Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Guru Pembimbing : Wagimin S.Pd Di susun oleh kelompok : V  Devi Lestari  Putri Amalia Sari  Agus Hariadi PENERAPAN HUKUM BERNUOLLI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Guru Pembimbing : Wagimin S.Pd Di susun oleh kelompok : V  Devi Lestari  Putri Amalia Sari  Agus Hariadi PENERAPAN HUKUM BERNUOLLI."— Transcript presentasi:

1 Guru Pembimbing : Wagimin S.Pd Di susun oleh kelompok : V  Devi Lestari  Putri Amalia Sari  Agus Hariadi PENERAPAN HUKUM BERNUOLLI

2 Hukum Fisika dari Bernoulli adalah sebagai berikut : ‘’Bagi zat – zat cair yang tidak dimampatkan dan yang mengalir secara stasioner,jumlah tenaga gerak,tenaga tempat dan tenaga tekanan adalah konstan.’’ Itulah bunyi hukum Bernoulli yang dikemukakan pada tahun Nama asli sang penemu adalah Daniel Bernoulli. Lahir pada tanggal 8 februari 1700 di Groningen, Dutc Republik dan meninggal pada 17 maret 1782 di Basel, Republic of the swiss. Penemu Hukum Bernoulli

3 Daniel Bernoulli adalah sebuah keluarga yang hebat dalam bidang matematika namun pada awalnya ia kerap dipaksa oleh sang ayah untuk mempelajari bidang lain seperti bidang bisnis dan kedokteran. Berbekal keahliannya dalam matematika Daniel Bernoulli menemukan cara mengukur tekanan darah disitulah awal mula teori hidrodinamika yang terkenal itu di mulai. Hingga akhirnya ia berkonsentrasi pada pembahasan aplikasi matematika dalam bidang fisika mengenai aliran zat cair dan gas ( mekanika fluida ). SEJARAH PENEMU HUKUM BERNOULLI

4 DASAR TEORI Hukum bernoulli dalam bentuknya yang sudah disederhanakan, secara umum terdapat dua bentuk persamaan bernoulli yang pertama berlaku untuk aliran tak termampatkan dan yang lain adalah untuk fluida termampatkan.  Aliran tak termampatkan adalah aliran fluida yang dicirikan dengan tidak berubahnya besaran kerapatan massa ( densitas ) dari fluida di sepanjang aliran tersebut. Contoh fluida tak termampatkan adalah air,berbagai jenis minyak,emulsi,dll.

5 Aliran tak termampatkan adalah aliran fluida yang dicirikan dengan berubahnya besaran kerapatan massa ( dentitas ) dari fluida sepanjang aliran tersebut. Contoh fluida termampatkan adalah udara,gas,alam.dll Contoh hukum Bernoulli dalam kehidupan sehari – hari : Tabung Venturi Tabung venturi adalah sebuah pipa yang memiliki bagian yang menyempit dua contoh tabung venturi adalah karburator mobil dan venturimeter.

6 - Tabung pitot Tabung pitot adalah alat ukur yang kita gunakan untuk mengukur kelajuan gas. Dibawah ini adalah gambar tabung pitot ! - Penyemprot farfum - Penyemprot racun serangga

7 Pesawat terbang Mari kita lihat dan kita perhatikan bersama – sama gambar pesawat ingin terbang dan saat ia terbang di udara !!! Perhatikan gambar diatas adalah gambar pesawat terbang kita akan mengetahui perbedaan tekanan udara di atas dengan dibawah sayap membuat pesawat dapat terbang.

8 Untuk Lebih jelasnya mari kita lihat dan simak video berikut ini !

9 Perhatikan penjelasannya !!! Sayap pesawat terbang di desain sedemikian rupa sehingga jika pesawat bergerak, terjadi arus udara di atas dan dibawah pesawat.Bagian sayap atas dibuat agak melengkung. Hal itu nenyebabkan udara yang melalui bagian atas sayap bergerak lebih cepat dari pada udara yang melalui bagian bawah sayap. Akibatnya tekanan udara di atas sayap lebih kecil dari pada dibawah sayap pesawat. Selisih tekanan itulah yang merupakan gaya angkat pesawat.Jika gaya angkat itu lebih besar dari pada berat pesawat, maka pesawat terangkat naik. Jika pesawat bergerak lebih cepat, gaya angkatannya makin besar sehingga pesawat naik lebih tinggi. Sebaliknya, jika pesawat diperlambat gaya angkatannya berkurang sehingga pesawat akan turun. Prinsip terangkatnya pesawat terbang berbeda dengan roket. Roket dapat terbang meskipun tidak ada.Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa hukum bernoulli adalah apabila lajunya lebh tinggi maka tekanannya lebih kecil.dan sebaliknya apabila lajunya lebih kecil maka tekanannya lebih besar.


Download ppt "Guru Pembimbing : Wagimin S.Pd Di susun oleh kelompok : V  Devi Lestari  Putri Amalia Sari  Agus Hariadi PENERAPAN HUKUM BERNUOLLI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google