Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Viktimologi adalah bidang ilmu pengetahuan yang mengkaji aspek-aspek yang berkaitan dengan korban dalam berbagai bidang kehidupan dan penghidupannya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Viktimologi adalah bidang ilmu pengetahuan yang mengkaji aspek-aspek yang berkaitan dengan korban dalam berbagai bidang kehidupan dan penghidupannya."— Transcript presentasi:

1

2  Viktimologi adalah bidang ilmu pengetahuan yang mengkaji aspek-aspek yang berkaitan dengan korban dalam berbagai bidang kehidupan dan penghidupannya.  Viktimisasi, dapat diartikan sebagai tindakan individu yang dipengaruhi unsur-unsur sosial masyarakat tertentu sebagai perwujudan dari tidak adanya pengertian yang tepat tentang manusia sesama kita yang menjunjung harkat dan martabat, juga mencakup viktimisasi yang diakibatkan oleh kebudayaan.

3  kebudayaan adalah hasil dari cipta, karya, dan karsa.  jika dikaitkan dengan viktimologi, beberapa kebudayaan di dunia dapat menimbulkan viktimisasi  Dalam presentasi ini, akan dijelaskan beberapa contoh konkrit budaya yang menimbulkan viktimisasi ini.

4  Pengikatan kaki sudah dimulai sejak akhir Dinasti Tang ( ). Pengikatan kaki dilakukan dengan tujuan mempercantik kaki. Namun, pada tahun 1911 melalui Revolusi Sun Yat Sen, tradisi pengikatan kaki ini benar-benar dilarang.  Pengikatan kaki dilakukan dengan membalut kaki dengan ketat menggunakan kain, melipat empat jari kaki ke bagian bawah kaki dan menarik ibu jari kaki medekati tumit. Pembalut kaki semakin diketatkan dari hari ke hari dan kaki dipaksa memakai sepatu yang semakin kecil. Pengikatan kaki membuat siklus darah tidak lancar sehingga dapat membuat daging kaki menjadi busuk dan kaki dapat mengeluarkan nanah.  Viktimisasi dari pengikatan kaki ini adalah rasa sakit yang luar biasa dan timbulnya infeksi karena pembusukan pada jari kaki dan matinya kaki setelah tiga tahun. Tidak jarang proses ini menimbulkan kematian.

5

6  Tujuan penggunaan korset adalah untuk merampingkan pinggang dan menonjolkan payudara yang merupakan bentuk tubuh yang sangat diidamkan.  Cara kerja korSet adalah dengan menekan ‘bagian yang berlebih’ ke arah tubuh bagian dalam hingga kadang menggangu letak organ bagian dalam dan pada akhirnya menimbulkan kesakitan yang luar biasa. Tidak jarang banyak wanita sampai pingsan karena penggunaan korset terjadi karena tekanan yang luar biasa pada dada dan paru-paru sehingga oksigen tidak bisa didistribusikan dengan lancar ke seluruh tubuh, bahkan bisa sampai menimbulkan kematian.  Viktimisasi dari penggunaan korset ini adalah penyiksaan diri wanita demi status sosial di masyarakat, tak terkecuali bagi wanita hamil, yang pada akhirnya dapat menimbulkan gangguan letak janin bahkan keguguran.

7

8 Berdasarkan WHO information fact sheet No.241 June 2000, FGM merupakan semua prosedur termasuk pengangkatan sebagian atau seluruh bagian dari organ genital perempuan atau tindakan melukai lainnya terhadap organ genital perempuan baik untuk alasan budaya, agama, atau alasan lainnya yang tidak berkaitan dengan penyembuhan

9 Prosedur :  Seorang perempuan disuruh duduk di dalam air dingin untuk mematikan rasa di daerah yang akan dipotong serta mengurangi kemungkinan pendarahan. Pada umumnya perempuan tersebut tidak akan diberikan penghilang rasa sakit, perempuan tersebut akan dibuat tidak bergerak dengan cara dipegangi oleh perempuan-perempuan yang lebih tua, kaki perempuan tersebut akan dibuka dengan lebar sehingga bagian vagina akan terekspos.  Mutilasi akan dilakukan dengan mempergunakan alat pemotong seperti pecahan kaca, besi tipis, gunting, silet atau benda-benda tajam lainnya.  Selanjutnya perempuan tersebut akan diikat kakinya dan dibiarkan tergantung selama kurang lebih 40 hari, untuk menyembuhkan luka, penggunaan bubuk antiseptik dimungkinkan, tetapi biasanya dipergunakan salep yang mengandung campuran tumbuh-tumbuhan obat, susu, telur, abu atau kotoran yang dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan.

