Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Misalkan kuesioner adalah sasaran tembak seperti pada gambar berikut ini.  Anggap bahwa pusat sasaran tembak itu adalah target dari apa yang kita.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Misalkan kuesioner adalah sasaran tembak seperti pada gambar berikut ini.  Anggap bahwa pusat sasaran tembak itu adalah target dari apa yang kita."— Transcript presentasi:

1

2

3  Misalkan kuesioner adalah sasaran tembak seperti pada gambar berikut ini.  Anggap bahwa pusat sasaran tembak itu adalah target dari apa yang kita ukur.  Jawaban tiap responden yang ditanya menggunakan kuesioner adalah menembak pada sasarannya.  Jika pertanyaannya baik dan responden menjawab dengan baik pula maka kita sudah menembak tepat pada sasaran.

4  Jika tidak demikian maka tembakan kita meleset.  Makin banyak responden menjawab salah (karena pertanyaan tidak jelas atau bias) maka sasaran kita makin jauh.  Pertama : menembak sasaran secara konsisten tetapi jauh dari sasaran sebenarnya. Hal ini disebut konsisten dan sistematis mengukur pendapat responden dengan nilai yang salah untuk semua responden  reliable tetapi tidak valid (konsisten tetapi salah sasaran).

5  Kedua, menebak secara acak, merata di segala tempat.  Kadang-kadang tembakannya kena sasaran, tetapi secara rata-rata diperoleh jawaban yang benar secara kelompok (tetapi tidak terlalu baik untuk individu).  Dalam hal ini, kita memperoleh estimasi yang benar secara kelompok, tetapi tidak konsisten. Sekarang jelas bahwa reliabilitas berkaitan langsung dengan validitas dari apa yang diukur.

6  Ketiga, menunjukkan tembakan yang menyebar dan secara konsisten menyimpang dari sasaran  tidak reliable dan tidak valid  Terakhir, menunjukkan menembak sasaran secara konsisten  reliable dan valid.

7 12345Jumlah r

8

9  Dimiliki data hasil kuesioner dari 10 orang atas 5 item.  Untuk setiap orang dihitung jumlah skor untuk seluruh item.  Dihitung korelasi antara jumlah skor dan skor item untuk seluruh item.  Item dianggap valid jika korelasi antara skor item dengan jumlah skor relatif besar (tergantung pada banyaknya orang yang mengisi kuesioner n dan faktor kesalahan  (10 %, 5 % atau 1 %).

10  Untuk n=10 dan taraf signifikansi  = 5 % jika korelasi lebih besar dari 0,632.  Dari hasil tabel korelasi terlihat bahwa item 2 dan item 3 valid, sedangkan item-item yang lain tidak valid.  Untuk n dan taraf signifikansi  yang lain dapat dilihat pada tabel nilai-nilai batas r product moment (lihat tabel pada web).

11

12

13

14

15  Variansi butir ke-2 sampai ke-5 dapat dihitung dengan cara yang sama seperti menghitung variansi butir I sehingga total variansi butir :  b 2 = 0,61 + 0,45 + 0,45 + 0,84 + 0,16 = 2,51

16

17

18

19  Nilai-nilai untuk pengujian reliabilitas berasal dari skor-skor item angket yang valid. Item yang tidak valid tidak dilibatkan dalam pengujian reliabilitas.  Instrumen yang memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi jika nilai koefisien yang diperoleh lebih dari 0,60 (secara kasar).  Baik buruknya reliabilitas instrumen dapat dibandingkan dengan tabel yang tergantung pada n dan tingkat signifikansi  (untuk n=10 dan  = 5 % diperoleh batas 0,632).

20  Karena koefisien Cronbach diperoleh 0,58 sehingga tidak signifikan berarti reliabilitas intrumen buruk atau data hasil instrumen kuesioner/angket kurang dapat dipercaya.  Secara kasar juga dapat digunakan bahwa jika koefisien Cronbach lebih kecil dari 0,5 maka reliabilitasnya rendah/buruk sedangkan jika lebih dari atau sama dengan 0,5 maka reliabilitasnya tinggi/baik.


Download ppt " Misalkan kuesioner adalah sasaran tembak seperti pada gambar berikut ini.  Anggap bahwa pusat sasaran tembak itu adalah target dari apa yang kita."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google