Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROGRAM STUDI AKK – FKM UNIVERSITAS AIRLANGGA WIDODO J PUDJIRAHARDJO TITO YUSTIAWAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROGRAM STUDI AKK – FKM UNIVERSITAS AIRLANGGA WIDODO J PUDJIRAHARDJO TITO YUSTIAWAN."— Transcript presentasi:

1 PROGRAM STUDI AKK – FKM UNIVERSITAS AIRLANGGA WIDODO J PUDJIRAHARDJO TITO YUSTIAWAN

2 THE RISK MANAGEMENT PROCESS Building Commitment Risk Identification Risk Analysis Risk Intervention Communication Standardization

3 Identifikasi Risiko  Tujuan : untuk melihat kejadian (events) yang ada dan yang mungkin terjadi di sebuah organisasi (rumah sakit), yang dapat menimbulkan kerugian dimasa yang akan datang.  Hal yang perlu diperhatikan : ketersediaan data yang akurat, keterbukaan, kejujuran dan proporsional.  Diperlukan sistem yang dapat menyediakan data dan budaya yang mengarah pada keterbukaan dan kejujuran.  Teknik : brainstorming, survey, wawancara, informasi historis, ataupun kelompok kerja.

4 Analisis Risiko  Metode : “Matriks Grading Risiko”.  Penilaian dengan matriks grading risiko adalah suatu metode analisis kualitatif untuk menentukan derajat risiko suatu kejadian (event) berdasarkan 2 hal yaitu : dampak dan probabilitas (frekuensi)  Dampak : merupakan gambaran tentang kerugian (losses) atau akibat yang ditimbulkan pada pasien akibat adanya suatu kejadian (events), mulai dari tidak ada cedera sampai meninggal. Dampak juga menggambarkan konsekuensi negatif dari sebuah kejadian (events)  Probabilitas : menggambarkan tingkat kemungkinan kejadian atau tingkat keseringan kejadian.

5 Tingkat risiko KategoriDeskripsi 1Tidak signifikanTidak ada cidera dan kerugian 2Minor Cidera ringan dan dapat diatasi dengan pertolongan pertama 3Moderat Cidera sedang, berkurangnya fungsi motorik / sensorik / psikologi atau intelektual yang bersifat reversibel dan dapat memperpanjang perawatan 4Mayor Cidera luas, kehilangan fungsi motorik / sensorik / psikologi atau intelektual yang bersifat irreversibel, tidak berhubungan dengan penyakit 5KatastropikKematian yang tidak berhubungan dengan perjalanan penyakit

6 Tingkat risiko Deskripsi 1Sangat jarang terjadi (> 5 tahun sekali) 2Jarang terjadi ( > 2-5 tahun sekali) 3Mungkin terjadi (1-2 tahun sekali) 4Sering terjadi (beberapa kali dalam 1 tahun) 5Sangat sering terjadi (tiap hari / tiap minggu / tiap bulan)

7 Proba bilitas Dampak Moderat TinggiEkstrim 4 Moderat TinggiEkstrim 3 RendahModeratTinggiEkstrim 2 Rendah ModeratTinggiEkstrim 1 Rendah ModeratTinggiEkstrim

8 P ENGELOLAAN DAN P ENGENDALIAN R ISIKO No.TingkatTindakan 1Ekstrim Dilakukan root cause analysis (RCA) paling lama 45 hari, membutuhkan tindakan segera dan perhatian sampai ke Direktur 2Tinggi Dilakukan root cause analysis (RCA) paling lama 45 hari, analisis dengan detail dan memerlukan tindakan segera serta membutuhkan perhatian top manajemen 3Moderate Dilakukan investigasi sederhana paling lama 2 minggu. Manajer / pimpinan klinis menilai dampak terhadap biaya dan kelola risiko 4RendahDilakukan investasi sederhana paling lama 1 minggu, yang diselesaikan dengan prosedur rutin.

9


Download ppt "PROGRAM STUDI AKK – FKM UNIVERSITAS AIRLANGGA WIDODO J PUDJIRAHARDJO TITO YUSTIAWAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google