Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUJUAN MATERI ILLUSTRASI LATIHAN SELESAI POKOK BAHASAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUJUAN MATERI ILLUSTRASI LATIHAN SELESAI POKOK BAHASAN."— Transcript presentasi:

1 TUJUAN MATERI ILLUSTRASI LATIHAN SELESAI POKOK BAHASAN

2 TUJUAN MATERI ILLUSTRASI LATIHAN SELESAI POKOK BAHASAN Oleh : Dr. Kusnandi, M.Si.

3 TUJUAN MATERI ILLUSTRASI LATIHAN SELESAI POKOK BAHASAN Mahasiswa dapat memahami konsep kelipatan persekutuan terkecil dan menerapkannya dalam permasalahan matematika yang relevan

4 TUJUAN MATERI ILLUSTRASI LATIHAN SELESAI POKOK BAHASAN Apa yang dimaksud dengan bilangan bulat c merupakan kelipatan dari bilangan bulat a ? Berapa banyaknya kelipatan persekutuan dari bilangan bulat a dan b ? Apa yang dimaksud dengan bilangan bulat c merupakan kelipatan persekutuan dari bilangan bulat a dan b ? Bagaimanakah caranya agar memperoleh kelipatan persekutuan yang terkecil dari a dan b ? Misalkan m = kpk(a, b), rumuskan secara matematika hubungan antara bilangan bulat m dengan a dan b Berapa banyaknya kelipatan dari bilangan bulat a ?

5 TUJUAN MATERI ILUSTRASI LATIHAN SELESAI POKOK BAHASAN Masalah 1 : Buktikan bahwa faktor persekutuan terbesar dari dua bilangan bulat positif membagi kelipatan persekutuan terkecilnya. Hubungan antara fpb(a, b) dengan kpk(a, b) Hubungannya adalah fpb(a, b) kpk(a, b) = ab ab fpb( a, b )kpk( a, b )

6 TUJUAN MATERI ILLUSTRASI LATIHAN SELESAI POKOK BAHASAN Ilustrasi 1 : Tentukan kelipatan persekutuan terkecil dari dan 3054 Pembahasan = = 3. 6 Dari sini diperoleh: fpb(12378, 3054) = = = = = Jadi, kpk(12378, 3054) = ( )/6 =

7 TUJUAN MATERI ILLUSTRASI LATIHAN SELESAI POKOK BAHASAN 1. Carilah kpk(143, 227), kpk(306, 657) dan kpk(272, 1479). 2.Untuk bilangan bulat yang tidak nol a dan b, perlihatkan bahwa ketiga pernyataan di bawah ini adalah ekuivalen: (i) a | b (ii) fpb(a, b) = |a| (iii) kpk(a, b) = |b| 3. Diberikan bilangan bulat a dan b yang tidak nol, periksalah fakta- fakta yang berhubungan dengan kpk(a, b) berikut ini. (a) fpb(a, b) = kpk(a, b) jika dan hanya jika a = b (b) Jika k > 0 maka kpk(ka, kb) = k kpk(a, b) Jika m sembarang kelipatan persekutuan dari a dan b maka kpk(a, b) |m. [Petunjuk: Misalkan t = kpk(a, b) dan tuliskan m = qt + r dengan 0 < r < t. Kemudian tunjukkan bahwa r adalah kelipatan persekutuan dari a dan b].

8 TUJUAN MATERI ILLUSTRASI LATIHAN SELESAI POKOK BAHASAN Terima kasih


Download ppt "TUJUAN MATERI ILLUSTRASI LATIHAN SELESAI POKOK BAHASAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google