Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mengelola Bauran dan Lini Produk. Presentasi 30 menit RUNTIME Games Tanya-Jawab 25 menit 20 menit Penutup 5 menit.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mengelola Bauran dan Lini Produk. Presentasi 30 menit RUNTIME Games Tanya-Jawab 25 menit 20 menit Penutup 5 menit."— Transcript presentasi:

1 Mengelola Bauran dan Lini Produk

2 Presentasi 30 menit RUNTIME Games Tanya-Jawab 25 menit 20 menit Penutup 5 menit

3

4

5

6 P ENETAPAN H ARGA B AURAN P RODUK -Maksimal Harga untuk laba -Terdapat 6 situasi

7 Pengertian Sistem Produk (Product System) Headset Bluetooth Speaker Adapter cable for USB Stylus Sistem produk adalah kelompok barang yang berbeda tetapi berhubungan dan berfungsi dengan cara yang kompatibel HOME

8 Pengertian Bauran Produk (Product Mix) HOME Bauran Produk adalah kumpulan semua produk dan barang yang ditawarkan untuk dijual oleh penjual tertentu.

9 4 Dimensi Bauran Produk HOME Luas Bauran Produk adalah jumlah lini produk yang ada dalam bauran produk Panjang Bauran Produk adalah jumlah item total yang ada dalam bauran produk Kedalaman Bauran Produk adalah jumlah varian yang ditawarkan pada setiap lini produk Konsistensi Bauran Produk adalah seberapa dekat lini-lini produk yang ada berhubungan satu sama lain dalam penggunaannya, persyaratan produksi dan saluran distribusi

10 Penjualan dan Laba HOME Manajer lini produk perlu mengetahui presentase dari penjualan dan laba yang disumbangkan oleh setiap barang (item) dalam lini. Klasifikasi produk berdasarkan volume dan promosi penjualan: 1.Produk Inti (core products) 2.Produk Dasar (staples) 3.Produk Khusus (specialties) 4.Barang Sehari-hari (covenience items)

11 Profil Pasar HOME Contoh Fungsi

12 Perpanjangan Lini (1) 1. Perpanjangan Bawah Pasar 3 alasan perusahaan yang diposisikan di pasar menengah ingin memperkenalkan harga lebih murah: a.Memperhatikan peluang pertumbuhan yang kuat. b.Mengikat pesaing di kelas bawah yang jika tidak terikat mungkin berusaha bergerak naik ke sisi atas pasar. c.Menemukan bahwa pasar menengah dalam keadaan satgan atau menurun.

13 Perpanjangan Lini (2) 2. Perpanjangan Atas Pasar Perusahaan mungkin ingin memasuki bagian atas pasar untuk mencapai pertumbuhan yang lebih besar, untuk mewujudkan margin yang lebih tinggi, atau hanya memposisikan dirinya sendiri sebagi produsen lini penuh.

14 Perpanjangan Lini (3) HOME 3. Perpanjangan Dua-Aarah Perusahaan yang melayani pasar menengah dapat memutuskan untuk memperpanjang lini mereka ke kedua arah.

15 Pengisian Lini (Filling Product Line) : Menambah lebih banyak item dalam rentang lini produk yang ada HOME Alasan pengambilan keputusan ini: 1.Memperoleh profit ekstra 2.Memuaskan dealer 3.Memanfaatkan kelebihan kapasitas 4.Memimpin dalam lini produk. BMW mini-cooper BMW sport

16 Modernisasi, Penampilan dan Pengurangan Lini (1) Tanpa OS OS Android MODERNISASI

17 Modernisasi, Penampilan dan Pengurangan Lini (2) Bentuk Botol Kemasan Kotak PENAMPILAN

18 Modernisasi, Penampilan dan Pengurangan Lini (3) HOME Nokia 6600 tidak lagi diproduksi saat ini PENGURANGAN LINI

19 Penetapan Harga Lini Produk HOME Penggunaan titik harga Contoh : Jaket Pria Harga : Rp , Rp , Rp Anggapan pelanggan : kualitas bahan dan desain

20 Penetapan Harga Fitur Opsional HOME Penawaran produk opsional Contoh : Handphone nokia dengan opsional headshet wireless Harga di bedakan dengan harga standar ataupun pilihan, untuk handphone akan terlihat kurang bagus tanpa barang opsional.

21 Penetapan Harga Produk Terikat HOME Produk harus menggunakan tambahan Contoh : Obat nyamuk elektrik baygon, selain alat, isi ulang harus di beli Harga alat terlihat murah jika dibeli sepaket dengan isi ulangnya.

22 Penetapan Harga Dua Bagian HOME Usaha jasa, biaya tetap dan biaya variabel Contoh : Jasa air PDAM tita raharja Harga minimum kecil dan terdapat biaya jika melebihi kuota dari biaya minimum.

23 Penetapan Harga Produk Sampingan HOME Produk sampingan memiliki nilai Contoh : Sapi potong Tapos Harga jual daging dapat di kecilkan dengan laba dari limbah sapinya di jual untuk pupuk

24 Penetapan Harga Paket Produk (1) Pemaketan Murni Contoh : Paket internetan Flash

25 Penetapan Harga Paket Produk (2) HOME Pemaketan campuran Contoh : Paket makan mcD Harga paket terhitung lebih murah di bandingkan jumlah harga pembelian satu – persatu

26 Ada Pertanyaan ?? HOME

27 KELOMPOK 1


Download ppt "Mengelola Bauran dan Lini Produk. Presentasi 30 menit RUNTIME Games Tanya-Jawab 25 menit 20 menit Penutup 5 menit."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google