Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teknik Pemrograman (TEKPRO) Oleh: Achmad Zakki Falani, S.Kom.,M.Kom. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teknik Pemrograman (TEKPRO) Oleh: Achmad Zakki Falani, S.Kom.,M.Kom. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama."— Transcript presentasi:

1 Teknik Pemrograman (TEKPRO) Oleh: Achmad Zakki Falani, S.Kom.,M.Kom. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama

2 Variabel  Salah satu komponen utama program adalah variabel. Variabel adalah objek di mana informasi dinamis disimpan. Ketika Anda menuliskan nama Anda saat hendak membuat account baru atau proses login ke website, nama yang Anda masukkan akan disimpan dalam variabel sebelum diproses lebih lanjut. Teknik Pemrograman

3 Tipe Data (bagian. 1)  Tipe data Karakter (character/char) Jenis tipe data ini hanya memungkinkan sebuah variabel menyimpan informasi sebuah single karakter, seperti huruf "P", "c", "7", atau  Tipe data String Tipe data string ini memungkinkan variabel menyimpan informasi untaian karakter, seperti kata atau kalimat. Dalam contohnya, nama yang Anda gunakan pada web form, informasi tersebut akan disimpan dalam variabel bertipe data string.  Tipe data Integer (int) Jenis tipe data integer digunakan jika ingin menyimpan informasi angka (bilangan bulat) dalam variabel, tetapi bukan bilangan pecahan. Hal ini berarti nilai "7" akan menjadi nilai integer yang valid. Teknik Pemrograman

4 Tipe Data (bagian. 2)  Tipe data Floating Point Number (float) Jika Anda bermaksud menyimpan informasi angka dengan format pecahan atau angka desimal, floating point adalah jenis tipe data yang sesuai. Angka "65,00" secara teknis merupakan nilai bertipe floating point meskipun nilai tersebut juga dapat direpresentasikan sebagai nilai "65". Jenis tipe data ini membutuhkan ukuran memory yang lebih besar dibandingkan jenis tipe data angka integer.  Tipe data Array Jenis tipe data aray sering disebut juga sebagai tipe data larik. Tipe data ini pada dasarnya merupakan kumpulan sejumlah variabel bertipe data sama dengan ukuran tertentu, yang tersusun secara runtun. Ada beragam variasi dari tipe data array, bergantung pada bahasa pemrograman yang digunakan. Sebagai contoh, nilai "1", "2", "3", "4", dan "5" dapat Anda simpan ke dalam variabel bertipe data array dengan ukuran aray "5" (5 buah nilai, mulai dari 1 sampai dengan 5) yang memiliki kumpulan nilai bertipe integer atau secara sederhana dapat dikatakan array of integer values. Teknik Pemrograman

5 Tipe Data (bagian. 3)  Tipe Data Boolean Jenis tipe data ini biasanya digunakan hanya untuk merepresentasikan dua kondisi, yakni nilai TRUE dan FALSE atau dapat berarti bernilai 1 dan 0 atau kondisi ON dan OFF. Jenis tipe data ini merupakan jenis yang paling sederhana, tetapi cukup sering digunakan dalam setiap pemrograman. Teknik Pemrograman

6 Macam Operator:  Operator Aritmatika  Operator Assignment  Operator Perbandingan  Operator Logika Teknik Pemrograman

7 Operator Aritmatika  Digunakan untuk melakukan Perhitungan Teknik Pemrograman

8 Operator Aritmatika SimbolFungsiContoh +Penjumlahanjumlah=2+4 -Pengurangankurang=4-2 *Perkalianperkalian=4*2 / atau divPembagianPembagian=6/3 MOD atau %Sisa Hasil PembagianSisa=6/3 Sisa=0 Teknik Pemrograman

9 Operator Assignment  Digunakan untuk mengisi variable yang terletak di sebelah kiri operator dengan nilai yang ada disebelah kanan operator Teknik Pemrograman

10 Operator Assignment SimbolFungsiContoh =Mengisikan nilai yang disebelah kanan operator ke variabel yang terletak di sebelah kiri operator. 12=10+2 +=Menambahkan nilai yang di sebelah kanan operator ke variabel yang disebelah kiri dan hasilnya akan disimpan di variabel tersebut juga. i=2 i+=4 i=6 -=Mengurangkan nilai yang di sebelah kanan operator ke variabel yang disebelah kiri dan hasilnya akan disimpan di variabel tersebut juga. i=4 i-=2 i=2 */Mengalikan nilai yang di sebelah kiri operator dengan variabel yang disebelah kanan dan hasilnya akan disimpan di variabel tersebut juga. i=2 i*=5 i=10 Teknik Pemrograman

11 Operator Assignment SimbolFungsiContoh /=Membagi nilai yang di sebelah kiri operator dengan variabel yang disebelah kanan dan hasilnya akan disimpan di variabel tersebut juga. i=6 i/=3 i=2 %=Membagi nilai yang di sebelah kiri operator dengan variabel yang disebelah kanan kemudian sisa pembagian disimpan di variabel tersebut juga. i=6 i%=3 i=0 Teknik Pemrograman

