Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CARA AKSES INTERNET DENGAN MENGGUNAKAN MODEM SPEEDY CARA AKSES INTERNET DENGAN MENGGUNAKAN MODEM SPEEDY.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CARA AKSES INTERNET DENGAN MENGGUNAKAN MODEM SPEEDY CARA AKSES INTERNET DENGAN MENGGUNAKAN MODEM SPEEDY."— Transcript presentasi:

1 CARA AKSES INTERNET DENGAN MENGGUNAKAN MODEM SPEEDY CARA AKSES INTERNET DENGAN MENGGUNAKAN MODEM SPEEDY

2 Cindy LoveitaSari Tri Vera Oktaviani Kartika Kandha D Thalita Alva Sodhi M Lyonel Bagasta A Cindy LoveitaSari Tri Vera Oktaviani Kartika Kandha D Thalita Alva Sodhi M Lyonel Bagasta A

3 kartikakd.siswa-indonesia.net

4 1. Langkah Pertama; Persiapan Hardware 2. Langkah Kedua; Mengganti nama koneksi keSpeedy 3. Langkah Ketiga; Instalasi Ethernet Adapter tambahan di komputer server 4. Menghubungkan setiap komputer menjadi satu jaringan 5. Pengaturan IP pada setiap komputer 1. Langkah Pertama; Persiapan Hardware 2. Langkah Kedua; Mengganti nama koneksi keSpeedy 3. Langkah Ketiga; Instalasi Ethernet Adapter tambahan di komputer server 4. Menghubungkan setiap komputer menjadi satu jaringan 5. Pengaturan IP pada setiap komputer

5 PERALATAN / HARDWARE YANG DIGUNAKAN

6 1 Satu Unit komputer yang telah terhubung internet yang menggunakan Speedy 2Satu atau lebih komputer yang akan dihubungkan dengan komputer server di atas, selanjutnya disebut komputer client 3.Satu buah ethernet adapter yang akan dipasangkan pada komputer server 4.Satu buah Switch/HUB diperlukan juga, jika komputer client lebih dari satu 5. Kabel UTP dan konektor RJ-45 1 Satu Unit komputer yang telah terhubung internet yang menggunakan Speedy 2S2Satu atau lebih komputer yang akan dihubungkan dengan komputer server di atas, selanjutnya disebut komputer client 3.Satu buah ethernet adapter yang akan dipasangkan pada komputer server 4.Satu buah Switch/HUB diperlukan juga, jika komputer client lebih dari satu 5. Kabel UTP dan konektor RJ-45

7 PENJELASAN TIAP TIAP HARDWARE PENJELASAN TIAP TIAP HARDWARE

8 Komputer ini terhubung menggunakan sebuah modem DSL. Selain kabel adaptor untuk daya listrik, terdapat satu kabel dengan konektor RJ-11 yang menghubungkan saluran milik Telkom dengan modem. Dan ada satu lagi, yaitu kabel UTP dengan konektor RJ-45 yang menghubungkan modem dengan Ethernet Adapter (LAN Card) yang ada di komputer. Komputer ini yang akan berfungsi sebagai komputer server yang akan menghubungkan komputer lainnya dengan akses internet.

9 Setiap komputer client yang akan dihubungkan dengan komputer server harus dilengkapi dengan ethernet adapter (umumnya, komputer PC saat ini telah dilengkapi dengan satu buah Ethernet Adapter).

10 Sehingga nantinya komputer server memiliki dua ethernet adapter. Satu yang terhubung ke modem dan satu lagi terhubung dengan komputer lain. Sehingga nantinya komputer server memiliki dua ethernet adapter. Satu yang terhubung ke modem dan satu lagi terhubung dengan komputer lain.

11 diperlukan juga, jika komputer client lebih dari satu. Switch/HUB akan menjadi konsentrator yang menghubungkan seluruh komputer, baik server maupun client. Tetapi jika hanya ada satu komputer client yang akan terhubung dengan server, maka tidak dibutuhkan Switch/HUB karena komputer server akan langsung dihubungkan dengan komputer client. Switch/HUB umumnya terdiri dari 4 port, 8 port, 16 port, atau 24 port. Jika membutuhkan, maka belilah sesuai kebutuhan.

12 Panjang kabel sesuai dengan kebutuhan (tetapi tidak dapat melebihi 100m, jika melebihi 100m dibutuhkan perangkat tambahan yaitu Repeater). Pada setiap ujung kabel dipasangkan konektor RJ-45. Jika belum pernah memasang konektor pada kabel UTP, anda dapat meminta pada toko tempat membeli kabel untuk memasangkan konektornya sekalian. Tapi ingat! ada dua jenis pengkabelan; 1) Straight, dan 2) Cross. Jenis straight digunakan jika anda menggunakan Switch/HUB, dan jenis cross digunakan jika anda menghubungkan langsung dari satu komputer client ke komputer server.

