Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ecin Kuraesin MM-10. 401.  Bidang miring adalah bidang dataryang salah satu ujungnya lebih tinggi dari ujung. Sekrup atau baut sering digunakan untuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ecin Kuraesin MM-10. 401.  Bidang miring adalah bidang dataryang salah satu ujungnya lebih tinggi dari ujung. Sekrup atau baut sering digunakan untuk."— Transcript presentasi:

1 Ecin Kuraesin MM

2  Bidang miring adalah bidang dataryang salah satu ujungnya lebih tinggi dari ujung. Sekrup atau baut sering digunakan untuk membuat gandengan antara dua benda padat. Jika sekrup diputar, maka sedikit demi sedikit gandengan itu akan menjadi semakin kokoh. Ulir sekrup bekerja atas dasar bidang miring.

3  Pernahkah kamu melihat seseorang yang memindahkan benda sangat berat menggunakan papan miring? Misalnya, menaikkan kotak penuh isi ke dalam bak truk. Pernahkah kamu melewati jalan menanjak? Jalan menuju puncak atau bukit tidak lurus dari bawah langsung ke puncak. Tanjakan yang lurus akan lebih sulit didaki karena memiliki tingkat kemiringan yang lebih tinggi. Jalan menanjak sengaja dibuat berkelokkelok bertujuan untuk mengurangi kemiringan.

4

5  Pernahkah kalian kesulitan mencabut paku yang menempel di papan? Alat-alat yang bekerja menggunakan prinsip pengungkit (tuas), misalnya: gunting, pencabut paku, tang (catut), pcmccah biji, sckop, kail, gcrobak dorong, dan papan jungkatjungkit. Pengungkit merupakan pesawat paling scdcrhana. Bcrdasarkan lctak titik tumpunya (fulkrum) pengungkit dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:

6  Pengungkit jenis pertama memiliki titik tumpu yang berada di antara titik beban dan titik kuasa. Contoh, pencabut paku, jungkat- jungkit, tang, gunting, dan timbangan.

7  Pada pengungkit jenis kedua, beban berada di antara titik tumpu dan kuasa. Contohnya, gerobak dorong satu roda, pemecah kemiri (kacip), dan pemotong kertas.

8  Adapun pada pengungkit jenis ketiga, kuasa terletak di antara titik tumpu dan beban. Contoh, sekop dan lengan.

9  Katrol adalah sebuah roda kecil yang tepinya teratur dan dapat berputar pada sebuah poros. Katrol merupakan pesawat sederhana yang dapat mengubah arah gaya sehingga dari gaya tarik yang arahnya ke bawah menjadi gaya angkat yang arahnya ke atas.

10 Berdasarkan kedudukannya, katrol dibedakan menjadi 2 (dua) jenis, yaitu katrol tetap dan katrol bebas.  Katrol tetap dipasang pada posisi tertentu yang tidak pernah berubah meskipun sedang digunakan.  Katrol bebas, kedudukan katrol akan berubah-ubah selama dalam pemakaian

11

12

13  Roda berporos merupakan pesawat sederhana yang sangat penting karena digunakan pada pesawat yang rumit (modern), seperti: roda motor, sepeda, mobil, pesawat terbang, dan lain-lain.


Download ppt "Ecin Kuraesin MM-10. 401.  Bidang miring adalah bidang dataryang salah satu ujungnya lebih tinggi dari ujung. Sekrup atau baut sering digunakan untuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google