Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INFRARED. Apa itu inframerah? Infrared adalah teknologi dengan dasar transmisi cahaya. Gelombang ini dapat digunakan untuk proses transmisi data untuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INFRARED. Apa itu inframerah? Infrared adalah teknologi dengan dasar transmisi cahaya. Gelombang ini dapat digunakan untuk proses transmisi data untuk."— Transcript presentasi:

1 INFRARED

2 Apa itu inframerah? Infrared adalah teknologi dengan dasar transmisi cahaya. Gelombang ini dapat digunakan untuk proses transmisi data untuk jarak dekat.

3 Cara kerja Komunikasi Infra Merah dilakukan dengan menggunakan dioda infra merah sebagai pemancar dan modul penerima infra merah sebagai penerimanya menggunakan transmisi sinyal infra merah yang dimodulasi dengan sinyal carrier dengan frekuensi tertentu yaitu pada frekuensi 30KHz sampai 40KHz. Sinyal yang dipancarkan oleh transmitter diterima oleh receiver infra merah dan kemudian didecodekan sebagai sebuah paket data biner

4 Cont… Untuk transmisi data biasanya sinyal ditransmisikan dalam bentuk pulse-pulse. Ketika sebuah data dikirim maka IR akan mentransmitkan sebuah sinyal yang akan dideteksi sebagai urutan data biner dengan menggunakan sinyal carrier untuk membawa sinyal data tersebut hingga sampai pada receiver.

5 Pulse itu apa? menyatakan adanya sinyal carrier

6 Karakteristik tidak dapat dilihat oleh manusia tidak dapat menembus bahan yang tidak tembus pandang Panjang gelombang pada inframerah memiliki hubungan yang berlawanan atau berbanding terbalik dengan suhu. Ketika suhu mengalami kenaikan, maka panjang gelombang mengalami penurunan.

7 kelebihan Pengiriman data dengan infra merah dapat dilakukan kapan saja, karena pengiriman dengan inframerah tidak membutuhkan sinyal. Pengiriman data dengan infra merah dapat dikatakan mudah karena termasuk alat yang sederhana. Pengiriman data dari ponsel tidak memakan biaya (gratis)

8 kekurangan Pada pengiriman data dengan inframerah, kedua lubang infra merah harus berhadapan satu sama lain. Hal ini agak menyulitkan kita dalam mentransfer data karena caranya yang merepotkan. Pengiriman data dengan inframerah dapat dikatakan lebih lambat dibandingkan dengan Blutooth

9 Pembagian jarak inframerah Inframerah jarak dekat dengan panjang gelombang 0.75 – 1.5 µm Inframerah jarak menengah dengan panjang gelombang 1.50 – 10 µm Inframerah jarak jauh dengan panjang gelombang 10 – 100 µm

10 Implemetasi Infrared RobotikRobotik(kucingfisika.com)

11 any question?


Download ppt "INFRARED. Apa itu inframerah? Infrared adalah teknologi dengan dasar transmisi cahaya. Gelombang ini dapat digunakan untuk proses transmisi data untuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google