Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DONGENG Oleh : Nina Kartini Rahdiana. Definisi Dongeng Dongeng adalah : suatu kisah yang di angkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata suatu alur perjalanan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DONGENG Oleh : Nina Kartini Rahdiana. Definisi Dongeng Dongeng adalah : suatu kisah yang di angkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata suatu alur perjalanan."— Transcript presentasi:

1 DONGENG Oleh : Nina Kartini Rahdiana

2 Definisi Dongeng Dongeng adalah : suatu kisah yang di angkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata suatu alur perjalanan hidup dengan pesan moral, yang mengandung makna hidup dan cara berinteraksi dengan mahluk lainnya. Dongeng juga merupakan dunia hayalan dan imajinasi, dari pemikiran seseorang yang kemudian di ceritakan secara turun- temurun dari generasi ke generasi.imajinasi

3 Jenis jenis Dongeng Dongeng dapat digolongkan menjadi beberapa jenis, antara lain yaitu: 1. Fabel (cerita binatang) seperti : cerita Si Kancil, Kera dan Kura, dan lain – lain 2. Cerita jenaka (cerita yang lucu): contoh: ‘Si Kabayan’, ‘Lebai Malang’ dan lain – lain 3. Legenda (cerita berkaitan dengan asal – usul tempat) contoh: ‘Tangkupan Perahu’, Roro Mendut’, ‘Danau Toba’ dan lain sebagainya 4. Mite (cerita dewa – dewi, makhluk halus, dan hal – hal goib) contohnya: ‘Nyi Roro Kidul’, ‘Roro Jonggrang’ dan lain sebagainya 5. Sage (cerita dongeng yang mengandung unsur sejarah) contoh: ‘Tutur Tinular’, ‘Paraton’ dan lain sebagainnya 6. Parabel (cerita yang berisi unsur pedidikan atau keagamaan) contoh: ‘Damarwulan’, ‘cerita sepasang selop putih’ dan lain sebagainnya.

4 Unsur Intrinsik Dongeng Tema Tokoh Perwatakan Latar Alur Pesan


Download ppt "DONGENG Oleh : Nina Kartini Rahdiana. Definisi Dongeng Dongeng adalah : suatu kisah yang di angkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata suatu alur perjalanan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google