13 CARA SETING KOMPUTER DENGAN MODEM

14 Hidupkan seluruh komputer dan lakukan pengaturan IP (Internet Protocol) pada setiap komputer. Bukalah jendela Control Panel -> Network Connections. Khusus pada komputer server terdapat dua koneksi, yang satu adalah Speedy (sesuai dengan nama yang diberikan dilangkah kedua) dan satu lagi adalah Local Area Network. Sedangkan pada komputer client hanya ada satu. Klik kanan pada koneksi Local Area Network, pilih Properties. Setelah muncul jendela Properties, klik ganda (double click) pada Internet Protocol (TCP/IP) yang ada di tab General. Maka akan muncul jendela Internet Protocol Properties dan lakukan pengaturan IP sebagaimana berikut.

15 Untuk komputer server :IP address : Subnet mask : Gatewaty : Preffered DNS Server dan Alternate DNS Server diisi dengan DNS yang diberi dari Telkom (bisa juga dikosongkan). Untuk komputer client :IP address diatur menjadi (jika komputer client lebih dari satu, maka IP address komputer client selanjutnya adalah dan seterusnya). Ingat! pengaturan subnet mask, gateway, dan DNS server diatur sama dengan komputer server. Untuk komputer server :IP address : Subnet mask : Gatewaty : Preffered DNS Server dan Alternate DNS Server diisi dengan DNS yang diberi dari Telkom (bisa juga dikosongkan). Untuk komputer client :IP address diatur menjadi (jika komputer client lebih dari satu, maka IP address komputer client selanjutnya adalah dan seterusnya). Ingat! pengaturan subnet mask, gateway, dan DNS server diatur sama dengan komputer server.

16 LANGKAH SETING

17 1. Langkah ini dapat mempermudah pada langkah-langkah selanjutnya. Pada sistem operasi Windows, bukalah jendela Network Connection yang ada di jendela Control Panel. Klik kanan pada koneksi yang digunakan Speedy (seperti gambar di bawah), lalu klik Rename dan gantilah namanya menjadi Speedy. 2. Pasanglah Ethernet Adapter di komputer server dan lakukan instalasi driver. Dengan begitu, akan ada dua ethernet adapter yang terpasang di komputer server. Untuk mengetahui cara instalasi driver, anda dapat membaca tulisan saya : Tutorial Instalasi Driver Hardware.Langkah Keempat; Menghubungkan setiap komputer menjadi satu jaringanLangkah ini adalah menghubungkan komputer server dengan komputer client. Jika anda menghubungkan komputer server dengan lebih dari 1 komputer client maka anda membutuhkan Switch/Hub. Salah satu ujung dari setiap kabel dicolokkan pada port Switch/Hub. Sedangkan ujung kabel lainnya dicolokkan pada port Ethernet Adapter di setiap komputer. 1. Langkah ini dapat mempermudah pada langkah-langkah selanjutnya. Pada sistem operasi Windows, bukalah jendela Network Connection yang ada di jendela Control Panel. Klik kanan pada koneksi yang digunakan Speedy (seperti gambar di bawah), lalu klik Rename dan gantilah namanya menjadi Speedy. 2. Pasanglah Ethernet Adapter di komputer server dan lakukan instalasi driver. Dengan begitu, akan ada dua ethernet adapter yang terpasang di komputer server. Untuk mengetahui cara instalasi driver, anda dapat membaca tulisan saya : Tutorial Instalasi Driver Hardware.Langkah Keempat; Menghubungkan setiap komputer menjadi satu jaringanLangkah ini adalah menghubungkan komputer server dengan komputer client. Jika anda menghubungkan komputer server dengan lebih dari 1 komputer client maka anda membutuhkan Switch/Hub. Salah satu ujung dari setiap kabel dicolokkan pada port Switch/Hub. Sedangkan ujung kabel lainnya dicolokkan pada port Ethernet Adapter di setiap komputer.

18 KESIMPULAN

19 1. Ada lima langkah yang perlu di perhatikan dalam koneksi internet dengan modem speedy telkom 2. Menyiapkan hardware yang diperlukan, meliputi komputer, adapter, Switch/HUB, kabel UTP Melakukan setting pada komputer baik komputer server maupun komputer client 1. Ada lima langkah yang perlu di perhatikan dalam koneksi internet dengan modem speedy telkom 2. Menyiapkan hardware yang diperlukan, meliputi komputer, adapter, Switch/HUB, kabel UTP Melakukan setting pada komputer baik komputer server maupun komputer client


Download ppt "CARA AKSES INTERNET DENGAN MENGGUNAKAN MODEM SPEEDY CARA AKSES INTERNET DENGAN MENGGUNAKAN MODEM SPEEDY."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google