Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Alat-alat Optik TUJUAN : Mendiskripsikan alat-alat optik dan penerapannya sehari-hari MATERI : Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik. Menggambarkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Alat-alat Optik TUJUAN : Mendiskripsikan alat-alat optik dan penerapannya sehari-hari MATERI : Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik. Menggambarkan."— Transcript presentasi:

1 Alat-alat Optik TUJUAN : Mendiskripsikan alat-alat optik dan penerapannya sehari-hari MATERI : Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik. Menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina

2 Apa yang dimaksud alat optik Alat-alat yang dibuat oleh manusia untuk membantu mata dalam mengamati objek- objek yang sukar diinterpretasikan oleh mata telanjang.

3 Sebutkan alat-alat yang termasuk alat optik Alat optik terdiri dari : mata, kamera, kaca mata, lup, mikroskop dan teropong.

4 Jelaskan fungsi bagian-bagian mata Bagian-bagian mata : kornea : bagian depan mata yang memiliki lengkungan lebih tajam dan dilapisi oleh selaput bening. Cairan ( aquaeous humor ) adalah cairan yang terdapat di belakang kornea yang berfungsi untuk membiaskan cahaya yang masuk ke dalam mata. Lensa mata atau lensa kristalin adalah bahan bening, kenyal dan berserat terletak di belakang cairan yang berfungsi mengatur pembiasan yang disebabkan oleh cairan di depan lensa. Iris adalah selaput yang membentuk celah lingkaran yang berfungsi memberi warna pada mata. Pupil adalah celah lingkaran yang dibentuk oleh iris dan berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk ke mata. Contoh di tempat gelap pupil melebar dan di tempat sangat terang pupil mengecil. Selaput jala atau retina adalah permukaan belakang mata yang berfungsi untuk menangkap bayangan nyata yang dibentuk oleh lensa mata atau sebagai layar. Bintik kuning adalah bagian dari retina yang sangat peka terhadap cahaya yaitu tempat yang paling tepat membentuk bayangan. Sel batang dan sel kerucut adalah sel-sel yang jumlahnya berjuta-juta yang terdapat dalam bintik kuning, fungsinya mengirim sinyal-sinyal melalui syaraf optik menuju ke otak. Otaklah yang menterjemahkan bayangan yang dilihat.

5 Jelaskan pembentukan bayangan pada mata Saat melihat jauh Saat melihat dekat

6 Sebutkan sifat bayangan pada mata Bayangan yang ditangkap retina bersifat : nyata, terbalik dan diperkecil dan terletak di antara F dan 2 F lensa mata.

7 Jelaskan yang dimaksud dengan daya akomodasi mata? Daya akomodasi mata adalah menebal atau menipisnya lensa sesuai dengan benda yang dilihatnya agar bayangan jatuh tepat pada retina.

8 Apa perbedaan antara titik dekat dengan titik jauh mata. Jangkauan penglihatan mata terletak antara titik dekat mata ( punctum proximum ) dengan titik jauh mata ( punctum remotum ). Jarak bayangan ( jarak antara lensa mata dan retina ) selalu tetap, maka jarak benda yang dilihat mata dapat berubah-ubah di antara titik dekat dan titik jauh mata ( dalam jangkauan penglihatan ). Akibatnya jarak fokus lensa juga diubah-ubah.

9 Apa yang dimaksud dengan titik dekat dan titik jauh mata? Titik dekat mata ( punctum proximum ) adalah titik terdekat yang masih masih dapat dilihat dengan jelas oleh mata berakomodasi maximum. Titik dekat mata normal antara 25 sampai 30 cm Titik jauh mata ( punctum remotum ) adalah terjauh yang dapat dilihat dengan jelas oleh mata tidak berakomodasi. Titik jauh mata normal tak berhingga.


Download ppt "Alat-alat Optik TUJUAN : Mendiskripsikan alat-alat optik dan penerapannya sehari-hari MATERI : Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik. Menggambarkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google