12 Operator Perbandingan  Digunakan untuk membandingkan dua kondisi atau lebih Teknik Pemrograman

13 Operator Perbandingan Bagian 1 SimbolFungsiContoh =Akan bernilai TRUE atau 1 bila dua kondisi yang dibandingkan memiliki nilai yang sama, selain itu bernilai FALSE atau 0. jumlah=6 <>Akan bernilai TRUE atau 1 hanya jika dua kondisi yang dibandingkan memiliki nilai yang tidak sama (selain ini bernilai FALSE atau 0). 2<>4 > Akan bernilai TRUE atau 1 hanya jika nilai yang disebelah kiri lebih besar dari yang disebelah kanan (selain ini akan bernilai FALSE atau 0). 4>2 Teknik Pemrograman

14 SimbolFungsiContoh =Akan bernilai TRUE atau 1 hanya jika nilai yang disebelah kiri lebih besar atau sama dengan dari yang disebelah kanan (selain ini akan bernilai FALSE atau 0). 4>=2, 4>=4 <= Akan bernilai TRUE atau 1 hanya jika nilai yang disebelah kiri lebih kecil atau sama dengan dari yang disebelah kanan (selain ini akan bernilai FALSE atau 0). 2<4, 2<=2 Teknik Pemrograman Operator Perbandingan Bagian 1

15 Operator Logika  Digunakan untuk menggabungkan 2 (dua) kondisi atau lebih Teknik Pemrograman

16 Operator Logika SimbolFungsi ANDsimbol dari operator AND. Hasilnya akan bernilai 1 atau TRUE jika kedua kondisi memiliki nilai 1., selain ini hasil akan bernilai 0 atau FALSE. ORsimbol dari operator OR. Hasilnya akan bernilai 0 jika kedua kondisi memiliki nilai 0, selain ini hasil akan bernilai 1 atau TRUE. XOR operator xor akan menghasilkan nilai 1 atau TRUE jika kedua kondisi sama dan 0 atau FALSE bila keduanya tidak sama. Teknik Pemrograman

17 Konstruksi Fundamental  Sequence  Selection  Iteration Teknik Pemrograman

18 Konstruksi Fundamental Teknik Pemrograman

19 Konstruksi Fundamental (Sequence) Teknik Pemrograman

20 Suquence Algoritma merupakan urutan (sequence) satu atau lebih instruksi yang berarti:  Tiap instruksi dikerjakan satu per satu  Tiap instruksi dilaksanakan tepat sekali, tidak ada instruksi yang diulang  Urutan instruksi yang dilaksanakan pemroses sama dengan urutan instruksi sebagaimana yang tertulis di dalam teks algoritmanya  Akhir dari instruksi terakhir merupakan akhir algoritma Teknik Pemrograman

21 Konstruksi Fundamental (Sequence) SymbolKeterangan 1. Start & Finish Begin & End Mulai & Selesai 2. Inisialisasi 3. Input & Output Teknik Pemrograman

22 Konstruksi Fundamental (Sequence) SymbolKeterangan 4. Proses 5. Penghubung 6. Sambungan / Lanjutan Teknik Pemrograman

23 Studi Kasus Contoh kasus 1 : Dibaca dua buah nilai integer dari piranti masukan, yaitu A dan B. Hitung jumlah keduanya dan hasil kali keduanya, kemudian cetak jumlah dan cetak hasil kali itu ke piranti keluaran. Teknik Pemrograman

24 Studi Kasus Algoritma (1): 1. Baca nilai A & B 2. Buat Variabel (C) untuk menampung perhitungan A+B 3. Buat Variabel (D) untuk menampung perhitungan A*B 4. Cetak Hasil perhitungan C 5. Cetak Hasil perhitungan D Teknik Pemrograman

25 Studi Kasus Flowchart (1): Teknik Pemrograman

26 Studi Kasus Contoh kasus 2 : (tukar bejana) Diketahui dua buah nilai integer, masing-masing disimpan di dalam dua buah peubah, A dan B. Bagaimana cara mempertukarkan nilai A dan B? Misalnya:, sebelum pertukaran nilai A=3 nilai B=5, maka setelah pertukaran, nilai A=5 dan nilai B=3. Teknik Pemrograman

27 Studi Kasus Algoritma (2): 1. Baca nilai A & B 2. Cetak nilai A & B sebelum pertukaran 3. Buat variabel (C) untuk menampung nilai A 4. Isi nilai A dengan nilai B 5. Isi nilai B dengan nilai C 6. Cetak nilai A & B setelah pertukaran Teknik Pemrograman

28 Studi Kasus Flowchart (2): Teknik Pemrograman

29 Latihan Soal Sequence: (Algoritma & Flowchart) Teknik Pemrograman

30  Soal (2) Masukkan sebuah bilangan dan kemudian cetaklah nilai RATUSAN, PULUHAN, dan SATUAN dari bilangan tersebut.  Soal (3) Masukkan sebuah bilangan (n) yang menunjukkan jumlah jam, kemudian konversi bilangan tersebut kedalam menit & detik. Teknik Pemrograman Latihan Soal Sequence: (Algoritma & Flowchart)

31 Tugas1 (Sequence)  Buatlah 3 Soal lagi tentang Sequence (tidak termasuk dalam modul).  Jawab soal tersebut dengan menulis: Flowchart & Programnya.  Jika Copy-Paste, maka tugas akan dikembalikan keduanya (baik yg.Copy, maupun yg Paste)  Waktu 1 minggu dari sekarang  Tuliskan pada Blog Mahasiswa Anda, dan linkkan di bagian Comments Blog Dosen: zakki.dosen.narotama.ac.id Teknik Pemrograman


Download ppt "Teknik Pemrograman (TEKPRO) Oleh: Achmad Zakki Falani, S.Kom.,M.Kom. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google