Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

“PRODUK” ( mata kuliah : Dasar – Dasar Pemasaran ) Disusun Oleh : Andi Wisudiyarto10.0101.0073 Agos Hariyanto10.0101.0014 Pungki Krispramita10.0101.0047.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "“PRODUK” ( mata kuliah : Dasar – Dasar Pemasaran ) Disusun Oleh : Andi Wisudiyarto10.0101.0073 Agos Hariyanto10.0101.0014 Pungki Krispramita10.0101.0047."— Transcript presentasi:

1

2 “PRODUK” ( mata kuliah : Dasar – Dasar Pemasaran ) Disusun Oleh : Andi Wisudiyarto Agos Hariyanto Pungki Krispramita Zulfikar Ahmad Arip Budiman M. Zaenal Arifin Ristiawan

3 DEFINISI PRODUK Philip Kotler (1995) mendefinsikan produk sebagai segala sesuatu baik fisik maupun non fisik yang dapat ditawarkan dalam pasar untuk menjadi perhatian (Attention), menjadi milik (acquisition), dipakai atau dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

4 KOMPONEN UTAMA PEMBENTUK PRODUK Kotler menggambarkan 3(tiga) komponen utama yang membentuk sebuah produk, antara lain : 1. Komponen Inti Yaitu manfaat utama dari produk tersebut yang benar-benar dicari pelanggan atau karena alasan pelanggan mencari produk tersebut

5 2.Komponen Pembungkus Atribut utama yang dimiliki produk dalam mengkomunikasikan dan membawa manfaat produk tersebut. Atribut ini antara lain kualitas rancangan, kemasan dan merk 3.Komponen Pendukung Manfaat tambahan yang diperoleh pelanggan dari produk tersebut dalam service, garansi dan pemasangan

6 Komponen produk tersebut harus dipertimbangkan dalam mengembangkan produk, karena produk tampak berbeda dengan pesaing bukan hanya dikarenakan secara fisik juga berbeda, tetapi juga komponen pembungkus dan komponen pendukung pelayanan yang terdapat pada produk tersebut

7 ATRIBUT PRODUK Menurut Kotler (2001) beberapa atribut yang menyertai dan melengkapi produk (karakteristik atribut produk) adalah: 1.Merek (branding) Merek (brand) adalah nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasi dari semua ini yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi produk atau jasa dari satu atau kelompok penjual dan membedakannya dari produk pesaing. Pemberian merek merupakan masalah pokok dalam strategi produk. Pemberian merek itu mahal dan memakan waktu, serta dapat membuat produk itu berhasil atau gagal. Nama merek yang baik dapat menambah keberhasilan yang besar pada produk (Kotler, 2001)

8 2. Pengemasan (packing) Pengemasan (packing) adalah kegiatan merancang dan membuat wadah atau pembungkus suatu produk. 3. Kualitas Produk (Product Quality) Kualitas Produk (Product Quality) adalah kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya meliputi, daya tahan keandalan, ketepatan kemudahan operasi dan perbaikan, serta atribut bernilai lainnya. Untuk meningkatkan kualitas produk perusahaan dapat menerapkan program ”Total Quality Manajemen (TQM)". Selain mengurangi kerusakan produk, tujuan pokok kualitas total adalah untuk meningkatkan nilai pelanggan.

9 PENGEMBANGAN PRODUK ( PRODUCT DEVELOPMENT) Pengembangan produk adalah serangkaian aktivitas yang dimulai dari identifikasi market opportunity / identifikasi peluang pasar, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan produksi, penjualan dan distribusi produk.

10 Mengapa Pengembangan Produk Perlu Dilakukan oleh sebuah Perusahaan ? Pengembangan produk (Product Development) wajib dilakukan oleh perusahaan, agar produk yang dihasilkan selalu diminati konsumen, yang berakibat bahwa perusahaan selalu dapat bertahan (survive) dalam menjalankan kegiatannya

11 Dalam Daur hidup, produk tertentu dapat berubah dengan cepat karena serangan respon kompetitor yang selalu berubah. Oleh itu diperlukan suatu strategi pengembangan produk (product development) menjaga agar produk selalu diminati konsumen. (Kotler, 1997).

12

13 PERTANYAAN : ()


Download ppt "“PRODUK” ( mata kuliah : Dasar – Dasar Pemasaran ) Disusun Oleh : Andi Wisudiyarto10.0101.0073 Agos Hariyanto10.0101.0014 Pungki Krispramita10.0101.0047."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google