Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perancangan Interior Rumah Komik Indonesia di Surabaya

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perancangan Interior Rumah Komik Indonesia di Surabaya"— Transcript presentasi:

1 Perancangan Interior Rumah Komik Indonesia di Surabaya
NOVI SUSANTI KELOMPOK 10 MARIANA. W, S.Sn, M.MT Dra. ANIK RAKHMAWATI

2 + LATAR BELAKANG Invasi komik cerita ber- GAMBAR dan cerita PENDEK
ERA 1930 ERA ERA ERA Komik Indonesia Era Budaya Indonesia Era Politik dan Nasionalisme Era Superhero Indonesia Era Tionghoa Barat Invasi komik Komik Era keatas + Perancangan Rumah Komik Indonesia di Surabaya Komik Indonesia menjadi tuan di negeri sendiri Your date here Your footer here

3 BAGAIMANA MERANCANG RUMUSAN MASALAH
Interior Rumah Komik Indonesia yang EDUKATIF dan INFORMATIF kepada PENGUNJUNG ? BAGAIMANA MERANCANG Interior Rumah Komik Indonesia yang MEWADAHI komikus untuk BERKARYA, MEMAMERKAN dan MEMASARKAN karyanya? Your date here Your footer here

4 GRAMEDIA EXPO-CONVENTION HALL A+B
LINGKUP + LOKASI PERANCANGAN JALAN BASUKI RAHMAT SURABAYA +/- SITE: + DEKAT CBD SURABAYA-PUSAT HIBURAN, SUDAH DIKETAHUI PUBLIK SURABAYA DAN DEKAT DENGAN TOKO BUKU GRAMEDIA SEHINGGA BISA BERKEMBANG LEBIH LAGI + AKSES TRANSPORTASI MUDAH DITEMUKAN, SEPERTI BEMO-TAXI-BUS KOTA DAN PUBLIK SEPERTI JEMBATAN PENYEBRANGAN DAN ZEBRA CROSS AGAK PADAT DI SAAT-SAAT WEEKEND JALUR PERLU WAKTU UNTUK MEMUTAR LINGKUP PERANCANGAN LUAS PERANCANGAN: 1140 M2 FASILITAS YANG ADA: - FASILITAS INFORMASI - FASILITAS PAMERAN - FASILITAS EDUKASI - FASILITAS PUBLIK KOMERSIAL - RUANG SERVIS DENAH GRAMEDIA EXPO Your date here Your footer here

5 PROSES DESAIN MASALAH +PROBLEM SOLVING RUMAH KOMIK INDONESIA STUDI
PUSTAKA PROSES DESAIN TUJUAN: MENARIK MINAT MASYARAKAT UNTUK KEMBALI MENCINTAI KOMIK INDONESIA ANALISIS KOMIK INDONESIA BISA MENJADI TUAN DI NEGERI SENDIRI PROGRAMMING KONSEP (PICTURE AND STORY) LATAR BELAKANG KOMIK INDONESIA KEHILANGAN IDENTITAS KURANGNYA MINAT MASYARAKAT KE KOMIK INDONESIA – AWARENESS DAN DISTRIBUSI -PERMAINAN BIDANG GEOMETRIS-STILASI ELEMEN KOMIK -WARNA CORPORATE PENGULANGAN BENTUK MINIMALISIR TEXT MASALAH +PROBLEM SOLVING RUMAH KOMIK INDONESIA Your date here Your footer here

6 ANALISA +PROBLEM SOLVING
JENDELA DIBUAT  PENGGUNAANPENCAHAYAAN BUATAN BISA DIMINIMALISIR TAK ADA JENDELA PLAFON TINGGI MEZANIN  RUANG YANG DIHASILKAN TIDAK TERKESAN TERLALU TINGGI/ RENDAH+MENAMBAH KEBUTUHAN JUMLAH RUANG Existing TERLALU MASIF/ TERTUTUP MENYAMARKANDESAIN YANG DIRANCANG TIDAK TERLALU MASIF NAMUN BISA SECARA FUNGSIONAL MEMISAHKAN RUANG ITU SENDIRI TEKNOLOGI INTERAKTIF YANG BISA DIGUNAKAN PENGUNJUNG SIGNAGE MENARIK INFORMATIF Rumusan Masalah EDUKATIF KEBUTUHAN RUANG FUNGSIONAL  EDUKATIF MEMASARKAN, MEMAMERKAN DAN MEWADAHI KEBUTUHAN RUANG YANG MEMAKSIMALKAN FUNGSINYA Your date here Your footer here

