Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS PENGENDALIAN KUALITAS BEBERAPA PENGALAMAN IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KUALITAS DI PERUSAHAAN MALAYSIA Dipresentasikan Oleh: Ade Saftian Al-Bantani.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS PENGENDALIAN KUALITAS BEBERAPA PENGALAMAN IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KUALITAS DI PERUSAHAAN MALAYSIA Dipresentasikan Oleh: Ade Saftian Al-Bantani."— Transcript presentasi:

1 TUGAS PENGENDALIAN KUALITAS BEBERAPA PENGALAMAN IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KUALITAS DI PERUSAHAAN MALAYSIA Dipresentasikan Oleh: Ade Saftian Al-Bantani ( ) Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2011

2 Abstrak Penelitian menyajikan tentang penerapan pengendalian kualitas terhadap tiga perusahaan-perusahaan di malaysia dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan pengendalian kualitas teknik dalam perusahaan. Pemilihan teknik pengendalian mutu untuk diterapkan dalam perusahaan-perusahaan ini dipengaruhi oleh tiga faktor: 1. kemudahan penggunaan teknik ini. 2. kemampuan untuk mengukur pemenuhan spesifikasi produk. 3.kemampuan untuk meningkatkan kualitas kritis dan produktivitas masalah

3 Latar Belakang Quality control telah banyak diterapkan di sektor manufaktur dan jasa. Terdapat teknik yang sering digunakan untuk pengendalian kualitas diantaranya: statistical process control (SPC) tools, acceptance sampling, quality function deployment (QFD), failure mode, effects analysis (FMEA), six sigma, disain of experiment (DoE).

4 Latar belakang (lanjutan) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan penerapan pengendalian kualitas di tiga perusahaan di malaysia dan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi pemilihan teknik implementasi Quality Control di perusahaan Malaysia.

5 Pengendalian kualitas Kualitas didefinisikan sebagai spefikasi dalam memenuhi kebutuhan pelanggan atau tanpa cacat. A sebuah produk dapat dikatakan memiliki kualitas tinggi jika berfungsi seperti yang diharapkan dan dapat diandalkan. Sebagian besar alat dan teknik untuk mengontrol kualitas adalah teknik statistik. Kualitas teknik kontrol dapat diklasifikasikan menjadi dasar, menengah, dan naik

6 Implementasi Pengendalian kualitas SPC adalah pendekatan statistik untuk membantu operator dan manajer untuk mengelola kualitas untuk menghilangkan penyebab khusus variabilitas dalam proses dimana peran awal SPC adalah untuk mencegah kerusakan produk atau proses. DoE dan metode Taguchi adalah alat yang kuat untuk produk dan pengembangan proses. FMEA merupakan metode yang kuat untuk mendeteksi di mana tepatnya masalah dapat terjadi dan untuk memprioritaskan kemungkinan masalah dalam urutan keparahannya. six sigma juga merupakan alat statistik untuk memastikan produk bebas cacat melalui proses yang dilakukan secara berkesinambungan.

7 Metode penelitian Penelitian ini dilakukan di tiga perusahaan: perusahaan A, Perusahaan B dan Perusahaan C.

8 Produksi perusahaan Perusahaan A  adalah anak perusahaan dari lokal milik Power Limited Nasional yang menghasilkan berbagai kabel mulai dari kualitas rendah sampai kualitas tinggi untuk menjadi perusahaan pemasok utama kabel listrik di negara malaysia maka salah satu cara adalah dengan memstikan kabel berkualitas tinggi, maka perlu dilakukan pemeriksaan untuk memastikan kabel dalam keadaan baik.

9 Produksi Perusahaan (lanjutan) Perusahaan A  hal yang perlu dilakukan adalah dengan memilih sampel acak dari banyak produksi dan memeriksa kabel cacat dalam sampel (jika ada), Informasi ini juga berguna bagi manajemen untuk membuat penyesuaian dalam produksi untuk memastikan kabel memenuhi spesifikasi. Pengukuran dilakukan dengan cara mengambil 6 kabel secara acak dipilih dari banyak produksi misalnya 100 kabel, kemudian diukur diameter luar, untuk memastikan bahwa mereka berada dalam spesifikasi, alat yang digunakan adalah Caliper yang digunakan untuk mengukur diameter ketebalan Jika diameter diukur berada dalam spesifikasi minimum dan maksimum, kabel dianggap lulus untuk inspeksi masing masing kabel akan dilakukan pengukuran sekali kemudian ditulis di Checksheet form.

10 Contoh checksheet

11 Produksi Perusahaan (lanjutan) Perusahaan B  adalah produsen minuman ringan, maka perlu dilakukan pemantauan terhadap kualitas minuman termasuk jumlah campuran, suhu, jumlah asam, untuk unsur terpenting dalam memproduksi minuman adalah jenis gula atau disebut Brix atau Soliber Solid dan karbon dioksida (CO ²) antara antara 10,7 ° sampai 11,0 ° dengan melakukan 10 kali tes untuk memastikan masih berada pada bawah batas kontrol. Adapun tekanan karbon dioksida, nilai spesifikasi adalah antara 29 sampai 30 Peta kendali digunakan untuk memantau apakah bahan yang stabil.

12 Produksi Perusahaan (lanjutan)

13 Peta kendali perusahaan B

14 Produksi Perusahaan (lanjutan) Perusahaan C  adalah perusahaan yang memproduksi barang plastik, cara yang digunakan adalah dengan menggunakan lembaran checksheet, Penyebab dan Efek- diagram, brainstorming dan FMEA

15 Produksi Perusahaan (lanjutan) tahapan aplikasi FMEA

16

17

18 Kesimpulan Di antara berbagai teknik kontrol kualitas yang diterapkan di perusahaan, SPC adalah yang paling populer. FMEA diterapkan di salah satu perusahaan terutama untuk membantu perusahaan dari kerugian finansial QC telah meningkatkan moral untuk memberikan kontribusi untuk keunggulan perusahaan.

19 Thank u 4 attention See u


Download ppt "TUGAS PENGENDALIAN KUALITAS BEBERAPA PENGALAMAN IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KUALITAS DI PERUSAHAAN MALAYSIA Dipresentasikan Oleh: Ade Saftian Al-Bantani."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google