Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB XXIV PENGGELAPAN 5 Desember 2014 BENTUK TINDAK PIDANA PENGGELAPAN: 1.Tindak pidana penggelapan dalam bentuk pokok (Pasal 372); 2.Tindak pidana penggelapan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB XXIV PENGGELAPAN 5 Desember 2014 BENTUK TINDAK PIDANA PENGGELAPAN: 1.Tindak pidana penggelapan dalam bentuk pokok (Pasal 372); 2.Tindak pidana penggelapan."— Transcript presentasi:

1 BAB XXIV PENGGELAPAN 5 Desember 2014 BENTUK TINDAK PIDANA PENGGELAPAN: 1.Tindak pidana penggelapan dalam bentuk pokok (Pasal 372); 2.Tindak pidana penggelapan ringan (Pasal 373); 3.Tindak pidana penggelapan dengan pemberatan (Ps 374 dan 375) 4.Tindak pidana penggelapan dalam keluarga (Pasal 376)

2 PERBEDAAN PENCURIAN DENGAN PENGGELAPAN BUNYI PASAL : 362 : “BARANG SIAPA MENGAMBIL BARANG SESUATU, YANG SELURUH ATAU SEBAGIAN KEPUNYAAN ORANG LAIN, DENGAN MAKSUD UNTUK DIMILIKI SECARA MELAWAN HUKUM ” 372 : “BARANG SIAPA DENGAN SENGAJA DAN MELAWAN HUKUM MENGAKU SEBAGAI MILIK SENDIRI (ZICH TOEEIGENEN) BARANG SESUATU YANG SELURUH ATAU SEBAGIAN ADALAH KEPUNYAAN ORANG LAIN ”

3 PERBEDAAN UNSUR TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PENGGELAPAN PENCURIAN (PS. 362 KUHP) 1. UNSUR OBJEKTIF :  MENGAMBIL  SUATU BARANG  YANG SELURUHNYA ATAU SEBAGIAN MILIK ORANG LAIN; 2 UNSUR SUBJEKTIF :  DENGAN MAKSUD  UNTUK MEMILIKI BARANG/BENDA UNTUK DIRINYA SENDIRI  SECARA MELAWAN HUKUM PENGGELAPAN (PS. 372 KUHP) 1. UNSUR OBJEKTIF  MENGAKU SEBAGAI MILIK SENDIRI  SESUATU BARANG  YG SELURUH ATAU SEBAGIAN MILIK ORANG LAIN  YG DALAM KEKUASAANNYA BUKAN KARENA KEJAHATAN, DAN  SECARA MELAWAN HUKUM 2. UNSUR SUBJEKTIF  DENGAN SENGAJA

4 UNSUR-UNSUR PASAL 368 (PEMERASAN) 1. UNSUR OBJEKTIF MEMAKSA ORANG LAIN DENGAN KEKERASAN ATAU ANCAMAN KEKERASAN UNTUK MEMBERIKAN ATAU MENYERAHKAN SESUATU BARANG (YG SELURUH ATAU SEBAGIAN MILIK ORANG LAIN SUPAYA MEMBERI HUTANG, DAN MENGKAPUS HUTANG 2. UNSUR SUBJEKTIF SENGAN MAKSUD, DAN UNTUK MENGUNTUNGKAN DIRI SENDIRI ATAU ORANG LAIN

5 UNSUR-UNSUR PASAL 378 (PENIPUAN) 1. UNSUR OBJEKTIF MENGGERAKKAN ORANG LAIN UNTUK MENYERAHKAN SUATU BARANG/BENDA UNTUK MEMBERI HUTANG UNTUK MENGHAPUS PIUTANG DENGAN MENGGUNAKAN DAYA UPAYA SEPERTI : MEMAKAI NAMA ATAU MARTABAT PALSU DENGAN TIPU MUSLIHAT RANGKAIAN KEBOHONGAN 2. UNSUR SUBJEKTIF UNTUK MENGUNTUNGKAN DIRI SENDIRI ATAU ORANG LAIN, DAN SECARA MELAWAN HUKUM


Download ppt "BAB XXIV PENGGELAPAN 5 Desember 2014 BENTUK TINDAK PIDANA PENGGELAPAN: 1.Tindak pidana penggelapan dalam bentuk pokok (Pasal 372); 2.Tindak pidana penggelapan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google