Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TATAP MUKA 4 ANALISA CHI-SQUARE. CHI-SQUARE Merupakan metode analisa yang bersifat non parametrik, digunakan untuk menguji keabsahan sebuah statement/pernyataan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TATAP MUKA 4 ANALISA CHI-SQUARE. CHI-SQUARE Merupakan metode analisa yang bersifat non parametrik, digunakan untuk menguji keabsahan sebuah statement/pernyataan."— Transcript presentasi:

1 TATAP MUKA 4 ANALISA CHI-SQUARE

2 CHI-SQUARE Merupakan metode analisa yang bersifat non parametrik, digunakan untuk menguji keabsahan sebuah statement/pernyataan yang disebarkan melalui kuesioner/angket pada sekelompok responden. Analisa chi-square disebut juga sebagai analisa tabel kategorik (b) baris x (k) kolom, kategorik berasal dari kategori atau kategori jawaban, misal: 1=setuju, 2=ragu-ragu, 3=tidak setuju atau 1=tidak pernah, 2=jarang, 3=sering. Karena bentuknya baris x kolom maka bentuk analisanya adalah 2x2, 3x3, 4x4 dstnya.

3 Contoh Penerapan Analisa Chi-square/Kategorik Seorang peneliti mengambil sampel acak 100 orang mahasiswa yang kuliah disebuah fakultas ekonomi & memiliki empat program studi : akuntansi, manajemen, studi pembangunan dan bisnis internasional. Tiap mahasiswa disuguhi pertanyaan “apakah statistik sangat perlu dipelajari oleh mahasiswa yang ada di semua program studi ?” jawaban mahasiswa akan dikelompokkan kedalam tiga kategori yaitu : 1=setuju, 2=netral, 3=tidak setuju

4 Tampilan Data Hasil Jawaban Responden Jawaban Jurusan SetujuNetralTdk.setujuJumlah Baris Akuntansi 47 E E E Manajemen 60 E E E Studi pmb 68 E E E Binternas 73 E4.1 7 E E Jumlah kolom

5 Proses Analisis dengan pendekatan Formulasi

6 Jawaban JurusanSetujuNetralTdk.setujuJumlah Baris Ak Mn Sp bi Jumlah kolom

7 Proses Analisis dengan pendekatan Formulasi

8

9

10 Hasil Analisa Karena chi hitung > chi tabel maka Ho ditolak, Ha diterima ini menunjukkan proporsi tiap jawaban di empat prodi tidak sama, artinya statistik memang perlu di pelajari oleh semua mahasiswa di empat program studi di fakultas ekonomi. Atau di empat program studi yang ada, masing-2 mahasiswa menganggap bahwa statistik memang penting untuk dipelajari oleh mereka.

11 Analisa Chi-Dikotomi Penelitian terhadap dua sampel acak yang masing-masing terdiri dari 100 orang pria dan 100 orang wanita. Terhadap mereka diajukan pertanyaan apakah mereka setuju atau tidak setuju dengan pernyataan “Wanita mempunyai Hak & Kewajiban yang sama dengan Pria”

12 Analisa Chi-Dikotomi

13

14

15

16 Kesimpulan Umum Akhirnya dapat disimpulkan:  Uji Chi merupakan alat uji data yang berbentuk kategori  kategoti jawaban dapat berbentuk skala ordinal atau nominal  Uji chi berguna untuk menguji keabsahan data yang berasal dari jawaban responden  Uji Chi dapat berbentuk 2x2, 3x3, 4x4 atau 2x3, 3x4 dstnya  Uji Chi merupakan salah satu bentuk uji Non Parametrik  Uji Chi merupakan alat pengambilan keputusan untuk bertindak berdasarkan data empiris

17 Bentuk Lain Uji Chi Apakah secara nyata, nilai penjualan di empat kota tersebut berbeda ?


Download ppt "TATAP MUKA 4 ANALISA CHI-SQUARE. CHI-SQUARE Merupakan metode analisa yang bersifat non parametrik, digunakan untuk menguji keabsahan sebuah statement/pernyataan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google