Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP DASAR KOMUNIKASI MASSA Materi 01 KOMUNIKASI MASSA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP DASAR KOMUNIKASI MASSA Materi 01 KOMUNIKASI MASSA."— Transcript presentasi:

1 KONSEP DASAR KOMUNIKASI MASSA Materi 01 KOMUNIKASI MASSA

2 DEFINISI KOMUNIKASI MASSA The institutionalized production and generalized diffusion of symbolic goods via the transmission and storage of information/communication (Thompson, 1994). …a process in which professional communicators use media to disseminate messages widely, rapidly, and continually to arouse intended meanings in large and diverse audiences in attempt of influence them in a variety of ways. (DeFleur & Dennis, 1988)

3 DEFINISI LAIN …refers to the process by which a complex organization with the aid of one or more machines produces and transmits public messages that are directed at large, heterogeneous, and scattered audiences (Dominick, 2002). … comprise the institutions and techniques by which specialized groups employ technological devices (press, radio, film etc) to disseminate symbolic content to large, heterogeneous and widely dispersed audiences. (Janowitz seperti dikutip McQuail, 2000)

4 Karakteristik Komunikasi Massa (Thompson) Produksi terlembaga dan difusi secara umum benda-benda simbolik, di dalamnya ada: fiksasi, reproducible, komodifikasi. Pemisahan antara produksi dan penerimaan benda-benda simbolik: termediasi melalui media teknis, tak dapat dikontrol khalayak (indeterminacy) Perluasan ketersediaan benda-benda simbolik dalam ruang dan waktu Peredaran umum benda-benda simbolik

5 Fiksasi Penyesuaian benda-benda simbolik dengan dengan benda fisik yang akan membawa dan menyimpannya (ex: kertas, seleloid, pita kaset dll) Proses penyesuaian benda simbolik dengan format standar yang sudah diakui sebagai sebuah genre (jenis format). Ex: dalam berita ada berita langsung (straight news, soft news, feature), dalam acara TV ada format quiz, variety show, film drama, sport dll.

6 Lima Tahap Proses Komunikasi Massa (DeFleur & Dennis) Pesan diformulasi oleh komunikator profesional Pesan dikirim dengan cara yang relatif cepat dan berkesinambungan melalui pemanfaatan media (cetak, film, penyiaran) Pesan menjangkau khalayak yang relatif besar dan beragam, yang mengikuti media secara selektif Anggota khalayak menafsirkan pesan dalam cara yang memungkinkan mereka memberi makna yang kurang lebih paralel dengan yang dimaksud komunikator Anggota khalayak terpengaruh oleh pesan-pesan.

7 Komunikator profesional Memiliki keterampilan teknis yang didasarkan pengetahuan konseptual, biasanya dikuasai melalui proses pendidikan; Memiliki kesadaran eksistensial akan hakekat keberadaannya di tengah-tengah masyarakat; Mendasarkan tingkah lakunya pada aturan- aturan pengendalian diri yang dibuat melalui organisasi profesi (kode etik) atau organisasi perusahaan (code of conduct).

8 Karakteristik Mass Com (Dominick) Sumber: organisasi atau orang yang punya pengetahuan terbatas terhadap penerima; Banyak tahap dalam encoding dan decoding Pesan publik; bisa mahal, mudah terputus, pesan yang sama untuk setiap orang (perlu standarisasi format); Khalayak yang besar, tak ada kehadiran secara fisik, memilih secara sukarela; Feedback terbatas dan tertunda Gangguan semantik, lingkungan dan mekanis.

9 Karakter lain Kom massa (konsep lama) Komunikasi massa diproduksi oleh organisasi kompleks dan formal Organisasi komunikasi massa mempunyai gatekeeper banyak Organisasi komunikasi massa membutuhkan biaya yang besar untuk beroperasi Organisasi komunikasi massa hadir untuk mencari keuntungan Organisasi komunikasi massa sangat kompetitif

10 Organisasi Formal Perlu pengendalian uang, personalia, koordinasi kegiatan, dan penerapan kewenangan; Diperlukan struktur organisasi yang terdefinisikan dengan baik yang dicirikan dengan adanya spesialisasi, pembagian kerja dan tanggung jawab; Komunikasi massa adalah produk sebuah birokrasi; Pengambilan keputusan berlangsung dalam beberapa tingkat; Produk yang lahir adalah hasil keputusan bersama atau kelompok Aspek kekuasaan sangat penting dalam operasi organisasi.

11 Gatekeeper Terdapat banyak orang yang berperan sebagai gatekeeper; Gatekeeper adalah orang yang mempunyai kendali atas pesan-pesan yang akan sampai ke publik; Gatekeeper bisa vertikal, bisa horizontal Gatekeeper bisa jelas sosoknya, bisa juga sosok tersembunyi; Semakin kompleks organisasi semakin banyak gatekeeper.

12 Komunikasi Massa Komunikasi melalui media massa dengan pesan ditujukan kepada khalayak yang besar; (Mass mediated communication). Media massa tidak hanya berkaitan dengan mesin teknis untuk menyampaikan pesan, tetapi juga lembaga-lembaga yang menggunakan alat teknis untuk menyampaikan pesan; Media massa TV, radio, suratkabar berarti pula orang, kebijakan, organisasi, dan teknologi. Alat teknis, radio, suratkabar, tv yang dikelola oleh bagian humas sebagai media kehumasan organisasi, tidak menjadi bagian kajian dari komunikasi massa.

13 Tugas 1 Ceritakan dalam dua halaman (400 kata) pengalaman Anda dengan media massa: Media apa yang Anda baca secara rutin, berapa lama waktu yang anda habiskan untuk menonton tv, mendengar radio dan mengapa Anda lakukan semua itu? Apa kendala yang Anda hadapi untuk melakukan semua itu? Teknis: diketik dalam kertas kuarto, ukuran 21x28 cm,(bukan folio), identitas di kanan atau kiri atas.


Download ppt "KONSEP DASAR KOMUNIKASI MASSA Materi 01 KOMUNIKASI MASSA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google