Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan IX Manajemen Pembiayaan Rumah Sakit. Sumber Modal Jangka Panjang Sumber dana yang digunakan dalam perusahaan jika waktu pengembalian lebih dari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan IX Manajemen Pembiayaan Rumah Sakit. Sumber Modal Jangka Panjang Sumber dana yang digunakan dalam perusahaan jika waktu pengembalian lebih dari."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan IX Manajemen Pembiayaan Rumah Sakit

2 Sumber Modal Jangka Panjang Sumber dana yang digunakan dalam perusahaan jika waktu pengembalian lebih dari 1 tahun Sumber modal jangka panjang ini dapat diperoleh dari modal sendiri (saham)dan modal asing (obligasi, hipotek dan KIK (Kredit Investasi Kecil)

3 Saham preferen mempunyai sifat sebagai utang dan sebagai modal sen diri. Dividen tiap tahun tetap dinyatakan dalam persentase (%) tertentu dan bersifatkumulatif. Saham preferen ini mempunyai hak atas sisa keuntungan setelah dibagikankepada pemilik saham biasa (participating future).

4 Saham biasa merupakan modal sendiri yang berasal dari luar perus ahaan. Saham biasa ini akan menanggung risiko perusahaan sejauh modal yang disetorkan. Saham yang diotorisir adalah jumlah maksimum saham baisa yang boleh dikeluarkan. Out standing stock adalah saham biasa y ang telah dikeluarkan yangdimiliki oleh pemilik.

5 fungsi dari saham saham biasa didalam perusahaan a)Sebagai alat belanja perusahaan dan terutama sebagai alat untuk memenuhikebutuhan akan modal permanen b)Sebagai alat untuk menentukan pembagian laba c)Sebagai alat untuk menguasai perusahaan.

6 Jenis Obligasi Berdasarkan sifatnya, obligasi dibedakan atas : Obligasi Biasa merupakan obligasi yang banyak berlaku dalam dunia bisnis, obligasi ini memberikan bunga bunga (kupon) secara tetap dandiakhir periode berlakunya dibayarka n sebesar nilai nominal obligasi tersebut. Obligasi Konversi merupakan obligasi yang disamping memberikan bunga juga dapat dikonversikan dengan saham perusahaan yang bersangkutan padaharga dan jatuh tempo tertentu

7 Berdasarkan masa jatuh tempo, obligasi dibedakan atas : Obligasi berjangka yaitu obligasi yang memiliki satu tanggal jatuh tempoyang cukup panjang. Obligasi serial yaitu obligasi yangmemiliki serangkaian tanggal jatuht empo

8 Berdasarkan kupon pembayaran, obligasi dibedakan atas : Obligasi Diskon yaitu obligasi yang diperdagangkan dengan harga pasar lebih rendah dari nilai pari dan memberi kupon yang lebih rendah dariobligasi keluaran terbaru. Obligasi Premium yaitu obligasi yang diperdagangkan dengan harga pasar lebih tinggi dari nilai pari dan memberi kupon yang lebih tinggi dari obligasikeluaran terbaru.

9 Berdasarkan syarat penarikan bagi penerbit obligasi, obligasi dibedakan atas : Freely Callable artinya penerbit obligasi dapat menariknya setiap waktu. Non Callable artinya penerbit obligasi tidak dapat menariknya setiap waktu. Deferred Call artinya penerbit obligasi dapat menariknya hanya setelahsuatu jangka waktu tertentu (umumnya 5 s.d 10 tahun).

10 Berdasarkan jenis jaminan yang mendukungnya, maka obligasi dapat dibedakan atas: Obligasi Senior yaitu obligasi yang sepenuhnya terjamin karena didukung oleh tuntutan/hak legal atas kekayaan tertentu milik penerbit, seperti :obligasi hipotek yang dijamin dengan real estate. Obligasi Yunior yaitu obligasi yang hanya dijamin dengan janji penerbituntuk membayar bunga dan prinsipal berdasarkan waktu.Berdasarkan pemegang atas suatu obligasi, maka obligasi dapat dibedakan atas : Obligasi Atas Nama yaitu nama dari pemegang obligasi secara formalterdaftar pada penerbit dan bunga secara otomatis diberikan kepada pemilik tersebut. Obligasi Atas Unjuk yaitu pemegang obligasi dianggap sebagai pemilik.

11 Berdasarkan penerbitnya, maka obligasi dapat dibedakan atas : Obligasi Pemerintah yaitu obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Obligasi Instansi yaitu obligasi yang dikeluarkan oleh instansi milik pemeri ntah, misal BUMN. Obligasi Perusahaan Yaitu obligasi yang dikeluarka oleh perusahaan. Obligasi Institusional yaitu obligasi yang dikeluarkan oleh berbagaiinstitusi swasta yang tidak mencari laba

12 Hipotek (Mortgage) Merupakan hutang jangka panjang yang dijamin dengan aktiva tidak bergerak,seperti tanah dan bangunan. Hipotek berbeda dengan obligasi yangtidak menyebutkan jaminannya dalam hutang jan gka panjang tersebut. Hipotek menyatakan secara jela s aktiva yang dipakai sebagai jaminan. Dalam peristiwa likuidasi, aktiva-aktiva tersebut dijual dan hasilnya dibayar terlebih dahulu kepada pihak yang memberikan hipotek.

13 Kredit Investas Kecil (KIK) kredit jangka menengah atau panjang yangdiberikan kepada pengusaha/perusahaan kecil pribumi dengan persyaratan dan prosedur khusus, guna pembiayaan barang- barang modal serta jasa yang diperlukan untuk rehabil itasi, modernisasi, perluasan proyek dan pendirian proyek baru

14 Biaya Hutang Jangka Panjang Biaya hutang menunjukkan beberapa biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan karena perusahaan menggunakan dana yang berasal dari pinjaman.Rumus untuk menghitung biaya hutang : Keterangan : K’d : Biaya hutang setelah pajak Kd : Tingkat suku bunga hutang T : Tarif pajak K’d = Kd ( 1 – T )

15 Perusahaan A memiliki 40% hutang jangka panjang, dengan tingkat suku bunga yang berlaku atas hutang tersebut sebesar 21% dan tarif pajak 30%. Maka biaya hutang jangka panjang setelah pajak dapat dihitung sebagai berikut : K’d = Kd (1 - T) = 21% ( 1 – 0,3 ) = 0,147 = 14,7 %

16 TERIMA KASIH


Download ppt "Pertemuan IX Manajemen Pembiayaan Rumah Sakit. Sumber Modal Jangka Panjang Sumber dana yang digunakan dalam perusahaan jika waktu pengembalian lebih dari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google