7 KONSEP + SKETCH THE PICTURE AND STORY COMIC ESSENCE -SEMI FORMAL
FORMULA UNTUK MEMBUAT KOMIK, TANPA CERITA, KOMIK HANYA SEBUAH GAMBAR DAN TANPA GAMBAR, KOMIK HANYA SEBUAH CERITA MEMBOSANKAN PICTURE STORY FLOW-PLOT - PESAN YANG DISAMPAIKAN MELALUI PENATAAN YANG BAIK LEBIH MUDAH DITERIMA (ALIM SUMARMO, M. PD) - A PICTURE WORTH A THOUSAND WORD (CHINESE PROVERB) - KOMUNIKASI NON VERBAL PERTAMA MANUSIA (MARCELL BONEFF) SUASANA RUANG -SEMI FORMAL TIDAK MENGEKANG PENGUNJUNG MENGARAHKAN NAMUN MEMBERI KEBEBASAN POLA PENATAAN LINEAR BERCABANG WARNA MINIMALISM TEXT SIGNAGE ANALOGI BENTUK DASAR KOMIK WARNA CORPORATE ALAM - TRANSPARANT BUATAN: FIBER LOGAM DLL MATERIAL INTERIOR + MEBEL Your date here Your footer here

8 KONSEP+ SKETCH MATERIAL WARNA: ORGANISASI+ SIRKULASI
DOMINASI WARNA KOMIK+ CORPORATE MONOCHROME HITAM-PUTIH WARNA DASAR KOMIK  DISPLAY MERAH CORPORATE KOLONI PENERBIT BUKU KOMIK KHUSUS LOKAL DARI GRAMEDIAPOWER -COKLAT (AKSEN) ELEMEN INDONESIA-NETRAL KONSEP+ SKETCH DOMINASI LOGAM-MULTIPLEKS- FIBER LOGAM+MULTIPLEKS SIGNAGE FIBER PLAFON ORGANISASI+ SIRKULASI MEBEL BENTUK: POLA PENATAAN TERARAH-MENYEBAR THE PICTURE AND STORY SIRKULASI LINEAR BERCABANG INTERIOR LAYOUT TEKNOLOGI-INFORMATIF -INTERACTIVE TOUCH SCREEN -STANDING PLASMA AKUSTIK PANEL AKUSTIK GLASSWOOL SPEAKER GANTUNG SPEAKER TANAM (DISPLAY) PENCAHAYAAN: GENERAL-TASK-SUPPLEMENTARY ALAMI PENGHAWAAN - LINEAR SLOT DIFFUSER MAINTENANCE AC CASSETE MERATA ALAMI Your date here Your footer here

9 KONSEP+ SKETCH APLIKASI MEBEL KONSTRUKSI HARDWARE BAHAN
THE PICTURE AND STORY KONSTRUKSI HARDWARE BAHAN BUILT IN PERMANENT MENANBAH DINDING TERIKAT KE PLAFON TIDAK BISA DIPINDAH FIZZER GANTUNG BUILT IN BEARINGS  PUTAR LOGAM LACI-PINTU MULTIPLEKS MEBEL MULTIPLEKS PLAT ALUMINIUM SUEDE (UPHOLSTERY) LOGAM- BESI HOLLOW GANTUNG AREA KAFE Your date here Your footer here

10 LAYOUT Your date here Your footer here

11 POTONGAN POTONGAN Your date here Your footer here

12 MAIN ENTRANCE Your date here Your footer here

13 PERSPEKTIF Your date here Your footer here

14 PERSPEKTIF Your date here Your footer here

15 PERSPEKTIF Your date here Your footer here

16 MAKET Your date here Your footer here

17 RUMAH KOMIK INDONESIA–
KESIMPULAN INFORMATIF DISPLAY-DINDING-PENGGUNAAN TEKNOLOGI(INTERACTIVE SCREEN)-DISPLAY 3D  MENARIK MINAT PENGUNJUNG EDUKATIF KEBUTUHAN RUANG PERPUSTAKAAN, WORKSHOP, PROSES BELAJAR MEWADAHI-MEMASARKAN-BERKEMBANG DALAM KARYA WORKSHOP- RUANG PAMER TAK TETAP- SOUVENIR  MENGEMBANGKAN KOMIK DAN KOMIKUS INDONESIA UNTUK TERUS BERKARYA RUMAH KOMIK INDONESIA– KOMIK INDONESIA, TUAN DI NEGERI SENDIRI Your date here Your footer here


Download ppt "Perancangan Interior Rumah Komik Indonesia di Surabaya"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google