Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ISU SOSIAL DAN ETIKA DALAM SISTEM INFORMASI NAMA KELOMPOK : Jevi Nolansari 120810201014 Fara nazila 120810201015 Azalia Talitha Almira120810201257 Lia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ISU SOSIAL DAN ETIKA DALAM SISTEM INFORMASI NAMA KELOMPOK : Jevi Nolansari 120810201014 Fara nazila 120810201015 Azalia Talitha Almira120810201257 Lia."— Transcript presentasi:

1 ISU SOSIAL DAN ETIKA DALAM SISTEM INFORMASI NAMA KELOMPOK : Jevi Nolansari Fara nazila Azalia Talitha Almira Lia Novinda

2 A. Memahami Isu Etika dan Sosial yang Terkait dengan Sistem Informasi Permasalahan etika dalam sistem informasi telah memberikan desakan baru dengan semakin maraknya penggunaan internet dan perdagang elektronik. Internet dan teknologi perusahaan digital membuat semakin mudah dari sebelumnya untuk menyusun, menggabungkan, dan mendistribusikan informasi, memberikan perhatian baru tentang penggunaan informasi pelanggan yang tepat, perlindungan privasi pribadi, dan perlindungan hak kekayaan intelektuaL. Orang-orang yang ahli dalam bidang teknologi informasi (orang yan mempunyai kemampuan khusus) dapat menyalahgunakan sistem informasi dengan mengganti rekaman telpon, mengalihkan uang, dan sabotase.

3 B. ETIKA DALAM MASYARAKAT INFORMASI Etika adalah suatu masalah bagi manusia yang memiliki kebebasan untuk memilih. Pilihan etika adalah keputusan yang dibuat oleh setiap orang yang akan bertanggung jawab untuk setiap konsekuensi yang timbul dari tindakannya, yaitu : Tanggung jawab (responsibility) Akuntabilitas (accountability) Liabilitas (liability)

4 5 LANGKAH ANALISIS ETIKA 1.Indentifikasi dan jelaskan faktanya dengan jelas 2.Definisikan konflik atau dilemanya dan indetifikasi nilai-nilai luhur yang terlibat 3.Indetifikasi pihak-pihak yang berkepentingan 4.Indentifikasi pilihan yang dapat anda ambil dengan beralasan 5.Indetifikasi potensi konsekuensi dari pilihan anda

5 DIMENSI MORAL DARI SISTEM INFORMASI 1. Hak Informasi : Privasi Dan Kebebasan Di Era Internet 2.Tantangan Internet Terhadap Privasi 3.Solusi Teknis 4.Hak Kekayaan : Kekayaan Intelektual 5.Rahasia Dagang 6.Hak Cipta 7.Hak Paten

6 TREN TEKNOLOGI YANG MEMUNCULKAN ISU ETIKA TREN 1.Kecepatan komputasi berlipat dua kali setiap 18 bulan 2.Biaya penyimpanan data menurun dengan cepat 3.Kemajuan analisis data 4.Kemajuan jaringan dan internet PENGARUH : 1.Banyak organisasi bergantung pada sistem komputer untuk operasi yang penting 2.Perusahaan dapat dengan mudah memelihara secara terperinci masing-masing basis datanya 3.Perusahaan dapat menganalisis data berukuran besar yang diperoleh secara terpisah untuk mengembangkan profil yang terperinci atas perilaku individu 4.Menyalin data dari satu lokasi kelokasi yang lain dan mendapatkan data pribadi dari lokasi yang jauh menjadi sangat mudah

7 Studi Kasus 1.Hak dan kewajiban informasi; apa hak informasi yang dimiliki oleh seorang individu atau organisasi atas informasi? Apa yang dapat mereka lindungi? Kewajiban apa yang dibebankan kepada setiap individu dan organisasi berkenaan dengan informasi? 2.Hak milik dan kewajiban; bagaimana hak milik intelektual dilindungi di dalam suatu masyarakat digital di mana sulit sekali untuk masalah kepemilikan ini ditrasir dan ditetapkan akuntabilitasnya, dan begitu mudahnya hak milik untuk diabaikan?

8

9


Download ppt "ISU SOSIAL DAN ETIKA DALAM SISTEM INFORMASI NAMA KELOMPOK : Jevi Nolansari 120810201014 Fara nazila 120810201015 Azalia Talitha Almira120810201257 Lia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google