10  Viktimisasi dalam FGM : › Konsekuensi medis : Dampak jangka pendek pembengkakan pada jaringan sekitar vagina, pendarahan dan infeksi akibat penggunaan alat yang tidak steril. Dampak jangka pancang, infeksi saluran kencing, terganggunya proses menstruasi dan kemandulan. › Konsekuensi seksual : rusaknya rangsangan seksual pada perempuan › Konsekuensi psikologis : perasaan cemas, takut, malu, shock, trauma.

11

12  Tujuan pengasingan ini adalah karena seorang gadis yang mengalami menstruasi, mengeluarkan darah kotor yang dianggap membawa musibah, bencana dan petaka.  Viktimisasi dalam budaya ini adalah si wanita harus tinggal di pondokan kecil “posone” selama 7-12 hari dimana semua kegiatan dilakukan di posone, termasuk kegiatan memasak.

13  Pembuatan telinga panjang tidak hanya dilakukan pada perempuan, tetapi juga pada laki-laki.  Tujuan dari budaya ini, dikaitkan dengan penggolongan strata sosial seseorang di dalam masyarakat dan untuk melatih kesabaran.  Namun, seiring berjalannya waktu, kebudayaan ini mulai ditinggalkan karena dianggap tidak modern. Tidak jarang orang yang memiliki telinga panjang, akhirnya memotong telinganya sendiri karena stigma bahwa orang bertelinga panjang tidak modern.  Viktimisasi dalam budaya ini adalah orang-orang bahkan sejak masih bayi, dipaksa untuk memanjangkan telinganya. Padahal, tidak jarang suku-suku Dayak yang tidak setuju akan budaya ini.

14

15 Definisi Sati : Proses pembakaran hidup-hidup dari - (i) seorang janda bersama dengan tubuh almarhum suaminya atau kerabat suaminya atau dengan benda- benda atau barang yang berhubungan dengan almarhum suaminya; atau (ii) setiap wanita bersama dengan tubuh saudara/kerabatnya, terlepas dari apakah dituntut untuk melakukan hal tersebut secara sukarela karena di anggap sebagai bagian dari kejandaannya,kewanitaannya atau sebaliknya. [From : The Commission of Sati (Prevention) Act of 1987 Part I, Section 2(c) ] Kasus sati : ROOP KANWAR Upaya pencegahan tradisi sati dalam The Commission of Sati (Prevention) Act of 1987

16

17 Seorang wanita Melompat Ke Pembakaran Jenazah Suaminya Rainpur, Seorang wanita tua India tiba- tiba saja meloncat ke kobaran api yang tengah membakar jenazah suaminya. Dia pun tewas. Wanita 75 tahun itu bernama Lalmati Verma. Dia melakukan aksi itu pada Sabtu kemarin setelah para pelayat meninggalkan lokasi kremasi. Demikian dikatakan petugas polisi Mandawi di Kasdol, 125 km dari ibukota negara bagian Raipur, seperti dilansir Reuters, Minggu (12/10/2008)."Dia pun menjadi abu," kata Mandawi. Tiga anak Lalmati sendiri tidak mengira bahwa ibu mereka bermaksud melakukan aksi 'sati'

18 Viktimisasi dalam budaya SATI : Dampak Psikis : penyiksaan batin karena disalahkan sebagai penyebab kematian sang suami dari saudara-saudara ipar Dampak Fisik : dipukuli, tidak diberi makan, kehilangan nyawa Dampak sosial : diisolir dari kaum kerabat dan pergaulan sosial

19  Ritual ini biasanya dilakukan pada masa akil balikh.  Tujuan dari budaya ini adalah untuk menunjukkan kedewasaan seseorang.  Viktimisasi dalam budaya ini adalah merusak salah satu organ tubuh manusia yang paling vital yaitu gigi.

20

21  Ternyata banyak kebudayaan-kebudayaan di dunia yang sebenarnya menimbulkan penderitaan yang mengarah pada viktimisasi, terutama terhadap hak asasi wanita. Karena kebanyakan yang menjadi korban dari kebudayaan tersebut adalah wanita.  Beberapa bentuk kebudayaan di atas ada yang melanggar hukum internasional, yaitu : › The United Convention Against Torture and Other Cruel, Inhuman or Degrading Treatment or Punishment (article 1, 2, 3, 4, 13, 14) › The United Nation International Covenant on Civil and Political Right (article 7) › The United Nation Convention on Discrimination against Women (article 1, 3)  Menurut kami, sebaiknya dalam menangani kasus-kasus di atas, pemerintah memberikan penyuluhan mengenai dampak negatif dari kebudayaan di negara mereka masing-masing.

22


Download ppt " Viktimologi adalah bidang ilmu pengetahuan yang mengkaji aspek-aspek yang berkaitan dengan korban dalam berbagai bidang kehidupan dan penghidupannya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google