Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

By Dwi Riastuti,M.Pd..  Standar Kompetensi: Memahami system dalam kehidupan tumbuhan.  Kompetensi Dasar: Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "By Dwi Riastuti,M.Pd..  Standar Kompetensi: Memahami system dalam kehidupan tumbuhan.  Kompetensi Dasar: Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan."— Transcript presentasi:

1 By Dwi Riastuti,M.Pd.

2  Standar Kompetensi: Memahami system dalam kehidupan tumbuhan.  Kompetensi Dasar: Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energy pada tumbuhan hijau.

3 1. Menjelaskan definisi fotosintesis 2. Menunjukkan bagian-bagian tumbuhan yang berperan dalam fotosintesis 3. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis 4. Melakukan percobaan tentang fotosintesis.

4  Fotosintesis adalah pemanfaatan energy cahaya matahari (cahaya matahari buatan) oleh tumbuhan berhijau daun atau bakteri untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi karbohidrat  Tanaman hijau menggunakan pigmen yang disebut klorofil untuk mengubah energi sinar matahari menjadi energi kimia.  Tanaman mengambil dan menggabungkan energi cahaya dengan enam molekul karbon dioksida dan enam molekul air untuk membentuk satu molekul glukosa dan enam molekul oksigen.

5

6

7

8

9

10

11 UnguNilaBiruHijauKuningJinggaMerah mμ mμ mμ mμ mμ mμ mμ  Sinar yang paling banyak diserap Klorofil  Biru (“Nila”) dan Merah  Energi yang diberikan Oleh SINAR Tergantung : 1)Kualitas  Panjang gelombang 2)Intensitas  Banyak sinar per 1 cm2 per detik 3)Waktu  Lama penyinaran

12

13 Fotosintesis Terjadi Dua Tahap : 1.Reaksi Terang : Tahap ini Energi Matahari ditangkap Oleh pigmen (Klorofil) diubah menjdi energi kimia (ATP) dan senyawa periduksi (NADPH2)  Tahap ini dikenal denngan REAKSI TERANG atau REAKSI HILL. Pada reaksi ini H2O diurai menjadi 2H + dan 1/2O2. Molekul H + dipakai untuk mereduksi NADP + menjadi NADPH2. H2O + NADP+ ADP +Pi  1/2O2 + NADPH2 + ATP 2. Reaksi Gelap : Pada tahap ini senyawa kimia berenergi tinggi (NADPH2 dan ATP) yang dihasilkan pada reaksi terang digunakan untuk proses reaksi reduksi CO2 menjdi Glukosa CO2 + NADPH2+ ATP  Glukosa + NADP+ + ADP + Pi MEKANISME FOTOSINTESIS

14 REAKSI GELAP (Fiksasi CO2) Reaksi Gelap : Merupakan reaksi yang berlangsung tidak memerlukan cahaya matahari. Dapat berlansung siang dan malam hari. Pada tahap ini berlansung fiksasi CO2, yang selanjutnya akan diubah menjdi Karbohidrat. Reaksi gelap berlangsung pada STROMA kloroplas. Reaksi Gelap : Merupakan suatu siklus yang sangat panjang, yang dikenal dengan DAUR CALVIN

15  Fotosintesis dipengaruhi oleh beberapa factor, yaitu 1. cahaya, 2. pigmen penyerap cahaya, 3. suhu, 4. ketersediaan karbon dioksida dan air. Jika factor-faktor tersebut tidak ada atau jumlanya tidak memadai, maka proses fotosintesis akan terganggu.

16  merupakan sumber energy untuk fotosintesis. Energi cahaya yang diserap oleh tumbuhan tergantunnng pada :  a. inttensitas sumber cahaya  b. panjang gelombang cahaya  c. lama penyinaran  Pigmen klorofil menyerap lebih banyak cahaya terlihat pada warna biru ( nanometer) dan merah ( nanometer) dibandingkan hijau ( nanometer).  Cahaya hijau ini akan dipantulkan dan ditangkap oleh mata kita sehingga menimbulkan sensasi bahwa daun berwarna hijau.

17  merupakan pigmen penyerap energy cahaya. Untuk membuat klorofil diperlukan ion (zat) magnesium yang diserap dari tanah.

18  3. Konsentrasi karbon dioksida, pengaruhnya paling besar terhadap fotosintesis karrena keberadaanya terbatas.  4. Suhu, mempengaruhi kerja enzim untuk fotosintesis. Jika suhu naik, kerja enzim akan meningkat dua kali lipat (tapi) hanya pada suhu tertentu, dan jika suhu terlalu tinggi, justru akan merusak kerja enzim.  5. Air, jika kekurangan air, stomata menutup sehingga menghalangi masuknya karbon dioksida.


Download ppt "By Dwi Riastuti,M.Pd..  Standar Kompetensi: Memahami system dalam kehidupan tumbuhan.  Kompetensi Dasar: Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google