Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEKNOLOGI MULTIMEDIA. SEJARAH MULTIMEDIA Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEKNOLOGI MULTIMEDIA. SEJARAH MULTIMEDIA Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium."— Transcript presentasi:

1 TEKNOLOGI MULTIMEDIA

2 SEJARAH MULTIMEDIA Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia.

3 Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual connection(AVC). Pada tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia dipasaran.

4 Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik, teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan penyimpanan dan pengolahan gambar digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta reproduksi suara maupun video dalam bentuk digital, Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur - unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan didalam komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan user. Bila dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality).

5 Teknologi multimedia dipandang sebagai revolusi ketiga dalam teknologi informasi, setelah automasi (komputasi) dan internet (networking). Pada dasarnya teknologi informasi menciptakan, memproses, menyimpan, mengirim, dan menyajikan data digital. Kemampuan ini menghasilkan banyak aplikasi yang sangat bermanfaat. Yaitu : 1. Automasi memudahkan manusia melakukan pekerjaan rutin dan berat secara fisik. 2. Internet memperkaya sumber informasi sehingga interaksi dan kualitas keputusan menjadi lebih cerdas. 3. Multimedia mengintegrasikan unsur keindahan, seni, dan ekspresi diri ke dalam teknologi informasi. Kemampuan ini memungkinkan dihasilkan berbagai fungsi dan layanan yang meningkatkan kualitas hidup manusia.

6 DEFINISI MULTIMEDIA Multi: banyak Media: Sarana berkomunikasi untuk melewatkan informasi. Suatu sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan alat – alat lain seperti televisi, monitor video dan sistem piringan optik atau sistem stereo yang dimaksudkan untuk menghasilkan penyajian audio visual yang utuh.

7 Beberapa pakar mengartikan multimedia sebagai berikut : Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 element yaitu suara,gambar dan teks (Mc Cormick,1996) Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data,media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban dkk, 2002) Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif yang mengkombinasikan teks grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001) Multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)

8 “ Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi “

9 Kelebihan Multimedia Dari berbagai media informasi, multimedia memiliki suatu kelebihan tersendiri yang tidak dapat digantikan oleh penyajian media informasi lainya. Kelebihan dari multimedia adalah menarik indra dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan,suara dan gerakan. Lembaga riset dan penerbitan komputer yaitu Computer Technology Research (CTR) menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20 % dari yang dilihat dan 30 % dari yang didengar. Tetapi orang mengingat 50 % dari yang dilihat dan didengar dan 80 % dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus.

10 Komponen Multimedia Menurut James A. Senn, multimedia terbagi dalam beberapa element-element multimedia, seperti yang rerlihat dalam gambar dibawah ini : TEKS AUDIOIMAGE VIDEOANIMASI MULTI MEDIA

11 Teks Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks bergantung kepada penggunaan aplikasi multimedia. Image (grafik) Alasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas menyajikan data yang kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna. Gambar juga dapat berfungsi sebagai ikon, yang bila dipadukan dengan teks, merupakan opsi yang bisa dipilih.

12 Audio (Bunyi) PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam multimedia melalui suara, musik dan efek-efek suara. Seperti halnya grafis, dapat membeli ataupun menciptakan sendiri. Video Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.

13 Animasi Dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layer. Virtual Reality (Interaktif) Virtual reality merupakan penggunaan multimedia untuk penerapan secara langsung.

14 PENTINGNYA MULTIMEDIA BAGI PRAKTIK PR Media merupakan bentuk jamak dari ‘medium’. Dalam ilmu komunikasi media diartikan sebagai: (a) Saluran; (b) Sarana Penghubung; (c) Alat-alat Komunikasi. Multimedia Public Relations: adalah berbagai macam media yg dipergunakan PR (mewakili organisasi) dengan publiknya, yaitu publik internal dan eksternal untuk mencapai tujuan.

15 Special Events Special Events Written Materials Written Materials Corporate Identity Materials Corporate Identity Materials Speeches/ Speeches Speeches/ Speeches News Audiovisual Materials Audiovisual Materials Public Service Activities Public Service Activities Web Site Public Relations Tools

16

17 PRESENTASI INTERAKTIF VIDEODOKUMEN GRAFIS

18 Media Relations CD Media Kit Test/Sample (New Product Launching) Press Release/News Release Press Tour Press Conference Company Profile Special Event

19 Internal Communications of PR Publications; a company policy document, an employee’s handbook (CD, Online). Online communications; intranet & s. House Journal / Internal e-Magazines Special events: training, workshop. Multimedia Annual Report

20 Corporate Public Relations Tactics: Website, Web Blog, Mailing-list, s. Design & Corporate ID. Annual Report Sponsorships PR-advertising; to repair the reputation of an organization

21 Customer Relations / Marketing PR Tactics:  Poster  Brosur  Katalog  Editorial promotions: Competitions, Advertorials.  Launch event, Award, Roadshows, Exhibitions.  Sample.

22 Investor & Financial Relations Tactics: Annual Report. Roadshows of Initial Public Offering (IPO) event. Website & Web blog. Corporate Brochure.

23 FINISH


Download ppt "TEKNOLOGI MULTIMEDIA. SEJARAH MULTIMEDIA Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google