Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Menulis Laporan. Hakikat Laporan Kata laporan berasal dari kata lapor. Kata laporan berasal dari kata lapor. Laporan dapat diberi arti sebagai segala.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Menulis Laporan. Hakikat Laporan Kata laporan berasal dari kata lapor. Kata laporan berasal dari kata lapor. Laporan dapat diberi arti sebagai segala."— Transcript presentasi:

1 Menulis Laporan

2 Hakikat Laporan Kata laporan berasal dari kata lapor. Kata laporan berasal dari kata lapor. Laporan dapat diberi arti sebagai segala sesuatu yang dilaporkan. Laporan dapat diberi arti sebagai segala sesuatu yang dilaporkan. Laporan adalah sebagai informasi tertulis yang dimaksudkan sebagai pertanggungjawaban atas suatu penugasan Laporan adalah sebagai informasi tertulis yang dimaksudkan sebagai pertanggungjawaban atas suatu penugasan Laporan adalah suatu bentuk penyampaian dan penyajian fakta-fakta untuk dimanfaatkan guna mengambil keputusan dan upaya tindak lanjut bagi seseorang/lembaga/badan/instansi tertentu. Laporan adalah suatu bentuk penyampaian dan penyajian fakta-fakta untuk dimanfaatkan guna mengambil keputusan dan upaya tindak lanjut bagi seseorang/lembaga/badan/instansi tertentu.

3 Fungsi dan manfaat laporan Laporan berfungsi untuk mencatat informasi/fakta/peristiwa yang bisa dimanfaatkan, baik untuk kepentingan dirinya sendiri atau pihak lain yang merasa membutuhkannya, jika sewaktu-waktu diperlukan. Laporan berfungsi untuk mencatat informasi/fakta/peristiwa yang bisa dimanfaatkan, baik untuk kepentingan dirinya sendiri atau pihak lain yang merasa membutuhkannya, jika sewaktu-waktu diperlukan. Laporan berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu peristiwa. Laporan berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu peristiwa. Laporan berfungsi untuk merekomendasi tentang sesuatu hal. Laporan berfungsi untuk merekomendasi tentang sesuatu hal.

4 Klasifikasi Laporan Laporan dapat dibagi dua kelompok, yaitu laporan tertulis dan laporan lisan. Laporan dapat dibagi dua kelompok, yaitu laporan tertulis dan laporan lisan. Ditinjau dari jumlah dan keharusan menyampaikan terbagi dua, yaitu laporan reguler dan laporan insidental. Ditinjau dari jumlah dan keharusan menyampaikan terbagi dua, yaitu laporan reguler dan laporan insidental.

5 Macam-macam Laporan Laporan Administrasi adalah pemberian bahan-bahan atau keterangan secara objektif dan berdasarkan kenyataan di bidang personal, material, keuangan, dan tata kantor. Laporan Administrasi adalah pemberian bahan-bahan atau keterangan secara objektif dan berdasarkan kenyataan di bidang personal, material, keuangan, dan tata kantor.

6 Laporan Berkala Laporan rutin yang diberikan secara berkala tentang suatu hal Laporan rutin yang diberikan secara berkala tentang suatu hal

7 Laporan Keuangan Laporan mengenai data keuangan yang berasal dari pembukuan Laporan mengenai data keuangan yang berasal dari pembukuan

8 Laporan Pendidikan Laporan yang memuat hasil prestasi belajar siswa dalam satu kurun waktu belajar tertentu (per carurwulan atau per semester) Laporan yang memuat hasil prestasi belajar siswa dalam satu kurun waktu belajar tertentu (per carurwulan atau per semester)

9 Laporan Kegiatan Laporan yang memuat pelaksanaan suatu kegiatan tertentu, setelah kegiatan tersebut dilaksanakan Laporan yang memuat pelaksanaan suatu kegiatan tertentu, setelah kegiatan tersebut dilaksanakan

10 Panduan Penyusunan Laporan Menentukan topik/tema serta pokok-pokok uraian laporan; Menentukan topik/tema serta pokok-pokok uraian laporan; Merumuskan tujuan yang hendak dicapai; Merumuskan tujuan yang hendak dicapai; Menentukan sasaran laporan; Menentukan sasaran laporan; Memperkirakan sikap/tindakan yang diharapkan dari sisi si penerima laporan; Memperkirakan sikap/tindakan yang diharapkan dari sisi si penerima laporan;

11 Lanjutan Melakukan pengamatan; Melakukan pengamatan; Membuat rincian atau gambaran yang dilaporkan dengan mempertimbangkan kejelasan, keobjektifan, dan kemudahan baca bagi pihak penerima laporan termasuk di dalamnya hal yang berkaitan dengan penggunaan bahasa dan sistematika penyajian laporan yang baik. Membuat rincian atau gambaran yang dilaporkan dengan mempertimbangkan kejelasan, keobjektifan, dan kemudahan baca bagi pihak penerima laporan termasuk di dalamnya hal yang berkaitan dengan penggunaan bahasa dan sistematika penyajian laporan yang baik.

12 Pokok-pokok Isi Laporan Apa maksud dan tujuan dari penyusunan laporan? Apa maksud dan tujuan dari penyusunan laporan? Siapa yang yang akan membaca laporan? Siapa yang yang akan membaca laporan? Apa yang dilaporkan? Apa yang dilaporkan? Informasi apa saja yang diperlukan? Informasi apa saja yang diperlukan? Kapan diperlukan? Kapan diperlukan? Keputusan-keputusan apa yang akan dibuat berdasarkan laporan itu? Keputusan-keputusan apa yang akan dibuat berdasarkan laporan itu? Bagaimana cara/proses menyajikan laporan? Bagaimana cara/proses menyajikan laporan?


Download ppt "Menulis Laporan. Hakikat Laporan Kata laporan berasal dari kata lapor. Kata laporan berasal dari kata lapor. Laporan dapat diberi arti sebagai segala."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google