Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nama: Edgar S. Prakoso NPM : 3333 081568 RESUME JURNAL UTILITAS ALAT PENGENDALIAN KUALITAS DAN SPC UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS PADA PERINDUSTRIAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nama: Edgar S. Prakoso NPM : 3333 081568 RESUME JURNAL UTILITAS ALAT PENGENDALIAN KUALITAS DAN SPC UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS PADA PERINDUSTRIAN."— Transcript presentasi:

1 Nama: Edgar S. Prakoso NPM : RESUME JURNAL UTILITAS ALAT PENGENDALIAN KUALITAS DAN SPC UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS PADA PERINDUSTRIAN

2 Statistical Process Control (SPC) bertujuan untuk mengontrol kualitas karakteristik pada metode, mesin, produk, peralatan baik bagi perusahaan dan operator. Untuk dapat bertahan dalam pasar yang kompetitif, peningkatan kualitas dan produktivitas produk atau proses adalah suatu keharusan bagi setiap perusahaan. Statistik proses kontrol (SPC) adalah salah satu alat yang penting dalam kontrol kualitas (QC)

3 Alat utama SPC adalah Shewhart control chart. Shewhart control chart mengkuantifikasi variasi sebagai sebab khusus atau penyebab umum SPC digunakan untuk menggambarkan variabilitas yang dapat dikendalikan atau tidak dapat dikendalikan. Variabilitas ini disebut juga penyebab umum atau sebab khusus. Jika tidak ada variabilitas karena penyebab khusus, berarti proses secara statistik di bawah kontrol. Jika proses secara statistik di bawah kontrol, peneliti bisa menyimpulkan bahwa, proses tersebut memenuhi kapabilitas (kemampuan).

4 Bentuk dasar peta kendali

5 Program perbaikan kualitas dirancang dan diperbaiki untuk meningkatkan potensial membuat lebih banyak keuntungan. Dengan meningkatkan kualitas, juga berarti peningkatan produktivitas dan menurunkan tingkat reject. Tujuannya agar dapat dimasukkan dalam rencana bisnis dan sebagai derajat dari keunggulan produk atau jasa diberikan kepada pelanggan. Peningkatan kualitas seharusnya tidak hanya terfokus pada pelanggan eksternal tetapi juga pelanggan internal.

6 Parasuraman et al. (1988) mengidentifikasi lima layanan dimensi dari survey di industri mereka dan mengembangkan kualitas pelayanan pengukuran disebut skala SERVQUAL, yang telah menjadi banyak digunakan pengukuran skala pelayanan kualitas (Athanassopoulos, 1998; Lee et al, 2000.; Soteriou dan Chase, 1998; Soteriou dan Zenios, 1999). TOPSIS (Hwang dan Lin, 1987) dan Fungsi Rugi (Ross, 1988) juga pengukuran alternatif persepsi kualitas.

7 Statistik Quality Control (SQC) adalah metode ilmiah untuk menganalisis data manufaktur. Berdasarkan analisa ini, tindakan yang diambil untuk menjaga kualitas diproduksi produk. Salah satu teknik yang digunakan untuk memantau proses manufaktur dan memberikan Komentar adalah Statistical Process Control (SPC). Peta kendali mencerminkan batas spesifikasi, yaitu Batas Atas Spesifikasi (USL) dan pesifikasi Batas Bawah (LSL). Selain itu, memiliki batas kontrol atas dan bawah yang berada dalam batas-batas spesifikasi. Upper Control Limit (UCL) dan Lower Control Limit (LCL) ditentukan dengan cara mengevaluasi dispersi (variabilitas) dalam proses.

8 Pengendalian proses statistik bertujuan untuk menghasilkan produk yang di paling ekonomis dan bermanfaat dengan menggunakan prinsip dan teknik statistik pada setiap tahap produksi. Tujuh alat kontrol kualitas dasar: Check Sheet Pareto Chart Histogram Scatter Diagram Process Flow Chart Cause and Effect Diagram or Fish Bone Diagram Control Chart

9 Ada dua tipe dasar peta kendali, tergantung pada jenis data dikumpulkan; yaitu peta kendai untuk variabel dan peta kendali atribut. peta kendali variabel dirancang untuk mengontrol karakteristik produk dan parameter proses yang diukur dalam skala berkelanjutan.


Download ppt "Nama: Edgar S. Prakoso NPM : 3333 081568 RESUME JURNAL UTILITAS ALAT PENGENDALIAN KUALITAS DAN SPC UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS PADA PERINDUSTRIAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google