kota

12 Penempatan Rambu Dari Arah Pergerakan Kendaraan

13 Ukuran Rambu

14 Marka Garis Ada tiga bentuk tipikal dari marka garis : Marka garis utuh (kontinyu) Marka garis putus-putus (solid lines) Marka garis ganda utuh (double solid lines)

15 Dimensi Lebar marka garis normal antara 0,15 sampai 0,20 meter Panjang marka garis dan panjang celah (gaps) untuk jalan.

16 Beberapa Bentuk Kombinasi Marka Garis

17


Download ppt "RAMBU LALU LINTAS Adhi Muhtadi. Setelah mempelajari bab ini, Mahasiswa diharapkan mampu: Mengetahui dan menjelaskan tentang perambuan di Indonesia Mengetahui."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google